Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Lebih Mudah, Ini Aplikasi Influencer untuk Kerjasama dengan Brand

31 March 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Seiring perkembangan zaman, sekarang ini banyak yang brand menggunakan jasa influencer untuk membantu promosikan produk atau jasanya.

Maka, jika kamu memiliki konten yang berkualitas di media sosial, ditambah punya followers aktif dan juga engagement rate tinggi, bisa banget untuk mulai menjadi seorang influencer.

Nah, sekarang masalahnya adalah bagaimana supaya bisa mendapatkan kerjasama dengan sebuah brand?

Banyak influencer yang tersebar di media sosial, dan tentunya kesempatan kamu untuk terpilih oleh mereka akan semakin kecil jika tidak dapat bersaing. 

Terlebih kalau kamu masih tergolong nano bahkan micro influencer, biasanya membutuhkan effort lebih untuk bisa menonjol di mata brand. 

Tak perlu khawatir, kini dengan Influence ID kamu bisa melakukan kerjasama dengan brand lebih mudah. 

Influence ID adalah aplikasi influencer yang akan menghubungkan kamu dengan banyak brand dan bisnis, jadi semakin besar kesempatan kamu untuk mendapatkan penghasilan sebagai seorang influencer.

Yuk, kita lihat informasi selengkapnya!


Aplikasi Influencer yang Memudahkan Kolaborasi dengan Brand

Influence ID adalah aplikasi influencer yang bisa kamu unduk secara gratis di App Store atau Play Store.

Sebagai seorang influencer, kamu bisa lebih mudah melakukan kerjasama dengan lebih dari 500 brand bisnis di seluruh Indonesia.

Sampai dengan saat ini, Influence ID sudah terhubung dengan lebih dari 500 brand dari bisnis di seluruh Indonesia. 

Brand-brand besar tersebut diantaranya adalah Traveloka, Smartfren, Astralife hingga Cimory.

Kesempatan kamu untuk mendapatkan penghasilan sebagai seorang influencer di media sosial khususnya Instagram akan jauh lebih mudah melalui aplikasi influencer ini. 

Kamu tidak perlu secara manual mengajukan kerjasama atau pitching ke bisnis, karena nantinya melalui aplikasi influencer kamu bisa memilih ingin berpartisipasi dengan beragam proyek dari brand yang tersedia.

Sebagai tips, pastikan brand yang kamu pilih sesuai dengan konten-konten yang memang kamu sajikan di media sosialmu. 

Nah, setelah partisipasi kamu disetujui oleh pihak bisnis, kamu dapat langsung membuat kontennya. 

Fitur-fitur Influence ID yang Memudahkan Influencer

  • Bisa berkolaborasi lebih mudah dengan brand lokal hingga multinasional. 
  • Mendapatkan penghasilan dari penentuan harga otomatis yang adil.
  • Tak perlu lagi memberikan insight dari konten kepada pihak brand semua sudah ditampilkan melalui sistem.
  • Komunikasi dengan pihak brand akan lebih mudah melalui fitur chat.
  • Penghasilan yang dihasilkan mudah ditarik dan cepat via Transfer bank, OVO atau GoPay.

Tipe-tipe Konten yang Bisa Dibuat Influencer

  • Attendance

Influencer diwajibkan untuk hadir ke suatu lokasi untuk membuat kontennya. 

  • Produk

Influencer harus membuat konten dengan produk sesuai permintaan brand.

  • Repost

Influencer hanya perlu untuk membagikan konten dari brand terkait tanpa membuat konten baru.

  • Simple

Influencer akan diarahkan untuk membuat konten sesuai arahan pihak brand tanpa ada produk di dalamnya.


Syarat Menjadi Bagian dari Komunitas #TeamInfluenceID

1. Memiliki Jumlah Followers Minimal 1000 

Syarat pertama untuk bergabung dengan aplikasi influencer ini adalah mempunyai jumlah followers sebanyak 1000 orang. 

Jika jumlah followers belum mencapai jumlah minimal, tentu sistem tidak akan menerima permintaan.

Tapi walaupun begitu, jangan coba-coba untuk membeli followers, ya. 

Para pengiklan dapar melihat profil followers kamu sebelum menerima pengajuan kerjasama.

Jadi, jika mereka menemukan hal-hal mencurigakan dari data followers kamu, maka kemungkinan besar partisipasi tidak akan disetujui. 

2. Memiliki Minimal 15 Postingan di Akun Instagram

Syarat selanjutnya untuk bergabung di aplikasi influencer Influence ID adalah kamu harus memilih jumlah postingan minimal 15 buah.

Malah, semakin banyak kamu memiliki postingan akan semakin baik karena pihak brand akan melihat kamu lebih berpengalaman.

Tapi, tentu saja postingan yang ada tidak bisa asal, karena pihak brand juga bisa melihat kualitas dan kreativitas konten-konten milikmu.

Selain itu, pastikan juga kamu memiliki konten organik dan endorsement yang seimbang, ya.

3. Akun Terdaftar Sebagai Instagram Bisnis

Syarat selanjutnya yang harus kamu penuhi adalah memiliki profil yang terdaftar sebagai akun Instagram Bisnis dan tidak di-private.

Jika profil kamu adalah akun personal dan kreator maka secara otomatis akan gagal melakukan otorisasi saat mendaftar. 

Bagaimana cara beralih ke akun bisnis?

Caranya mudah, kok.

1. Pada akun Instagram kamu, buka pengaturan.

2. Pilih menu Akun.

2. Pilih Ubah Jenis Akun

3. Klik Beralih ke Akun Bisnis

Sebagai catatan, nantinya setelah beralih ke Akun Bisnis, kamu akan diminta untuk memilih Halaman Facebook atau membuat halaman baru untuk dihubungkan ke Akun Bisnis.


Cara Menggunakan Aplikasi Influencer Influence ID

Setelah mengetahui informasi di atas, yuk langsung daftarkan diri kamu sebagai bagian dari Influence ID!

Berikut caranya!

1. Download aplikasi influencer Influence ID di Google Play atau App Store.

2. Lengkapi informasi yang diminta dan hubungkan akun Instagram kamu untuk memudahkan pihak brand yang akan bekerja sama dengan kamu.

3. Kamu bisa melihat beragam brief atau proyek yang tersedia. Jika sudah memilih, kamu dapat mengajukan partisipasi pada proyek dari brand yang kamu minati.

4. Nantinya, setelah pengajuan partisipasi disetujui, kamu bisa mulai membuat kontennya. Jangan lupa untuk cantumkan juga link konten buatanmu. 

5. Selesai, deh! Laporan konten yang kamu buat akan diperbaharui secara otomatis setiap harinya hingga proyek selesai. Biasanya memakan waktu 5-4 hari.

6. Setelah laporan sudah selesai, maka penghasilan akan ditambahkan ke dalam saldo kamu.

7. Kamu bisa menarik saldo yang ada minimal 50 ribu via transfer bank, OVO atau GoPay. Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu 2 x 24 jam. 

Caranya sangat praktis, kan!


Penghasilan yang Bisa Kamu Dapatkan

Sebagai seorang influencer yang bekerjasama dengan brand, tentu setelah membuat konten kamu akan mendapatkan bayaran.

Nah, pertanyaannya, berapakah penghasilan yang bisa kamu dapatkan melalui Influence ID?

Proses penentuan harga di aplikasi Influencer ini dilakukan secara otomatis sehingga akan lebih fair atau adil. 

Tentu saja, penghasilan setiap influencer akan berbeda-beda berdasarkan tipe konten yang dilakukan dan jumlah penayangan atau impression dari konten. 

Tapi biarpun begitu, Influence ID memiliki estimasi penghasilan yang bisa kamu dapatkan yaitu:

– Instagram Image Post:  Rp105.000 

– Instagram Video Post: Rp210.000 

– Instagram Story Post: Rp105.000

Kamu juga bisa menghitung estimasi penghasilan berdasarkan jumlah rata-rata orang yang melihat kontenmu (impression) melalui kalkulator di situs ini.

Saat itu Influence ID memang baru dapat memfasilitasi influencer di platform Instagram.

Tapi, karena banyaknya permintaan pengguna, Influence ID sedang mempersiapkan aplikasi influencer yang juga melayani platform lain seperti TikTok, Twitter, dan YouTube. 

Tunggu kabar terbarunya dengan follow Instagram @influenceid.app.


3 Tips Agar Partisipasi Proyek Diterima Pihak Brand

Tingkatkan Kualitas Followers

Seperti yang sudah dijelaska sebelumnya, pihak brand dapat melihat profil followers kamu.

Maka jika  kamu banyak fake followers, mereka akan mengetahui dan kemungkinan besar partisipasi kamu tak disetujui.

Kamu tak perlu memiliki banyak followers, minimal 1000 saja sudah cukup.

Penghasilan kamu tidak ditentukan dari jumlah followers, melainkan berapa jumlah penayangan atau impression dari kontenmu.

Tingkatkan Kualitas Konten

Pihak brand juga akan mendapat akses untuk melihat konten-konten kamu sebelumnya. 

Maka pastikan kamu punya konten dengan kualitas dan kreativitas yang baik.

Mereka biasanya akan sangat menghindari influencer yang memiliki terlalu banyak konten promosi atau endorsement.

Jadi, pastikan kamu memiliki jumlah konten organik dan endorsement yang seimbang.

Tingkatkan Kualitas Tingkatan Engagement

Pastikan kamu memiliki angkat engagement rate yang baik karena pihak brand akan bisa melihat hal ini sebelum memutuskan untuk bekerja sama denganmu.

Beberapa dari mereka memiliki minimum engagement rate tertentu, yaitu biasanya 5% untuk Micro atau Nano Influencer. 

Nah, bagaimana cara menaikan engagement rate?

Kamu bisa melakukan interaksi yang sering dengan followers seperti membalas komentar mereka di postinganmu.


Itulah penjelasan lengkap tentang aplikasi influencer, Influence ID.
Jika kamu tertarik untuk bergabung, langsung download aplikasinya dan daftarkan diri kamu!