Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Micro Influencer Platform dan 5 Referensi Influencer TikTok bagi Brand-mu

31 August 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Banyaknya micro influencer yang ada saat sekarang ini membuat pencarian kandidat yang tepat untuk membantu kegiatan promosi brand-mu menjadi cukup tricky. Nah, kehadiran micro influencer platform banyak membantu sisi brand dalam menemukan influencer yang cocok bagi mereka.

Kenapa harus micro influencer?

Dari banyaknya tier influencer, berikut kami hadirkan alasan kenapa brand-mu harus memakai jasa dari micro influencer:

1. Followers yang relatif kecil namun powerful

Manfaat utama yang bisa dirasakan dari micro influencer adalah mereka dapat membantu brand-mu dalam menghasilkan penjualan. Kenapa begitu? Ini karena mereka memiliki followers yang loyal dan dapat dengan mudah mempercayai setiap pendapat yang dikeluarkan. Mereka akan dapat mudah dipengaruhi untuk melakukan sebuah action

Makanya walaupun jumlah followers yang ada hanya berjumlah 10.000-50.000 orang, namun mereka memiliki impact yang besar terhadap penjualan. 

2. Punya niche yang jelas

Berbeda dengan mega influencer yang biasanya datang dari para selebritis, para micro influencer harus membangun branding dirinya secara perlahan dan jelas. Biasanya influencer dari awal memang sudah menentukan topik apa saja yang menjadi ciri khas mereka untuk menargetkan audiens mereka sendiri. 

Ini tentu membantu pihak pengiklan dalam kegiatan promosi mereka karena segmentasi audiensnya sudah jelas. Misalnya, brand fashion memilih micro influencer yang mempunyai pengikut fashionista tentu akan lebih menghasilkan penjualan ketimbang memilih influencer yang gak punya niche di bidang fashion

3. Rate card yang terjangkau

Keuntungan utama lainnya dari penggunaan micro influencer adalah biaya yang harus dikeluarkan ketika membayar jasanya tidak terlalu mahal. Berbeda dengan ketika kamu harus memakai jasa mega influencer yang setidaknya kamu harus mengeluarkan uang hingga puluhan juta untuk satu kontennya. 

Dengan biaya yang lebih terjangkau namun memiliki impact yang jelas untuk kegiatan promosi-mu, pemilihan micro influencer tentu sangat membantu brandmu.

TikTok Tempat Promosi yang Menguntungkan?

TikTok sebagai platform baru yang berhasil mengambil hati pengguna media sosial bisa dikatakan menjadi tempat baru lahirnya para micro influencer saat ini. Kita bisa menemukan berbagai macam influencer dengan keunikannya masing-masing. Hal ini juga yang akhirnya membuat pengiklan memutuskan TikTok sebagai salah satu medium pengiklanan mereka. 

Di sisi lain, TikTok menghadirkan fitur-fitur yang semakin menguntungkan brand, seperti TikTok Live dan TikTok Shop. Brand semakin mudah menjual langsung produk mereka dengan memanfaatkan kedua fitur tersebut secara bersamaan. Karena memang sekarang sudah banyak pengguna TikTok yang memanfaatkan social commerce.  

Baca juga: 3 Keuntungan TikTok Influencer Marketplace untuk Brand

Rekomendasi Micro Influencer TikTok

Setelah mengetahui pengaruh micro influencer dan TikTok sebagai tempat promosi yang menguntungkan, kini kami akan memberikan rekomendasi influencer TikTok yang bisa kamu ajak kerja sama! Ini dia list-nya:

1. @yay_0_0 – 21,4k Followers

Pertama kita menuju akun @yay_0_0 yang memiliki 21,4 ribu pengikut dengan total 591,3 likes! Perempuan dengan nama asli Milia ini memiliki niche di bidang fashion. Khususnya pada outfit ala cewe kue. Dalam akunnya ia sering membagikan konten “Outfit ideas by me”. Walaupun warna baju yang ada berbeda-beda, namun dengan kelihaian ia memadupadankannya, semua outfit ideas dari Milia gak pernah gagal deh!

Yuk, bagi brand fashion dan aksesoris yang punya desain full colour bisa banget nih kerja sama dengan micro influencer satu ini!

@yay_0_0

♬ Panah Asmara Speed Up – abil bil bil bil

2. @nidirih – 13k Followers

Kalau rekomendasi pertama kita ngebahas akun yang punya niche fashion, selanjutnya bagi kamu pemilik usaha tempat makan atau brand yang punya offline store bisa banget nih kolaborasi sama @nidirih. Perempuan yang satu ini suka banget sama outdoor activities seperti jalan-jalan santai. Ia juga sering banget bagiin tempat rekomendasi buat makan. Gak cuma makan ala fancy, tempat humble yang ternyata hidden gem pun sering dia kulik!

Salah satu konten jalan-jalannya bisa berhasil ditonton oleh 42,8 ribu pengguna TikTok! Gimana, kamu pemilik brand yang ada hubungannya dengan outdoor activities atau punya kafe yang butuh dipromosikan? Kolaborasi aja sama @nidirih!

@nidirih Quichenya juga enak tapi lagi abis. #tebet #rekomendasimakanan #rekomendasitempat ♬ som original – Dree

3. @riadany_ – 18k Followers

Influencer yang ngebahas skincare dan make-up mungkin sudah sering banget kita temui, tapi kalo yang bahas hair care? Kayaknya jarang gak sih? Nah, akun dengan nama @riadany ini adalah salah satu micro influencer yang aktif banget ngebagiin konten hair treatment

Mulai dari tips and trick cara nge-blow rambut, spill equipments yang dia pakai, hingga tips menjaga rambut agar tetap sehat walaupun rutin di-blow adalah konten andalan influencer perempuan satu ini. Yuk, brand yang punya produk hair treatment langsung tap-in aja sama @riadany!

@riadany_ Solusi rambut LEPEQ 💯 #graceandglow #gnghairmist ♬ sonido original – LeoRizzi

4. @putra.ausa – 47k Followers

Digital content creator belakangan tahun ini memang menjadi salah satu profesi menjanjikan seiring makin berkembangnya teknologi dan komunikasi. Digital content creator sendiri punya peranan penting bagi produksi konten yang “niat”, khususnya pada output video. Salah satu micro influencer yang bisa kamu ajak berkolaborasi adalah @putra.ausa!

Gak cuma menghasilkan konten video yang bagus, Putra sering banget ngebagiin rekomendasi equipment, teknik pengambilan video, sampai bahas tuntas equipment maupun tools yang berguna bagi seorang content creator enthusiast. Apabila kamu brand yang mau banget punya konten dengan output video estetik maupun sentuhan ala-ala sinematografi bisa banget nih kolaborasi dengan dia!

@putra.ausa belajar basic Gimbal Movement yang baik dan benar ! @denkapratama.id @FeiyuTech #putraausa #belajarbareng #samasamabelajar #cinematic #videography #cinematography #videographer #gimbalmovement #camera ♬ Left right x pak vong x rindu semalam x meneketehe – anantavinnie

5. @angela’sbelly – 26,5k Followers

Rasanya gak lengkap, yah, kalau kita gak ngomongin TikTok influencer yang spesial bahas kuliner. Dengan mudahnya, sekarang orang-orang akan mencari rekomendasi kuliner di TikTok. Nah, perempuan yang bernama Angela ini dalam akun TikToknya memiliki niche yang tuntas bahas semua jenis makanan. Mau minuman, dessert, main course, makanan Asian, makanan Western, hingga makanan khas Indonesia semua dicobain sama Angela.

Adapun salah satu pilar konten yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengikutnya adalah “rating food from 1-10”, di mana dia bakalan ngecobain beberapa menu dari satu brand makanan dan memberikan rating sesuai selera dia. Salah satu videonya, berhasil dapat likes hingga belasan ribuan dari audiens TikTok. Kamu pemilik brand kuliner, sudah gak perlu pikir panjang, yuk, kolaborasi bareng Angela!

@angelasbelly Jarang bgt ga si ada resto taiwann?!? Trs ini tempatnya aesthetic juga 😬😏 #raohe #collagen #taiwanfood #kemang #angelasbelly ♬ 3:03 PM – しゃろう

Influence ID, Micro Influencer Platform Pilihanmu

Itulah beberapa rekomendasi micro influencer TikTok yang bisa kamu ajak berkolaborasi. Pada akhirnya, pilihlah influencer yang punya relevansi dengan brandmu agar bisa berdampak langsung dengan tujuan campaign marketing-mu.

Kamu pemilik brand dengan jenis usaha yang belum disebutkan di atas? Gak usah bingung! Cari TikTok influencermu lewat Influence ID! Gak cuma TikTok influencer, kamu bisa menemukan berbagai jenis influencer dari berbagai kategori yang tentunya bisa membantu campaign marketing-mu dan pastinya bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Seperti Instagram, hingga Twitter. 

Yuk, daftarkan brand-mu dan mulai cari influencer yang pas di micro influencer platform, Influence ID!