Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Intip 3 Strategi Influencer Marketing di Indonesia dan Cara Memaksimalkannya

21 June 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Masifnya penggunaan media sosial memunculkan fenomena baru yakni kehadiran profesi baru yang kita kenal dengan sebutan influencer. Mereka adalah orang yang bisa mempengaruhi behaviour dari konsumen. Hampir semua brand dapat dengan mudah kita temui memanfaatkan penggunaan influencer marketing di Indonesia. 

Kamu bagian dari brand dan tertarik melakukan influencer marketing? Simak artikel ini dulu, yuk!


Kenapa Harus Influencer Marketing?

Influencer marketing sendiri adalah sebuah strategi marketing melalui jasa influencer untuk mempromosikan produk atau jasa dalam sebuah bisnis. Jika ditanya alasannya kenapa brand harus melek dengan influencer marketing adalah karena memang pengaruh media sosial saat ini sangatlah besar. 

Melalui influencer marketing, brand-mu dapat diuntungkan dalam berbagai hal. Mulai memperluas jangkauan audiens baru melalui promosi yang dilakukan oleh influencer, mendatangkan followers baru, hingga target penjualan dari promosi dapat tercapai. 

Baca juga: Yuk, Pengaruhi Audiensmu dengan Internet Marketing Service

3 Tipe Strategi Influencer Marketing

Mungkin kita sudah tak asing melihat para influencer yang berseliweran di social media sedang memasarkan atau mempromosikan barang atau jasa dari sebuah brand. Berikut kami jelaskan satu per satu strategi influencer marketing yang umum dilakukan dalam sebuah campaign marketing

1. Testimoni

Sesuai dengan tugas seorang influencer yang mempengaruhi orang untuk tertarik, dan bahkan membeli produk atau jasa yang ditawarkan, testimoni merupakan satu strategi yang ternyata powerful

Dilansir dari Spiralytics, ada sekitar 54,7% konsumen yang mencari tahu atau membaca 4 review dari produk atau jasa sebelum membelinya. Kemudian di statistik lain, 91% orang yang berusia 18 hingga 34 tahun mempercayai review online sama dengan rekomendasi pribadi yang berasal dari orang terdekat mereka. Lalu, 84% orang di market memang membeli barang karena rekomendasi dari influencer yang mereka yakini. 

Dilihat dari situ, saat influencer membuat konten tentang brand kamu, tentu followers mereka akan lebih percaya pada brand-mu. Nah, kamu bisa mengemas konten yang hendak dibagikan sesuai dengan persona yang dimiliki oleh influencer dan senatural mungkin. Dengan begini, followers mereka akan lebih percaya atas informasi yang sedang dibagikan dan secara tidak sadar ternyata sudah masuk ke dalam strategi promosi-mu. 

2. Giveaway

Taktik giveaway dalam influencer marketing punya beberapa keuntungan. Pertama, brand milikmu akan dapat atensi yang besar melalui penambahan followers di media sosial. Karena, gak jarang salah satu syarat yang harus diikuti oleh para calon penerima hadiah adalah dengan memfollow akun brand itu sendiri.

Kedua, secara gak langsung mereka yang telah mengikutimu akan tahu produk atau jasamu. Dan, yaps, tentu hal ini juga akan berpotensi bagi mereka untuk membeli produk atau memakai jasa yang kamu tawarkan. 

3. Kode diskon

Kode diskon yang dibagikan oleh influencer menjadi salah satu strategi influencer marketing. Nah, dalam pelaksanaannya, kamu sang pemilik brand akan membagikan kode unik khusus untuk influencer yang kamu pilih nantinya. Nantinya ini akan memudahkan kamu dalam proses tracking.

Tips Maksimalkan Influencer Marketing

Setelah mengetahui beberapa strategi yang bisa kamu terapkan di brand-mu, kini saatnya mengetahui bagaimana tips agar influencer marketing dalam berjalan maksimal. Ini dia caranya: 

1. Punya KPI (Key Performance Indicators) yang jelas dari awal

Pertama-tama, tentu kamu harus menentukan tujuan yang jelas dari influencer marketing yang akan kamu lakukan. Entah untuk awareness? Meningkatkan penjualan? Semua harus ditentukan sejak awal. Karena hal ini nantinya akan berpengaruh dengan strategi apa yang dibuat, influencer mana yang akan dipakai jasanya, hingga platform apa yang dipilih untuk mendistribusikan iklannya. 

2. Kolaborasi dengan influencer yang tepat

Setelah menentukan tujuan, saatnya mencari influencer mana yang akan kamu pakai jasanya. Pada bagian ini kamu harus bersabar dan teliti. Karena menemukan influencer yang tepat memang butuh waktu serta usaha.

Seberapa besar influencer tersebut dapat menarik audiens, apakah persona yang ia miliki cocok dengan value dari brandmu? Pastikan kamu memilihnya dengan cermat, ya!

3. Micro-influencer ternyata powerful, lho!

Gak harus melulu harus menggunakan influencer dengan jumlah pengikut banyak, ternyata untuk memenuhi beberapa kebutuhan, si micro influencer ternyata sangat berpengaruh, lho!

Kembali mengutip dari sumber yang sama Spiralytics, ada fakta menarik yaitu sekitar 82% konsumen lebih mengikuti saran dari rekomendasi sang micro influencer. Alasan yang mendasar adalah biasanya influencer dari kategori ini pasti punya satu niche khusus dan memiliki pengikut yang memang tertarik dengan konten tersebut. Secara gak langsung, pengikut dari micro-influencer lebih loyal dibanding influencer yang punya pengikut besar. 

Kolaborasi dengan influencer jenis ini cocok untuk meningkatkan brand awareness serta menambah nilai pada brand-mu. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Menjalankan Campaign Bersama Mikro Influencer

4. Buat konten dalam bentuk video singkat

Saat ini orang lebih sering dan suka melihat konten iklan berbentuk video singkat. Nah, dengan begini kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Reels dengan maksimal durasi 90 detik. 

Ada platform menarik lagi buat kamu distribusi kontenmu yakni TikTok. Karena memang saat ini TikTok sangat digandrungi oleh banyak orang. 

Oh iya, dalam memproduksi video kontennya, kamu juga perlu menyesuaikan dengan platform-nya, ya. Misalnya pada Instagram, konten dengan pengambilan angle yang “niat” dan estetik lebih disukai, sedangkan di TikTok konten ringan nan penuh humoris yang punya angle natural dan seadanya lebih disukai. 

5. Kerja sama dengan influencer marketing platform

Berkolaborasi secara mandiri dengan influencer terkadang jadi tricky. Untuk mengatasinya, kamu bisa bekerja sama dengan influencer marketing platform

Kamu tinggal menyebutkan apa kebutuhan dan juga tujuannya, menyediakan budget-nya, maka proses awal yang ada ketika pencarian influencer sampai memilih influencer dan platform yang tepat akan lebih singkat. 

Mereka nanti yang akan mencarikan influencer yang tepat, merumuskan strategi influencer marketing apakah  mana yang cocok untuk menjawab kebutuhan brand-mu. Terakhir, mereka juga akan melaporkan hasil akhir setelah campaign-mu dilakukan.

Baca juga: Influence ID, Influencer Marketing Platform yang Mudahkan Kolaborasi Brandmu


Sukseskan Influencer Marketing-mu Bersama Influence ID

Ini panggilan untuk para brand! Lakukan influencer marketing-mu bersama Influence ID! Dengan berkolaborasi bersama Influence ID, kamu akan dapat memilih dua layanan yang kami tawarkan.

Pertama, yakni mencari influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnismu. Kamu tak perlu repot-repot kehabisan tenaga dan waktu untuk melakukan risetnya. Di Influence ID, influencer sudah dikategorikan berdasarkan jenis niche-nya. Ada influencer yang khusus membahas olahraga, makanan, beauty and health, hingga lifestyle

Kedua, mengelola campaign-mu agar lebih efektif. Nah untuk jenis ini, kamu bisa mendapatkan layanan research dan perumusan strategi, delivery dan monitoring konten, serta terakhir pelaporan insight konten influencer yang telah bekerja sama. 


Bagaimana, makin tertarik lakukan influencer marketing bersama influencer yang ada di Indonesia? Yuk, lakukan kolaborasinya #LewatInfluenceID.

Daftar dan mulai beriklan di Influence ID sekarang juga, ya!