Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Ini Dia 5 Keuntungan Menggunakan Micro Influencer untuk Bisnismu

27 March 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Dalam mengembangkan bisnis, diperlukan berbagai strategi agar dapat mencapai target yang telah ditentukan, salah satunya adalah strategi untuk mempromosikan produk/jasa melalui influencer marketing. Terdapat banyak pilihan tier influencer yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari nano influencer, micro influencer, hingga mega influencer.

Kali ini, kita akan membahas salah satu tier influencer yang berpotensi memiliki dampak besar bagi kesuksesan promosi suatu brand dengan jumlah followers yang masih dirintis. Siapa lagi kalau bukan micro influencer!

Yuk, ketahui lebih dalam tentang micro influencer dan 5 keuntungan bekerja sama dengan mereka untuk bisnismu di sini!

Apa itu micro influencer?

Micro influencer merupakan definisi bagi influencer yang memiliki followers atau pengikut di kisaran 10.000 hingga 100.000. Pada umumnya, mereka fokus pada niche atau bidang yang mereka kuasai, misalnya parenting, fashion, dan sebagainya. 

Mengingat jumlah followers yang dimiliki masih terbatas, bisa dibilang kedekatan antara influencer dengan followers-nya justru lebih dalam dan intens. Maka dari itu, tak heran jika micro influencer banyak dilirik oleh para pemilik brand sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan produknya.

5 keuntungan menggunakan micro influencer untuk bisnismu

Nah, setelah mengetahui definisinya berikut 5 manfaat bagi pemilik brand jika menggunakan micro influencer sebagai strategi promosinya:

1. Memiliki engagement tinggi

Apakah kamu sering mendengar jika engagement tinggi hanya bisa didapat dari influencer dengan followers ratusan ribu? 

Melansir dari Socialbakers, ternyata micro influencer mampu menghasilkan engagement hingga sebesar 60%! 

Jika engagement tinggi, bisa dipastikan followers memiliki antusiasme yang tinggi pula untuk melihat konten kolaborasi antara influencer dengan brand. Dengan begitu, diharapkan followers dapat melakukan action yang telah ditentukan, seperti membeli produk, mengikuti giveaway, atau mengunjungi website

2. Conversion rate lebih tinggi

Selain tingkat engagement yang tinggi, conversion rate yang dihasilkan oleh mereka bisa mencapai lebih dari 20%, lho. Hal ini tentu dapat membantu brand untuk meningkatkan penjualan.

Maka dari itu, meski jumlah followers masih terbatas, pemilik brand akan tetap berpotensi mendapat hasil yang maksimal.

3. Otentik

Para influencer ini dinilai lebih otentik karena mereka fokus untuk mendalami bidang atau ketertarikan yang dimiliki. Jika begitu, followers yang dimiliki juga lebih tersegmentasi dan hal ini sangat bermanfaat bagi pemilik brand karena kegiatan promosi akan tepat sasaran. 

Beberapa kategori konten atau persona yang sering ditemui adalah parenting, beauty and fashion, travel, hingga gadget.

4. Kedekatan dengan followers

Hubungan followers dengan influencer kategori ini bisa dibilang cukup dekat dan intens. Hal ini dikarenakan micro influencer memiliki bidang yang mereka sukai sepenuh hati sehingga interaksi dengan followers terlihat lebih natural.

Nah, ketika hubungan sosial dan emosional sudah terbentuk, followers pun tidak ragu untuk mengikuti kegiatan yang dilakukan influencer, salah satunya ikut membeli produk yang dikenalkan oleh influencer.

5. Biaya terjangkau

Meskipun tingkat engagement dan conversion terbilang tinggi, biaya yang dikeluarkan oleh pemilik brand untuk bekerja sama dengan mereka cukup terjangkau.

Dengan biaya yang lebih affordable, pemilik brand juga bisa membangun long-term relationship dengan influencer yang tentunya akan memberi keuntungan pada bisnis dengan jangka waktu yang panjang.

Promosikan Bisnismu dengan Influence ID

Setelah mengetahui berbagai keuntungan di atas kini saatnya promosikan bisnismu melalui Influence ID. Dengan Influence ID, kamu bisa mendapat daftar influencer yang tepat mulai dari tier nano influencer, micro influencer, hingga mega influencer.


Yuk, daftar sekarang dan mulai beriklan #LewatInfluenceID!