Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Ketahui 4 Peran KOL dalam Digital Marketing di Sini!

28 March 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Tak bisa dipungkiri peran KOL dalam digital marketing menempati posisi yang sangat krusial karena kehadirannya dapat membantu para pemilik brand untuk mengembangkan bisnisnya dengan maksimal. 

Ingin tahu apa itu KOL dan bagaimana perannya dalam dunia digital marketing? Yuk, kita bahas bersama!

Apa itu KOL?

KOL atau Key Opinion Leader merupakan sebutan bagi seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu. Nah, ketika seseorang disebut sebagai KOL, maka pendapat dan argumentasinya akan lebih banyak didengar karena mereka menggeluti bidangnya secara mendalam.

Misalnya saja, ada seorang KOL yang berprofesi sebagai dokter spesialis kejiwaan dan Ia sering memberikan informasi mengenai kesehatan mental, maka dapat dipastikan kepercayaan masyarakat akan meningkat ketika KOL tersebut merekomendasikan suatu hal yang dapat menunjang kesehatan mental.

Gimana, sudah kebayang, kan, apa itu KOL?

Selanjutnya, mari simak apa saja peran KOL dalam digital marketing!

4 Peran KOL dalam Digital Marketing

1. Memberikan reputasi positif bagi brand

Pada umumnya, KOL mendalami bidangnya secara profesional. Maka dari itu, ketika KOL merekomendasikan brand-mu kepada audiens, secara tidak langsung KOL akan menciptakan reputasi yang positif juga terhadap brand-mu.

Hal tersebut dikarenakan para KOL harus mempertanggungjawabkan apa yang mereka bagikan kepada orang lain karena menyangkut keberlangsungan karir serta reputasi mereka.

2. Membangun kepercayaan dengan audiens

Setelah reputasi sudah terbentuk secara positif, maka KOL akan berperan penting pada tahap selanjutnya yang lebih kompleks, yaitu membangun kepercayaan antara brand dengan audiens.

Ketika KOL setuju untuk mempromosikan brand-mu, maka Ia setuju dengan produk atau campaign yang kamu miliki.

Ditambah jika melihat kredibilitas title yang dimiliki, maka para KOL akan merekomendasikan brand-mu secara jujur dan hal ini mampu memengaruhi tingkat kepercayaan audiens terhadap brand.

3. Bisa untuk strategi jangka panjang

Ketika reputasi positif dan kepercayaan dengan audiens sudah terbangun, maka peran KOL akan bermanfaat bagi brand-mu untuk jangka waktu yang lebih panjang dan organik.

4. Target audiens lebih tersegmentasi

Mengingat seorang KOL memiliki bidang atau niche yang khusus, maka secara tidak langsung audiens yang dimiliki oleh KOL pun sudah tersaring dan menghasilkan audiens yang lebih tersegmentasi. Hal ini tentu menguntungkan bagi brand-mu karena biaya yang dikeluarkan dapat terserap secara maksimal.

Setelah mengetahui 4 peran penting KOL dalam digital marketing, berikut 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk memilih KOL dengan tepat!

Ini Cara Pilih KOL dengan Tepat

1. Sesuaikan dengan karakteristik brand

Poin pertama ini harus selalu diingat, ya! Sesuaikan karakteristik KOL dengan brand-mu. Contohnya, jika kamu memiliki produk skincare, maka kamu bisa bekerja sama dengan KOL yang punya keahlian di bidang kesehatan kulit Dengan begitu, brand-mu akan direkomendasikan oleh orang yang tepat dan akan sampai pada target audiens yang tepat pula.

2. Sesuaikan dengan budget

Di luar sana, banyak sekali KOL dengan rentang rate card yang berbeda-beda. Agar strategi digital marketing-mu berjalan dengan maksimal, maka kamu harus mampu menyesuaikan dengan budget.

Jangan sampai budget-mu melebihi batas kemampuan yang dimiliki, ya! Terpenting, perbanyak riset agar kamu memiliki banyak pilihan dan bisa membandingkan KOL mana yang paling cocok untuk kebutuhan brand-mu.

Promosikan Brand-mu dengan Influence ID

Sekarang saatnya kembangkan brand-mu bersama Influence ID, yuk! Dengan berbagai fitur untuk pemilik brand, kamu bisa mendapat list influencer yang tepat dengan pembagian harga yang fair tanpa perlu repot!

Yuk, daftar di sini dan mulai beriklan #LewatInfluenceID!