Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

4 Strategi Influencer Marketing yang Efektif untuk Brand

21 April 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Sudah bukan rahasia lagi jika strategi influencer marketing merupakan salah satu jenis marketing yang paling efektif untuk sebuah brand. 

Bahkan, hampir sebagian besar brand terkenal saat ini sudah memutuskan bekerjasama dengan berbagai sosok yang terkenal familiar oleh para pengguna media sosial. 

Lantaran dikenal baik, itu sebabnya sangat mudah bagi influencer untuk menjalankan tugasnya dalam menyampaikan pesan dari brand kepada audiens.

Baca juga: Inilah 6 Faktor Penyebab Harga Influencer Mahal, Apa Saja?

Namun, bekerjasama dengan influencer tidak semata-mata hanya mengandalkan persona saja untuk memikat banyak mata. 

Faktanya, terdapat banyak hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan supaya bisa mencapai efektivitas maksimal untuk perkembangan brand. Salah satunya adalah strategi untuk melancarkan influencer marketing. 

Perlu diakui, keberhasilan melakukan pemasaran lewat influencer marketing tidak terlepas dari strategi yang tepat di belakangnya.

Nah, kamu juga bisa sukses mempromosikan brandmu jika baru saja memulainya. Kali ini, Influence ID akan membagikan strategi influencer marketing yang efektif untuk dilakukan oleh brand di bawah ini.

Simak bersama, yuk!

4 Strategi Influencer Marketing yang Efektif untuk Brand

1. Tentukan Target Audiensmu

Strategi influencer marketing pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan target audiens. 

Langkah ini sangat penting, mengingat akan menjadi loncatan pertama untuk menentukan bagaimana nantinya influencer marketing pada brandmu akan berjalan. 

Dari sini kamu juga akan bisa menentukan siapa yang cocok untuk menjadi influencer dan mewakili brandmu untuk dikomunikasikan kepada audiens. Pastikan kamu untuk tetap berfokus kepada target audiens yang sudah ditentukan supaya pemasaran tidak terpecah kemana-mana nantinya.

2. Tetapkan Arah dan Tujuanmu

Selanjutnya, kamu juga perlu menetapkan kemana arah dan tujuanmu. Dalam hal ini, kamu harus tau apa yang ingin dicapai oleh brand saat memutuskan untuk bekerjasama dengan influencer. 

Sebagai contoh, apakah kamu ingin meningkatkan followers pada akun Instagram brand-mu atau kamu ingin traffic pengunjung website brandmu bertambah dan lain sebagainya. 

Penting untuk menentukan arah dan tujuan supaya nantinya kamu dan juga influencer yang sedang bekerjasama bisa tetap fokus untuk memberikan yang terbaik kepada brandmu secara terukur.

3. Temukan Influencer yang Sesuai Dengan Brand-mu

Jika sudah, strategi influencer marketing berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah menemukan influencer yang sesuai dengan brand-mu. 

Tahap ini sering kali dinilai sebagai tahap yang tersulit. Namun, cara mudahnya ada di Influence ID yang merupakan aplikasi influencer Indonesia yang terbaik saat ini. 

Dengan teknologi terkini yang digabungkan dengan ahli dalam bidangnya, tim kami siap untuk membantumu untuk menemukan influencer yang tepat. 

Lewat aplikasi Influence ID kamu bisa merasakan berbagai kemudahan, mulai dari mencari influencer yang sesuai harga, sampai menemukan harga terbaik yang fair dan sesuai dengan budget-mu. Semuanya dapat kamu lakukan hanya lewat satu platform.

4. Persiapkan Konten dengan Matang

Sudah mendapatkan influencer sesuai dengan kebutuhan brand-mu? Sekarang saatnya kamu dan brand untuk mempersiapkan konten. 

Hal ini dilakukan agar kerjasama brand-mu dan influencer dapat berjalan efektif dibutuhkan konten yang tepat untuk mengemasnya. Oleh karena itu, pastikan kontennya relevan dan sesuai dengan target audiens juga objektif awalmu. 

Untuk memulainya, kamu bisa membuat content plan setiap bulannya supaya memudahkan influencer-mu untuk melakukan tugasnya. 

Pastikan juga untuk tidak terlalu membebani influencer dengan batasan-batasan yang terlalu membosankan karena hanya akan membatasi mereka untuk berekspresi. 

Perlu diingat, persona merekalah yang menjadi daya tarik bagi audiens sehingga perlu formula untuk menggabungkannya dengan brand.

___________________________________________________________________________________________________

Itulah beberapa strategi influencer marketing yang bisa kamu gunakan pada brandmu supaya semakin maksimal. Pastikan juga untuk promosikan brand kamu #LewatInfluenceID ya!