Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Influence ID & KADIN Bandung Gelar Workshop Strategi Influencer Marketing Jelang Ramadan 

26 January 2024

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Jumat (19/1) Influence ID berkolaborasi dengan KADIN Kota Bandung mengadakan workshop “Menangkap Momentum Ramadan: Strategi Pemasaran Influencer Efektif untuk Brand Lokal” yang diikuti oleh 45 brand lokal dari Bandung & sekitarnya.

Acara yang didukung langsung oleh Indigo dan Asosiasi Influencer Marketing ini mengundang Matt Junior, CEO & Co-Founder dari Influence ID sebagai keynote speaker, Adih Suryanto sebagai Content Creator dari Smiling West Java Ambassador, Bhakti Desta Alamsyah, serta Komisi Tetap KADIN Bandung.

(dari kiri ke kanan)

Bhakti Desta Alamsyah – Komisi Tetap Waralaba & Kemitraan KADIN, Ir. Iwa Gartiwa, MM – Ketua KADIN, Matt Junior –  CEO & Co-Founder Influence ID, Adih Suryanto – Content Creator Smiling West Java

Workshop yang dipandu oleh Pricellia Georsya dan Hana Adikara ini membahas mengenai daya beli masyarakat saat Ramadan & strategi konten serta pemasaran melalui Influencer Marketing.

Pemasukan pariwisata Kota Bandung & Jawa Barat diharapkan dapat meningkat dengan kehadiran Digital Marketing” ujar Ketua KADIN, Ir. Iwa Gartiwa, MM pada pembukaan workshop. 

Sebagai pembicara pertama, Komisi Tetap Waralaba & Kemitraan KADIN, Bhakti Desta menyampaikan bahwa sangat penting untuk mempersiapkan strategi pemasaran sedini mungkin melalui konsep yang dinamis. Contohnya yaitu selalu peka terhadap situasi pasar & momentum seperti Ramadan yang memiliki peluang pasar yang besar.  Bhakti Desta juga menyampaikan “Perencanaan yang gagal adalah kegagalan total, berencanalah dengan matang termasuk memperhatikan karakter dari influencer”, tukasnya.

Komisi Tetap Waralaba & Kemitraan KADIN, Bhakti Desta Alamsyah 

Acara dilanjut dengan presentasi dari pembicara kedua, Adih Suyanto sebagai Content Creator Bandung, Adih menyampaikan dari 267 juta penduduk Indonesia, sebanyak 213 juta menggunakan internet & setiap orang memiliki 1-2 gadget. “Tahun ini diperkirakan, 90% transaksi berada di TikTok, 71% mencari inspirasi, sedangkan 67% pengguna lebih banyak berbelanja di TikTok saat Ramadan”.

Content Creator Smiling West Java, Adih Suryanto 

Selanjutnya sebagai keynote speaker Matt Junior membahas 3 cara menangkap momentum di bulan Ramadan yaitu dengan: define strategi komunikasi, bekerjasama dengan influencers yang tepat, dan enhance campaign impact.

CEO & Co-Founder Influence ID, Matt Junior

CEO & Co-Founder Influence ID ini mengatakan “siapapun yang bermain media sosial dan bisa meng-influence, bisa dipergunakan untuk menaikkan popularitas dan penjualan produk”. Selain itu, Matt juga menambahkan bahwa menentukan marketing goals merupakan kunci dari keberhasilan untuk brand lokal di Ramadan. 

“Kunci keberhasilan menangkap momentum Ramadan 2024 adalah membuat campaign yang selaras dengan brand dan target audience, menentukan media sosial  yang tepat, serta pemilihan personality influencer yang sesuai dengan kondisi saat ini” ujar Matt.

Dalam sesi pemaparannya, Matt juga menjelaskan secara singkat tutorial membuat influencer marketing campaign di platform Influence ID. Banyak audience yang tertarik salah satunya Musidah, yang bertanya “mengenai sistem filter influencer, dan paket harga di platform Influence ID apakah berbayar/tidak?

Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh CEO & Co-Founder Influence ID “Brand dapat menentukan budget dan filter Influencer sendiri di influence ID sesuai kebutuhan. Kemudian platform dapat di akses gratis & sistem pembayarannya yakni beli kredit iklan sesuai budget bulanan, top up minimal Rp 100,000” jawab Matt.

Antusiasme dalam acara ini terlihat dari banyaknya audience yang bertanya dari sesi Q&A sampai puncak acara pelatihan influencer marketing platform langsung. Sebanyak 45 owner UMKM Bandung bersemangat mengikuti arahan step-by-step yang dipandu oleh team Influence ID melalui layar dan secara langsung untuk audience yang membutuhkan bantuan teknis. 

Tim Influence ID sedang memberikan arahan kepada para owner UMKM Bandung

Sebagai platform Influencer Marketing lokal Indonesia, Influence ID terus mendukung perkembangan bisnis lokal dengan pendampingan serta pelatihan yang dapat membantu pengembangan bisnis di ranah digital.

Para speaker & partisipan acara workshop Influence ID & KADIN Bandung