Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

5 Cara Mudah Menjalankan Campaign Bersama Mikro Influencer

25 May 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Strategi influencer marketing telah berkembang dengan baik selama beberapa tahun terakhir, dan semakin banyak orang yang ingin memahami lebih banyak tentangnya. Influencer sendiri terbagi menjadi beberapa tingkatan, yakni Nano influencer, Mikro Influencer. Mid-tier influencer,  Makro influencer, dan Mega influencer.

Adapun tingkatan tersebut dilihat dari jumlah pengikut si konten kreator pada sosial media mereka. seperti Instagram, YouTube, dan lainnya. 

Nah, untuk saat ini Influence ID akan membahas salah satu tingkatan influencer yang cukup populer digunakan oleh marketer, yaitu Mikro influencer. 

Sekilas tentang Mikro Influencer

Pada dasarnya, mikro influencer adalah pengguna media sosial yang memiliki sebanyak 10.000 hingga 100.000 followers. Saat ini sudah banyak pemilik brand yang memanfaatkan jasa mereka karena dianggap memiliki target engagement yang lebih besar.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi oleh Hello Society, mikro influencer mempunyai tingkat engagement yang lebih tinggi sebesar 60% dari seorang selebgram lho!

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kita akan membahas 5 cara mudah menjalankan campaign bersama mikro influencer.

Yuk, simak penjelasan berikut ini!

5 Cara Mudah Menjalankan Campaign dengan Mikro Influencer 

1. Rencanakan dan buat strategi

Langkah pertama yaitu kamu bisa menetapkan tujuan dan metrik yang akan digunakan untuk mengukur kesuksesan.

Sasaran kamu akan mempengaruhi Mikro influencer mana yang bekerja denganmu, dan bagaimana kamu berkolaborasi dengan mereka. Metrik yang dipilih akan membantu menilai keberhasilan campaign-mu nantinya.

Berikut adalah beberapa kemungkinan sasaran dan metrik yang dapat kamu pertimbangkan, yaitu:

  • Brand awareness
  • Peningkatan penjualan
  • Keterlibatan dan retensi pelanggan
  • Peningkatan followers media sosial

Setelah kamu memilih metrik, catat statistik dengan baik sebelum dimulainya campaign, dan bandingkan dengan statistik saat akhir campaign.

2. Temukan mikro influencer yang tepat

Ini adalah langkah kunci untuk menjalankan campaign dengan menggunakan influencer marketing. Pada bagian ini kamu diharuskan untuk sedikit lebih detail dibandingkan bagian lainnya agar dapat mempermudah menemukan influencer yang cocok untuk campaign kamu.

Ada beberapa cara untuk menemukan mikro influencer yang tepat, tergantung pada jumlah waktu dan uang yang ingin kamu keluarkan, di antaranya dengan cara:

  • Melakukan riset
  • Lihat daftar following atau yang kamu ikuti pada media sosial
  • Gunakan platform influencer marketing, atau menyewa agensi

3. Jangkau mikro influencer yang menjadi target kamu

Setelah menemukan beberapa influencer potensial, selanjutnya kamu perlu menjangkau mereka baik dengan menghubungi langsung, atau bekerja sama dengan platform influencer marketing seperti Influence ID.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan 5 Tier Influencer dari Jumlah Followers! Biar Gak Salah Pilih

4. Koordinasikan campaign

Setelah memiliki daftar influencer yang tertarik dengan campaign yang kamu buat, saatnya untuk menyempurnakan kemitraanmu. Kamu harus mendiskusikan beberapa hal agar campaign berjalan dengan lancar. Di antaranya:

  • Tujuan atau target
  • Pedoman yang harus diikuti influencer
  • Kompensasi yang diberikan
  • Dan detail lainnya

5. Ukur hasilnya

Setelah campaign selesai tentunya kamu ingin mengukur kesuksesan dari campaign yang telah kamu buat bersama influencer. Di sinilah tujuan dan metrik pilihan kamu dari langkah pertama berperan.

Lihatlah sasaran yang kamu tetapkan sebelum memulai campaign, dan kemudian review kinerja secara keseluruhan bagaimana mikro influencer tersebut memberikan hasil terhadap brand-mu. Kamu dapat melakukannya dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Bagaimana hasil perbandingan metrik yang kamu gunakan?
  • Influencer mana yang mendorong penjualan paling banyak?
  • Apakah ada sesuatu yang akan kamu lakukan secara berbeda lain kali?

Terakhir, ingatlah untuk berterima kasih kepada influencer atas kolaborasinya. Sebaiknya bagikan hasil campaign kamu dengan mereka juga. 

Jika ini berhasil bagi kedua belah pihak, mereka mungkin tertarik untuk melakukan lebih banyak kolaborasi di masa depan.

Influence ID, Influencer Marketing Platform untuk Bisnismu!

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara menjalankan campaign dengan menggunakan mikro influencer. Agar mendapatkan mikro influencer yang sesuai, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu dan mengenali target audiens-mu.  

Jika ini merupakan kesempatan pertamamu untuk bekerjasama dengan mikro influencer dalam bisnismu, kamu bisa menggunakan aplikasi Influence ID untuk mempermudahnya. 

Melalui aplikasi influencer ini, kamu bisa menjalankan influencer marketing dengan mudah dan terpantau agar hasil yang didapatkan maksimal. 

Semuanya sudah dikelola dalam satu platform, mulai dari pemilihan influencer yang relevan untuk bisnismu, hingga berbagai proses dalam influencer marketing yang dikemas untuk mempermudah menemukan influencer terbaik.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, daftarkan bisnismu di Influence ID!