Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia
Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sudah semakin dekat & jadi momen yang dinanti para business owner maupun masyarakat. Sebagai pebisnis, Harbolnas jadi kesempatan emas untuk mendapatkan banyak penjualan & harus dipersiapkan sebaik mungkin. Termasuk dari segi pemasaran melalui Influencer Marketing.
Nah, tapi, gimana sih cari influencer yang tepat buat campaign Harbolnas bisnismu? Sini Influence ID spill caranya!
Saat event Harbolnas, para business owner biasanya lebih memfokuskan tujuan campaign-nya untuk conversion. Karena pada momen inilah masyarakat akan berbondong-bondong mencari promo & diskon besar-besaran.
Maka dari itu, kalau tujuan campaign-nya adalah conversion, maka business owner harus memilih influencer dengan followers yang loyal & Engagement Rate (ER) cukup tinggi agar bisa menghasilkan penjualan yang ditargetkan.
Cara pilih influencer berikutnya adalah kenali terlebih dahulu target audiens dari bisnismu.
Influencer yang target audiens nya Gen-Z atau Milenial tentu berbeda dengan influencer yang target audiens nya ibu rumah tangga. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengenali audiens lebih dekat agar bisa memilih influencer yang relevan dengan karakter & preferensi target audiens.
Kalau tujuan campaign-nya adalah conversion, maka kamu bisa memilih tier Influencer Mikro (10k-100k followers) karena mereka cenderung mempunyai followers yang loyal dan punya kedekatan yang lebih dibanding tier influencer lainnya.
Namun, kalau awareness juga menjadi tujuan dari campaign-mu saat Harbolnas, bisa dipertimbangkan untuk memilih Makro Influencer (100k-1M followers) juga karena mereka punya segmen pasar yang luas.
Setelah memilih influencer yang berpotensi, business owner harus melakukan riset yang mendalam soal influencer tersebut. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
Untuk memastikan influencer yang dipilih memiliki audiens yang sesuai dengan target market, kamu bisa menggunakan tools Creator Analytics by Influence ID untuk melihat audience demography dari influencer terkait..
Jangan berpatokan sama jumlah followers aja, karena kita juga harus melihat berapa Engagement Rate yang dimiliki influencer tersebut. Engagement Rate ini bisa dinilai berdasarkan rata-rata jumlah komentar, like, dan share.
Seperti yang kita tahu, setiap influencer itu punya nilai keunikannya tersendiri. Nah, sebagai business owner kamu harus memastikan bahwa karakter influencer sudah cocok dengan brand identity.
Apalagi untuk event besar Harbolnas, diperlukan konsep konten yang menarik perhatian para audiens.
Last but not least, kamu harus melihat track record dari influencer yang hendak dipilih. Ini 2 hal yang bisa menjadi acuan :
Kamu bisa menganalisis dari campaign sebelumnya. Apakah influencer tersebut pernah bekerja dengan brand lain? Lalu, apakah respon audiens nya positif?
Sebaiknya hindari influencer yang baru saja melakukan kerjasama dengan brand kompetitor. Agar message yang disampaikan tidak bercampur satu sama lain.
Buat kamu yang lagi mempersiapkan strategi Influencer Marketing buat campaign Harbolnas, Payday, dan juga Double Date, yuk hubungi Influence ID!
Melalui service Managed Campaign, Influence ID akan bantu bisnismu untuk mempersiapkan strategi Influencer Marketing bersama influencer berkualitas, dari awal planning hingga reporting!
Tunggu apa lagi? Yuk, segera collab bersama Influence ID!
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi nomor WhatsApp berikut ini 0878-8270-1648 (Andini)