Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

5 Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Brand-mu

29 April 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Tidak bisa diragukan lagi kalau menggunakan influencer untuk media sosial sebuah brand adalah langkah yang tepat saat ini.

Bagaimana tidak? Sebagian besar pengguna media sosial ini biasanya mengenal dekat sosok influencer yang ada. Itu sebabnya bekerjasama dengan influencer untuk merepresentasikan brand dapat menjadi langkah yang tepat untuk menjangkau target audiens.

Selain itu, beragam media sosial dapat digunakan untuk bekerjasama dengan influencer. Mulai dari Instagram, TikTok, Facebook, YouTube, hingga Twitter.

Lalu, bagaimana sih cara memilih influencer yang tepat? 

Di sini kami akan membahasnya khusus untuk kamu. Simak bersama, yuk!

1. Kenali Identitas Brand

Cara memilih influencer pertama adalah kamu harus mengenali identitasmu terlebih dahulu. Bagaimana tidak? Tanpa pengetahuan mendetail tentang brand-mu tentu saja akan sulit untuk melangkah.

Dalam hal ini kamu harus tahu mengenai seluk-beluk brand-mu. Produk apa yang kamu tawarkan? Apakah barang atau jasa? Ketahui juga apa kelebihan dari brand-mu hingga membedakannya dengan yang lain.

Kamu bisa membahasnya dengan detail bersama tim. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menentukan plan kedepannya dan membuat strategi.

2. Tentukan Tujuan Campaign

Jika sudah mengetahui ‘siapa dirimu’, kini saatnya menentukan tujuan. Kamu perlu apa hal yang ingin dituju bersama brand-mu.

Misalnya, apakah kamu ingin menggaet pelanggan baru? Atau mungkin ingin meningkatkan penjualan? Semua ini penting untuk ditentukan sebelum akhirnya memilih siapa influencer yang tepat untuk diajak bekerjasama dengan brand-mu.

Nantinya cara ini juga dapat digunakan untuk menjadi penentu konten apa yang cocok untuk digunakan oleh influencer saat merepresentasikan brand kamu.

3. Ketahui Siapa Audiensmu

Mengetahui siapa audiensmu juga tidak kalah penting. Hal ini patut dipertimbangkan untuk menentukan seperti apa influencer yang cocok untuk brand kamu.

Ketahui siapa audiensmu dan pastikan untuk menggali karakteristiknya secara mendetail lewat apa yang mereka suka dan tidak. Mengetahui preferensi audiens akan menguntungkan brand dalam menjalankan campaign dan membuat strategi.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Diketahui Saat Menggunakan Jasa Influencer

4. Lihat Kompetitormu

Riset kompetitor juga dapat menjadi salah satu cara memilih influencer yang bisa kamu gunakan. Biasanya di sana akan tergambar kira-kira persona seperti apa yang disukai oleh audiens mereka.

Pastikan kamu melakukan riset pada kompetitor dengan bisnis serupa yang satu bidang denganmu. Jika perusahaanmu bergerak di bidang kecantikan kamu juga bisa melakukan riset pada brand di bidang kecantikan lainnya dengan karakteristik audiens yang sama denganmu.

Hindari menggali informasi dari brand yang tidak ada hubungannya karena target audiens yang dimiliki pasti berbeda.

5. Influencer Seperti Apa yang Sesuai Untuk Merepresentasikan Brand-mu?

Jika kamu sudah melakukan riset mendetail dan juga mencari tahu, cara memilih influencer yang tepat tentu saja yang dapat merepresentasikan brand kamu dengan baik.

Sesuaikan dengan preferensi audiensmu, apakah mereka merupakan freshgrad dengan pekerjaan pertama? Atau dewasa muda kelas menengah dan baru saja berkeluarga?

Semua dapat disesuaikan dengan mencari tahu tentang tipe influencer apa yang sesuai untuk merepresentasikan produkmu.

_________________________________________________________________________________________________

Temukan Influencer yang Tepat di Influence ID

Jika masih bingung, tidak perlu khawatir karena sudah ada aplikasi influencer Indonesia terbaik, yaitu Influence ID.

Di sini kamu akan mendapat kemudahan dalam mencari influencer yang tepat untuk brand-mu. Kamu bisa melihat profil influencer pilihanmu dahulu sebelum bekerjasama melalui aplikasi influencer ini.

Caranya juga mudah, cukup download aplikasi Influence ID dan mendaftar. Semuanya akan dikelola dengan mudah oleh kami. 

Yuk, segera daftarkan brand-mu dan mulai beriklan #LewatInfluenceID!