Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

3 Ide Konten Video Instagram Ini Wajib Kamu Coba di 2023!

27 December 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Sudah bukan rahasia lagi, kalau menjadi seorang influencer dituntut harus kreatif dan up to date dengan perkembangan tren yang sedang berjalan. Yaps, namanya juga mempengaruhi orang. Kamu harus peka dalam menghadirkan konten-konten yang informatif dan juga fresh! Berikut kami hadirkan ide konten Instagram yang harus kamu coba buat!

_______________________________________________________________________________________________________

Konten Video Marketing Makin Berjaya di 2023?

Melansir data yang dihadirkan oleh The Social Shepherd terdapat banyak fakta yang menarik mengenai video marketing di tahun 2022. 

Pertama, berbagai video online yang ada di linimasa dapat menjangkau 92% pengguna internet di seluruh dunia. Adapun beberapa jenis video yang merajai deretan tertinggi yang banyak terjangkau oleh audiens adalah klip musik video, video meme, video tutorial, hingga video influencer dan vlog secara khususnya. 

Tentu angka ini sangat besar impact-nya kepada keberadaan brand maupun influencer yang sama-sama memanfaatkan tipe konten ini. 

Selanjutnya, pengguna internet yang mengonsumsi konten video marketing, baik untuk sekedar menonton maupun mengunduhnya mampu menyentuh di angka 3,37 miliar pengguna. Jelas angka ini besar dan diproyeksikan akan bertambah lebih besar menjadi 3,5 miliar di tahun ini. 

Tentu dua hal yang telah disebutkan bisa menjadi acuan jika di tahun 2023 konten video makin disukai banyak pengguna. Apalagi kita semua sadar banyak behaviour pengguna sosial media banyak yang telah berubah, khususnya pada Instagram. 

Spesifiknya, mereka lebih menyenangi konten video dengan durasi singkat yang ada di Reels. Hal ini sedikit banyak  dipengaruhi oleh algoritma Instagram itu sendiri. 

Baca juga: Influencer Wajib Tahu! Ini 4 Cara Bangun Personal Branding yang Positif!

3 Ide Konten Video Instagram yang Wajib Kamu Coba Sebagai Influencer

Kamu gak usah bingung harus membuat konten video yang seperti apa! Nih, kami hadirkan beberapa ide kontennya:

1. Tutorial video

Sebagai seorang influencer, konten yang bisa kamu adaptasi menjadi konten harianmu adalah konten tutorial. Apalagi melihat data yang dilansir dari Statistica, konten tutorial menjadi 4 besar video terpopuler sepanjang tahun 2022 kemarin. 

Dan jika menelisik dari behaviour pengguna internet yang selalu ingin mencari tahu, video tutorial akan selalu dicari orang. Kamu bisa menyesuaikan video tutorial dengan keahlian kamu! Misalnya jika kamu seorang beauty enthusiast, kamu bisa menghadirkan step by step make up atau skincare routine-mu!

2. A day in my life

Nyatanya, video blog (vlog) seorang public figure hingga influencer masih menjadi makanan favorit netizen. Ini perlu kamu manfaatkan! Kamu bisa mengemasnya dengan format kekinian yakni “a day in my life” konten. 

Rekam keseharianmu, kemas dengan sound-sound yang tengah viral, dan masukkan pula copy text atau voice over yang menjelaskan keseharianmu. Dan konten video-mu siap untuk disukai oleh banyak orang!

3. Join the trend!

Mengikuti tren yang sedang bergulir memiliki kesempatan besar untuk kontenmu dilihat banyak orang. Tren yang ada di Instagram Reels kini pun bisa berbentuk sound, template hingga challenge. Ya, walaupun kamu dituntut untuk menjadi peka dan rajin ngonten, tapi ini semua akan menjadi kebaikan untuk akunmu, kok!

Oh iya, walaupun tren yang ada setidaknya masih bisa bertahan hingga satu bulan, kamu tetap harus selalu jadi yang terdepan mengikuti tren tersebut. Tapi jangan lupa, untuk tetap memperhatikan persona dan value yang kamu yakini, ya!


Makin Berkembang dengan Menjadi #TeamInfluenceID!

Sejatinya, gak cuma harus peka dengan ide konten Instagram yang harus dilakukan oleh seorang untuk menunjang keberhasilannya sebagai influencer. 

Kamu bisa berkolaborasi dengan brand favoritmu bersama Influence ID, aplikasi influencer di Indonesia. Bagi kamu yang memiliki followers 1,000 dengan minimal postingan berjumlah 15 saja sudah bisa jadi bagian komunitas Influence ID!

Ayo bergabung sekarang dan dapatkan cuan bersama Influence ID!