Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia
Di awal tahun 2023, aplikasi TikTok masih jadi primadona orang-orang di seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, pengguna TikTok dari Indonesia sendiri mencapai 110 juta orang per-Januari 2023! Melihat banyaknya pengguna TikTok dari Tanah Air, sudah pasti para business owner harus manfaatkan momentum ini untuk mulai influencer marketing TikTok.
Saat pandemi Covid-19 datang pada awal tahun 2020 yang lalu, aktivitas di bidang ekonomi & bisnis dituntut untuk bisa beradaptasi dengan situasi yang tak menentu. Para business owner harus mengubah strategi bisnisnya dari konvensional menjadi digital agar tetap bisa bertahan dalam situasi sulit.
Salah satu strategi digital marketing yang populer untuk bisnis kala itu adalah influencer marketing melalui TikTok.
Aplikasi TikTok kian populer saat pandemi Covid-19 merebak luas, karena banyak orang memanfaatkan TikTok sebagai sarana untuk berkreasi dengan konten, bertukar informasi, hingga membagikan tips and trick pada pengguna lain secara online.
Maka dari itu, tak sedikit juga influencer TikTok yang lahir akibat dari momen “lockdown” pandemi Covid-19.
Melihat hal ini, para business owner memanfaatkan strategi influencer marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis karena TikTok banyak digunakan masyarakat untuk mencari barang/produk melalui rekomendasi influencer.
Meskipun saat tahun 2018 TikTok sempat menjadi sorotan karena diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, namun sekarang TikTok telah berhasil menjadi platform sosial media yang powerful untuk setiap sektor, salah satunya bagi bisnis & digital marketing.
Nah, berikut ini 3 alasan mengapa TikTok bisa mempermudah strategi influencer marketing untuk bisnismu!
Sejak awal kemunculannya di tahun 2016 hingga saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 1 miliar pengguna aktif TikTok di seluruh dunia. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas melalui TikTok untuk mempromosikan bisnismu.
Tips: Jangan lupa tentukan siapa yang menjadi target audiens untuk bisnismu, ya! Hal ini harus ditentukan di awal proses agar promosi tepat sasaran.
Sebagai media sosial yang bertumbuh sangat pesat, TikTok dinilai efektif untuk mempromosikan sebuah brand.
Hal ini dibuktikan dari www.tiktok.com yang menyatakan bahwa terdapat 81% pengguna menggunakan TikTok untuk menemukan brand & produk baru yang sedang populer.
Tips: Maksimalkan konten di TikTok untuk menarik perhatian para target audiens. Kamu bisa mulai dari mengikuti tren yang sedang berlangsung, gunakan sound yang sedang viral, dan sebagainya.
Dilansir dari website resminya, TikTok memastikan penggunanya untuk mendapatkan the journey of retail (terdiri dari discovery, consideration, dan purchase) yang sempurna & totalitas.
Karena fasilitas yang diberikan TikTok ini, pengguna TikTok akhirnya memiliki kecenderungan 1,5 kali lebih besar untuk membeli produk yang mereka temukan di TikTok jika dibandingkan pengguna media sosial lainnya.
Tips: Sebagai business owner, kamu harus memiliki konsep konten yang matang. Karena konten yang dihadirkan untuk audiens harus mewakili proses the journey of retail, yaitu discovery, consideration, dan purchase.
Buat bisnismu makin viral dengan influencer marketing TikTok lewat Influence ID!
Dengan Managed Campaign, kamu tinggal duduk manis karena Influence ID yang atur strategi campaign bisnismu!