Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia
Di dunia yang serba digital, memasarkan barang tentu juga harus berubah caranya. Jika dahulu cara konvensional menjadi cara satu-satunya, tentu alangkah baiknya pemilik bisnis menerapkan strategi pemasaran online sebagai inovasi dalam menawarkan jasa atau produk mereka ke pasar yang lebih luas.
Yuk, cari tahu strategi apa saja yang bisa kamu pilih untuk bisnis UKM-mu!
Strategi pemasaran online merupakan upaya memasarkan produk atau jasa menggunakan media internet. Gak bisa dipungkiri jumlah pengguna internet yang tentunya terus meningkat setiap tahun membuat cara ini harus dilakukan.
Berdasarkan data dari APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia), pengguna internet yang ada di Indonesia hingga tahun 2022 ini telah mencapai 210 juta orang. Inilah yang menjadi peluang bagi pemilik bisnis untuk memanfaatkannya.
Manfaat utama yang didapat dari pengaplikasian strategi pemasaran online adalah tentu untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.
Jika sebelumnya bisnis kamu hanya diketahui oleh segelintir orang dekat saja, dengan adanya strategi yang dilakukan secara online memungkinkan untuk bisnismu dikenal luas orang yang berbeda kota denganmu.
Manfaat selanjutnya adalah kamu bisa menghemat budget promosi. Yes, bisa dibayangkan berpromosi secara konvensional seperti baliho saja bisa mengeluarkan biaya ratusan juta bahkan lebih untuk waktu yang sebentar dan hanya terfokus dalam satu lokasi saja.
Berbeda jika kamu menggunakan pemasaran online, misalnya pada social media marketing, biaya yang dikeluarkan tidak akan sebesar dengan baliho. Pentingnya lagi cara ini lebih efektif dan terukur. Karena kamu bisa mendapatkan report yang pasti dari dashboard tertentu.
Semua orang menggunakan mesin pencarian (search engine) seperti Google. Semua dapat dengan mudah ditemukan di sana. Gak terkecuali bisnismu.
Dengan memanfaatkan optimasi website menggunakan iklan atau yang kerap dikenal Search Engine Marketing (SEM), memungkinkan untuk munculnya website brandmu pada halaman pertama Google ketika seseorang mengetikkan kata pencarian tertentu.
Penanda sebuah brand menggunakan SEM adalah adanya tulisan ads atau iklan di bagian atas, tepatnya sebelah URL halaman website. Nah, adapun biaya yang dikeluarkan nantinya akan bergantung pada seberapa banyak orang yang mengklik website milikmu.
Sama halnya dengan SEM yang memanfaatkan search engine, Search Engine Optimization (SEO) pun sama. Namun, bedanya di SEO pengoptimalan website dilakukan secara organik.
Nah, karena organik inilah sebuah website harus berusaha untuk menduduki halaman pertama Google dengan beberapa strategi.
Tujuannya bukan lain untuk menghasilkan trafik yang tinggi pada website agar secara tidak langsung terciptanya brand awareness.
Adapun beberapa langkah yang bisa ditempuh ialah dengan menghubungkan website dengan Google Analytics, memilih kata kunci yang tepat, menghubungkannya dengan internal link, backlink, dan tentu membuat konten yang berbobot agar bisa memenuhi apa yang dicari oleh pengguna.
Content Marketing adalah konten yang ada pada website brandmu. Mereka bisa berbentuk foto, video, infografis, artikel, maupun gabungan dari beberapanya.
Kenapa website mu harus membuat Content Marketing? Salah satu behaviour orang ketika hendak membeli sebuah produk adalah dengan memeriksa website dari brand tersebut untuk mengecek keaslian produk ataupun informasi lainnya.
Nah, dengan begitu kamu harus mengambil kesempatan ini untuk melakukan promosi. Tapi ada baiknya konten yang dibuat bukanlah melulu tentang “jualan”, kamu bisa membuat konten artikel yang informatif dan menyisipkan brandmu di dalamnya.
Siapa sih yang gak bisa lepas dari media sosial di zaman sekarang ini? Hampir semua orang tentu memiliki dan menggunakannya.
Nah, salah satu strategi pemasaran online tentu bisa digunakan pada platform ini. Kamu gak cuma sekedar memberikan informasi atau “jualan” produk mu saja, di sana kamu juga bisa menjalin hubungan antara brandmu bersama para audiens hingga konsumenmu.
Beberapa tipe konten yang bisa kamu hadirkan seperti: trivia, infografis, Q&A seputar produkmu dan masih banyak lagi.
Terakhir, ada Influencer Marketing sebagai strategi pemasaran online yang bisa dikatakan baru. Influencer marketing sendiri hadir dengan ramainya geliat sosok yang dipercaya sebagai panutan pada social media. Lambat laun, mereka hadir menjadi sebuah profesi.
Influencer Marketing memberikan gaya dan perspektif baru dalam mempromosikan barang. Kamu menggunakan jasa seorang influencer, memberikan brief seperti apa konten yang ingin dihasilkan, dan akhirnya merekalah yang mengeksekusi konten sesuai dengan persona dan value mereka.
Baca juga: 3 Strategi Influencer Marketing di Indonesia dan Cara Memaksimalkannya
Pada bagian ini kami akan membahas kenapa influencer marketing patut harus kamu coba. Influencer Marketing memberikan banyak manfaat untuk brandmu.
Oh ya, sebelum membahasnya lebih lanjut, satu yang perlu diketahui adalah influencer memiliki tingkatannya tersendiri. Mereka bisa dikelompokkan berdasarkan jumlah pengikutnya, hingga niche topik yang mereka bahas.
Nah, sebelum memilih influencer untuk diajak bekerja sama ada baiknya kamu mengetahui kategori mereka agar bisa diselaraskan dengan objective dari campaign-mu.
1. Nano influencer untuk electronic word of mouth (e-wom)
Nano influencer memiliki pengikut organik, mereka sangat loyal terhadap influencer yang diikuti.
Dengan memanfaatkan nano influencer, brandmu memiliki kesempatan untuk memperluas word of mouth, karena pengikut dari influencer tersebut bisa saja secara tidak sadar turut membicarakan atau menyarankan produk yang idola mereka pakai ke sesama teman mereka.
2. Micro influencer untuk penjualan
Ya, masih ada hubungan dengan influencer berjenis nano, micro influencer memiliki spesialisasi topik tertentu yang dibahas. Nah, dengan begitu pengikut yang ada memiliki kesukaan yang sama. Ini membuat mereka sangat loyal dan akan membeli produk apa yang idola mereka pakai.
3. Mega influencer untuk brand awareness yang tinggi
Mega influencer yang biasanya datang dari tokoh selebriti ini akan membantu lebih cepat tersebarnya konten promosi milikmu. Jangan lupa siapkan budget besar untuk bekerja sama dengan jenis influencer ini. Tapi, kalau untuk hasilnya yang besar, why not?
Sudah tahu kan seberapa powerful-nya dari pemanfaatan strategi pemasaran online? Saatnya bisnismu menerapkannya juga! Khusus kamu yang mau memanfaatkan Influencer Marketing gak perlu bingung! Ingin beriklan di Instagram, TikTok, maupun Twitter? Semua bisa!
Yuk, berkolaborasi dengan para influencers #LewatInfluenceID! Influence ID sebagai Influencer Performance Platform siap menyediakan kebutuhan bisnismu. Gak perlu khawatir, kami telah berkolaborasi dengan lebih dari 120ribu influencer. Tak hanya itu, lebih dari 2000 brand telah bergabung bersama kami. Yuk, daftarkan bisnismu sekarang!