Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia
Tren kemunculan video dengan durasi singkat dalam beberapa tahun belakang bisa dibilang masif. Hampir semua orang menyukainya. Menelisik kesuksesan TikTok, social media platform lainnya turut menghadirkan fitur video dengan durasi pendek yang sama. Nah, gak ketinggalan juga YouTube dengan YouTube Shorts.
Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu dengan salah satu fitur video pendek yang dimiliki YouTube ini.
Kamu seorang influencer yang memang tergiur untuk cari cuan di YouTube Shorts?
Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai satu fitur dari YouTube ini!
YouTube Shorts adalah konten video vertikal dengan durasi pendek yang dapat dibuat dengan smartphone dan diunggah ke YouTube. Fitur baru ini berdurasi dari 15 detik hingga 60 detik. Penonton bisa membagikan, mengomentari, menyukai, tidak menyukai, hingga subscribe ketika mereka menonton video milikmu.
Sebagai creators kamu bisa mengeditnya secara langsung melalui berbagai tools bawaan yang ada di YouTube itu sendiri. Mulai dari merekam, mengedit, menambahkan sound, memasukkan teks, dan lainnya bisa dilakukan dengan mudah di sana.
Penonto bisa mencari video ini di tab khusus “YouTube Shorts” yang ada di sebelah kiri situs website YouTube maupun di bagian bawah layar pada aplikasi seluler.
Selain itu, penonton juga bisa menemukan video milikmu ketika mereka sedang ngescroll beranda YouTube di aplikasi. Ditambah penonton juga bisa menonton YouTube Shorts ketika mereka sedang menonton video YouTube biasa. Nantinya video akan berhenti sementara ketika mereka mengklik YouTube Shorts, dan video kembali dilanjutkan secara otomatis ketika YouTube Shorts tertutup.
Sebagai influencer yang berkecimpung di YouTube maupun kamu yang baru mulai coba, YouTube Shorts bisa mendatangkan manfaat untuk channel-mu, lho.
Ini dia penjelasannya:
Konten YouTube Shorts yang diupload secara konsisten bisa mendatangkan view atau bahkan subscriber yang banyak. Ini dikarenakan sistem search engine yang ada pada YouTube itu sendiri.
Sedikit tips agar ini bisa bekerja di konten video mu, jangan lupa tuliskan keyword yang relevan dan evergreen, ya!
Di aplikasi YouTube sendiri video Shorts mu akan muncul di home secara random. Jadi ketika penonton sedang menonton video yang serupa dan YouTube Shorts-mu muncul, kemungkinan besar penonton akan mengklik videomu.
Nah, setelah dia menonton video mu yang pertama dan langsung tertarik, tentu mereka akan mengulik profilmu lewat video mu satu per satu. Bahkan, mereka bisa jadi penonton setia video-videomu dengan men-subscribers channel mu kan?
Alasan ketiga ini lebih mengarah pada fitur-fitur yang menjadikan YouTube Shorts unik.
Pertama, fitur Content Library yang diciptakan developer YouTube & dapat berguna memunculkan kembali videomu walaupun sudah lama di-upload.
Selanjutnya, YouTube Short banyak bekerja sama dengan pelaku pekerja musik, seperti label musik Sony atau Universal. Lagu-lagu yang ada di sana cukup lengkap. Dengan begitu, kamu gak akan kesusahan ketika mencari audio yang pas untuk dipakai nantinya pada videomu.
Walaupun YouTube Shorts bisa dibilang berumur lebih muda ketimbang platform media sosial penyedia konten video lainnya seperti TikTok maupun Instagram Reels, namun fitur video singkat dari YouTube ini bisa dipilih untuk mendapatkan cuan juga, lho!
Di awal kehadirannya, memang video yang ada di YouTube ini masih belum bisa dimonetisasi, tapi kamu gak perlu khawatir! Pasalnya, kabar baik datang untuk para pelaku kreatif yang berkecimpung di YouTube Shorts di awal bulan November ini. Tahun 2023 kreator maupun influencer akan bisa menghasilkan uang dari platform ini.
Dirangkum dari berbagai pemberitaan, kamu bisa mendapatkan cuan dari langkah ini apabila kamu memenuhi suara untuk menjadi “Partner Program”. Ini artinya hasil untung yang kamu dapatkan berasal dari pendapatan iklan dari YouTube.
Untuk bergabung menjadi “Partner Program”, kamu perlu memiliki setidaknya 10 juta penayangan selama 90 hari sebelumnya. Nah, jika sudah tergabung, kamu as a creator akan memperoleh 45% pendapatan iklan dari video milikmu.
Wah menggiurkan, kan?
Nah, sekarang kita ke bagian terpenting, yuk! Di bagian ini kami akan memberitahu kamu gimana caranya membuat YouTube Shorts. Ikuti step by step, ya!
Pada akhirnya konsistensi tetap dibutuhkan ketika berkecimpung di dunia kreator, khususnya untuk kamu yang memilih sebagai influencer. Walaupun semuanya memang terlihat mudah, bukan berarti kamu cepat puas dan bosan.
Tentu semua ada proses terus menerus yang panjang hingga video yang “baik” bisa kamu dapatkan.
So, jangan pernah capek untuk mencoba, ya!
Oh iya, penjelasan YouTube Shorts di atas memang penting, tapi ada yang gak kalah penting untuk mendukung kesempatan mencari peluang kolaborasi mu dengan brand sebagai influencer, lho! Kamu bisa bergabung dengan Influence ID, aplikasi influencer terpercaya di Indonesia!
Baca juga: Lebih Mudah, Ini Aplikasi Influencer untuk Kerjasama dengan Brand
Dengan lebih 2000 pemilik usaha baik UMKM hingga brand besar yang telah bekerja sama dengan Influence ID, tentu kesempatan profilmu untuk diajak berkolaborasi akan lebih besar.
Tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu sekarang dan dapatkan kesempatan dapatkan cuan yang lebih banyak #LewatInfluenceID aja!