Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

4 Langkah Mudah untuk Memulai Strategi dengan KOL Service

26 July 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Penggunaan KOL service tentu banyak membantu brand. Gak melulu tentang promosi, untuk mendapatkan brand reputation yang baik, membuat brand lebih banyak dikenal, hingga meningkatnya penjualan dari brand adalah hanya segelintir manfaat utama yang dirasakan oleh brand. Karena manfaatnya inilah yang akhirnya membuat banyak perusahaan maupun brand menggunakan jasa ini. 

Eits, tapi udah tau apa itu KOL service belum? Nah, artikel kali ini pas banget buat kamu yang mau menggunakan KOL service. Baca terus sampai akhir, ya!


Konsumen Selalu Serba Ingin Tahu

Konsumen sebagai calon pembeli pasti bakal ngelakuin banyak hal untuk mendapatkan produk yang sesuai dan memenuhi kepuasan diri mereka sendiri. Mungkin jika pada saat dulu konsumen memiliki saluran yang terbatas untuk mencari tahu produk mana yang sesuai, tentu sekarang gak lagi. Simsalabim! Semua informasi yang dibutuhkan bisa didapat hanya dari genggaman tangan saja. 

Dengan mudah, konsumen atau calon pembeli bisa tau segala informasi berandalan gadget saja. Review di Google, review dari orang di social media milik brand, hingga pengaruh review dari pujaan mereka kini menjadi salah satu pendorong motif pembelian mereka. 

Dibutuhkan Figur yang Bisa Mempengaruhi

Fenomena tersebut tentu sedikit banyak mempengaruhi para brand ketika menerapkan strategi marketing mereka. Jika dulu strategi word of mouth dilakukan konvensional dari orang ke orang dirasa cukup untuk dilakukan, kini tentu tidak. Pergeseran behavior orang berbelanja menjadi online membuat calon konsumen penting untuk melakukan cross check produk di kanal online juga. Penilaian orang kini dianggap penting. 

Terlebih menjamurnya kehadiran social media influencer yang banyak sedikit turut menjadi andil pengambil keputusan pembelian mereka. Nah, makanya di zaman yang apa-apa orang lebih percaya dengan review dari mereka yang berseliweran di social media, dibutuhkan seorang figur yang bisa mempengaruhi. 

KOL Service adalah Jawabannya!

KOL (key opinion leader) adalah jawaban tepatnya. KOL memiliki reputasi online yang kuat dan ini menjadi salah satu strategi marketing yang banyak dimanfaatkan oleh brand saat ini. Berbeda dengan influencer, para KOL hadir dengan keahlian atau niche tertentu. Misalnya seorang binaragawan yang kerap membagikan konten olahraga. KOL lebih dipercaya pendapatnya karena mereka memang mempunyai kapabilitas terhadap topik tertentu. 

Makanya gak heran juga para pengikut mereka di social media memang orang-orang yang sangat dekat dan tertarik dengan topiknya. Oh iya, kerjasama menggunakan jasa KOL ini dinamakan sebagai KOL service, ya. Nah, bekerjasama dengan KOL service membantu strategi marketing brand milikmu tepat pada sasarannya. 

4 Langkah Mudah Untuk Memulai Strategi dengan KOL Service

Lalu, apa aja sih yang harus dilakukan ketika hendak bekerjasama menggunakan KOL service? Terlebih beragamnya pilihan KOL yang ada saat ini. Tenang berikut kami bagikan tipsnya:

1. Apa sih tujuannya?

First of all, tentu kamu harus menetapkan apa tujuan yang diharapkan. Apakah campaign yang kamu lakukan sedang ingin meningkatkan brand awareness? Mendapatkan leads? Meningkatkan penjualan? Mengangkat popularitas? Atau kamu punya tujuan yang lainnya.

Dengan menetapkan tujuan di awal kamu bisa menyusun strateginya. Mulai dari jangka waktu campaign, demografis, promosi dan aktivitas apa yang akan dilakukan, hingga pemilihan platform maupun KOL bisa dilakukan dari awal. 

2. Pilih platform

Setelah tau apa tujuannya, kini saatnya menentukan platform apa yang mau kamu pilih. Mau menggunakan Instagram? TikTok? Atau Twitter tentu punya treatment-nya tersendiri. Karena balik lagi, setiap platform yang sudah disebutkan tadi memiliki audiens yang berbeda. 

Misalnya, di TikTok orang-orang lebih menyukai konten promosi yang ringan, karena memang peruntukkan awal platform TikTok adalah sebagai tempat mencari hiburan. Dengan begini, kamu bisa menghadirkan konten yang memang singkat, lucu, dan khas dengan kehidupan sehari-hari agar menarik audiens di platform ini. 

Dengan mengerti jangkauan dari setiap platform media sosial tersebut akan membantu kamu di saat memutuskan di mana akan melakukan campaign marketing. Tentu kita semua mau campaign yang dilakukan haruslah mencapai target audiens yang kita inginkan di awal. 

3. Cari KOL yang sesuai dengan value brand

Beragamnya KOL yang ada saat ini membuat pemilihan KOL agak tricky. Gak cuma harus menyesuaikan dengan budget dan tujuan campaign, KOL yang mempromosikan brand kamu ini secara gak langsung menjadi sandaran bagi kepercayaan pembeli terhadap brandmu. 

Makanya pemilihan KOL pun harus sesuai dengan value yang dianggap penting oleh brandmu. Tentu kamu gak mau kan brandmu bekerjasama dengan orang yang tidak sesuai?

4. Awasi performance-nya

Last but not least setelah campaign berjalan adalah saatnya kamu melakukan pengawasan dari campaign tersebut. Kamu bisa mengecek berapa banyak traffic yang menghinggapi situs brand kamu, seberapa banyak penjualan yang terjual, bagaimanakah pertumbuhan social media milik mu adalah beberapa indikator yang bisa dijadikan tolak ukurnya.

Hal tersebut penting dilakukan untuk mengetahui kekuatan atau kelemahan dari campaign yang telah berjalan, dan ini pun bisa menjadi pertimbangan bagi brandmu nantinya di masa yang mendatang. 

Baca juga: 10 Ide Kolaborasi Konten dengan Para KOL (Key Opinion Leader)

Percayakan KOL Service-mu Bersama Influence ID

Masih belum tau menggunakan KOL service yang tepat di mana? Influence ID, sebagai salah satu platform influencer di Indonesia adalah solusinya. Sudah lebih dari 2000+ brand sudah menggunakan layanan kami, lho! Sebut saja Traveloka, Smartfren, Advan, Cimory hingga Bebek Kaleyo merupakan brand yang pernah bekerja sama dengan kami. 

Gak perlu khawatir berapa budget yang akan dikeluarkan! Tiap influencer dan KOL kami memiliki harga yang berbeda. Kamu bisa bebas memilih sesuai dengan budget brand-mu. Untuk mendapatkan perkiraan budget sesuai kebutuhan kamu, kami menghadirkan fitur Kalkulator Estimasi Harga. Adapun minimum pembelian kredit iklan di platform Influence ID saat ini adalah Rp 10.000. Terjangkau, bukan?

2 Layanan Influence for Brand dari Influence ID

Adapun 2 layanan yang bisa brandmu manfaatkan adalah Influencer Marketing Platform atau pencarian influencer yang tepat melalui fitur Influence ID Card. Fitur ini memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan KOL karena kamu bisa melihat jumlah pengikutnya, engagement rate, hingga review influencer dari pengiklan terdahulu. 

Nah, sedangkan layanan yang satu lagi adalah Managed Campaign. Yakni layanan yang memudahkan pembuatan campaign yang terstruktur. Adapun scope of work (SOW) yang kami tawarkan ialah mulai dari riset dan strategi, delivery dan monitoring, hingga proses akhir reporting. Melalui layanan ini, kamu bisa merencanakan campaign-mu dan kami lah yang akan merekomendasikan strategi seperti apa yang cocok untuk brandmu. 


Sudah siap lakukan strategi KOL service bersama Influence ID? Daftarkan brand-mu di sini dan kembangkan brandmu sekarang juga. Ikuti juga social media kami di Instagram dan YouTube untuk update-an terbaru mengenai kami, ya!