Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Ini 3 Benefit Promosi Bisnis dengan Influencer Marketplace

24 May 2024

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Pada Februari lalu, Influence ID diundang oleh IDX (Indonesia Stock Exchange) untuk berbincang mengenai benefit promosi bisnis melalui influencer marketplace pada segmen acara Create Up.

Matt Junior, CEO & Co-Founder dari Influence ID menjelaskan bahwa dengan perkembangan digitalisasi yang pesat & persaingan pasar yang ketat, para business owner harus memiliki strategi pemasaran yang bisa menarik perhatian & relevan dengan calon customer. Salah satu caranya adalah promosi melalui influencer di social media. 

Di Indonesia sendiri, sebanyak 46% orang Indonesia telah melakukan pembelian (online dan offline) setelah melihat konten influencer. Maka dari itu, bisa disimpulkan konten influencer lebih disukai oleh audiens karena dinilai relevan.

Kerjasama dengan influencer Lebih Mudah lewat Influencer Marketplace

Tantangan dalam Menjalani Influencer Marketing

Meskipun jadi strategi promosi yang direkomendasikan, sering kali para business owner dihadapi oleh tantangan dalam menjalani proses Influencer Marketing secara mandiri. Beberapa di antaranya adalah:

Komunikasi

Business owner harus menghubungi influencer satu-persatu dan menanyakan beberapa hal seperti availability/ketersediaan, rate card, dan sebagainya. Belum lagi jika konten yang telah di-submit membutuhkan revisi dari influencer, business owner harus menjaga alur komunikasi agar workflow tetap on-track.

Administrasi 

Ketika business owner sudah setuju dengan pilihan influencer, langkah berikutnya adalah mengurus administrasi. Misalnya pembayaran, pajak, insights dari postingan yang telah di-submit, dan lain-lain.

3 Keuntungan Promosi Lewat Influencer Marketplace, Influence ID

Sebagai Influencer Performance Platform pertama di Indonesia, Influence ID hadir untuk mempermudah business owner dalam menjalani Influencer Marketing. 

Ini 3 keuntungan jika business owner bergabung sebagai advertiser/pengiklan di Influence ID:

1. Tersedia Beragam Tier & Kategori Influencer

Influence ID memiliki 5 tier influencer, mulai dari Nano Influencer (1,000-10,000 followers), Micro Influencer (10,000-50,000 followers), Mid-tier Influencer (50,000-100,000 followers), Macro Influencer (100,000-500,000 followers), hingga Mega influencer (> 500,000 followers).

Selain itu berbagai kategori influencer juga bisa ditemukan di platform Influence ID, seperti Fashion, Lifestyle, Beauty, Health, Food, dan sebagainya.

2. Penentuan Harga yang Fair

Influence ID menggunakan automatic bidding, yaitu pengambilan data/insights dari secara otomatis untuk menentukan harga/rate card yang paling sesuai. Selain itu, besaran harga influencer juga ditentukan oleh beberapa hal, seperti tipe konten & tingkat kesulitannya.

3. Automatic Reporting

Selain penentuan harga secara otomatis, business owner juga tak perlu lagi mengambil data report secara manual, karena Influence ID mempunyai fitur automatic reporting di mana business owner bisa melihat performa/insights konten secara real-time pada dashboard yang tersedia.

Alur Kerjasama dengan Influencer di Influencer Marketplace Influence ID

Setelah melihat apa saja benefit yang didapat jika bergabung di Influence ID, berikut langkah-langkah saat memulai kerjasama dengan influencer di Influence ID

  1. Kunjungi www.influence.id, lalu daftar sebagai advertiser/pengiklan
  2. Buat brief campaign dengan berbagai requirement (seperti: lokasi influencer, niche influencer, tipe konten, periode campaign dan lain-lain).
  3. Setelah brief campaign sudah published pada platform, selanjutnya influencer akan mengajukan partisipasi
  4. Advertiser memilih influencer yang cocok 
  5. Setelah advertiser menentukan pilihannya, influencer akan membuat konten sesuai dengan brief & link postingan akan di-submit oleh influencer melalui aplikasi Influence ID
  6. Kemudian insights dari konten influencer akan otomatis ter-generate ke dalam dashboard yang bisa diakses secara langsung oleh advertiser.

Ingin Kembangkan Brand-mu dengan Influencer Marketing?

Segera daftarkan brand-mu di www.influence.id & mulai kerjasama dengan influencer!
Butuh bantuan? Silakan klik link berikut untuk terhubung langsung dengan Customer Success Team kami.