Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

4 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Jelang Akhir Tahun

13 November 2023

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Akhir tahun telah tiba. Shopping & travelling jadi aktivitas yang kerap dilakukan banyak orang untuk menyambut tahun baru. 

Aktivitas Belanja Meningkat Pesat

Hal ini dibuktikan dari data Republika yang menyatakan bahwa aktivitas belanja konsumen mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni sebesar 350% jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Tentu saja momentum ini harus dimanfaatkan oleh para business owner untuk meningkatkan penjualan melalui beberapa strategi.

Berikut kami hadirkan 4 tips meningkatkan penjualan bisnis saat akhir tahun yang wajib dilakukan!

4 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Saat Akhir Tahun

1. Riset kebutuhan konsumen

Tips meningkatkan penjualan yang pertama adalah kamu harus mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen menjelang akhir tahun. Misalnya, sering kali konsumen membutuhkan barang/produk yang bisa dijadikan sebagai hadiah/hampers untuk kerabat dan sanak saudara.

Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menghadirkan produk yang cocok dijadikan hampers. Jangan lupa berikan extra services seperti free kartu ucapan & packaging yang menarik untuk menarik perhatian para calon konsumen.

2. Promo, promo, & promo!

Gak bisa dipungkiri kalau promo jadi salah satu daya tarik terbesar seseorang untuk melakukan pembelian. Tips meningkatkan penjualan yang mutlak harus dilakukan adalah memberikan berbagai jenis promo, seperti diskon besar-besaran, cashback, Buy 1 Get 1, gratis ongkir, voucher, sampel produk terbaru, dan lain-lain.

3. Maksimalkan platform social media & e-commerce

Gunakan Instagram & TikTok untuk maksimalkan kegiatan promosi bisnismu. Salah satu langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah hadirkan konten interaktif. Hal ini berfungsi agar target konsumen tertarik untuk mengunjungi social media bisnismu untuk berinteraksi. 

Contoh konten interaktif antara lain Live Q&A, mini quiz di Instagram Story, dan sebagainya.

Lalu di saat yang bersamaan, kamu bisa menyelipkan promosi produk edisi khusus menyambut akhir tahun di setiap konten mu secara soft-selling. Dengan begitu, kamu berhasil melakukan dua strategi sekaligus, yaitu membangun brand awareness, meningkatkan engagement, dan mendorong conversion!

4. Optimalkan promosi lewat Influencer Marketing

Last but not least, tips meningkatkan penjualan terakhir yang tak boleh kamu lewatkan adalah kolaborasi dengan influencer untuk promosi. 

Kunci keberhasilan dari strategi yang satu ini adalah pilihlah influencer yang tepat & sesuai dengan persona brand-mu. Hal ini dilakukan agar promosi yang disampaikan tepat sasaran & budget yang digunakan bisa terserap maksimal.

____________________________________________________________________________

Saatnya tingkatkan penjualan bisnismu dengan promosi bersama Influence ID!

Nikmati package dari Influence ID & raih lebih banyak keuntungan jelang akhir tahun!

Hanya mulai dari Rp 1 juta, kamu bisa tingkatkan penjualan bisnismu saat akhir tahun lewat Influencer Marketing!

Pilih package yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu & hubungi kami melalui 0817-9296-736 (WhatsApp) atau klik link ini untuk mulai promosikan bisnismu!