Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Inilah 6 Daftar Influencer Kuliner Hits di TikTok! Mau Kolaborasi?

18 November 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Ngomongin influencer di media sosial emang gak ada matinya. TikTok sebagai media sosial yang sedang digandrungi karena banyak penggunanya ini turut menjadi cikal bakal kehadiran sosok “influencer TikTok” yang bisa diajak bekerja sama dengan brand. Kamu pemilik usaha kuliner dan penasaran siapa saja daftar influencer yang kira-kira bisa diajak kerja sama? 

Yuk, baca & kepoin terus artikel ini!

Baca juga: 5 Rekomendasi Influencer Kuliner Hits untuk Brandmu


Food Vlogger, Influencer yang Doyan Makan dan Dapat Cuan

Yaps, yang namanya urusan perut memang gak bisa diragukan lagi kepentingannya. Kebutuhan pangan yang wajib dipenuhi dan adanya perbedaan selera makan tiap orang yang berbeda-beda inilah membuat profesi food vlogger atau orang yang kerap membagikan review suatu makanan maupun minuman mendapatkan pangsa yang besar di Indonesia maupun dunia.

Beberapa influencer terkadang memiliki segmentasinya tersendiri. Misalnya, ada influencer yang khusus membagikan review makanan pedas, atau mereka yang khusus membahas makanan Indonesia saja. Nah, karena variatifnya selera tiap orang, mereka ini tetap memiliki pengikutnya tersendiri, lho!

Mungkin pada awal perjalanan, influencer yang bergelut di bidang kuliner melakukan review secara acak dan sukarela. Namun, jika mereka sudah mulai memiliki fansnya tersendiri, biasanya para pemilik brand kuliner lah yang akan mencari food vlogger untuk bekerja sama dan secara sengaja untuk memberikan ulasan pada produk kuliner mereka. 

Dulu YouTube, Sekarang Kenapa Pindah Jadi ke TikTok?

Awalnya, influencer memang menggeluti platform YouTube sebagai medium mereka membagikan konten makanannya. Sebut saja Nex Carlos dan Magdalena adalah sedikit food vlogger yang hampir merajai playlist kuliner di YouTube. 

Lambat laun, tren berubah. Sejak Pandemi Covid-19 berlangsung, behavior pengguna media sosial menyukai konten berbentuk video singkat. Munculah TikTok, sebagai platform yang kini memiliki perkembangan yang masif pada penggunanya. 

Inilah yang membuat beberapa influencer tersebut meluaskan medium penyebarannya ke TikTok. Apalagi ditambah video durasi yang semakin lama menjadi 5 menit yang dihadirkan oleh TikTok memudahkan para kreator untuk menyesuaikan durasi dan isi video mereka.

Kendati demikian, beberapa influencer asal YouTube tersebut tetaplah harus menyelaraskan behavior pengguna yang ada di TikTok. Gak jarang juga, mereka tetap harus membangun personal branding yang berbeda antara platform YouTube dan TikTok. 

3 Daftar Influencer TikTok Kategori Mega Influencer

Seorang influencer TikTok bisa dilihat dari jumlah pengikutnya yang banyak maupun kepopuleran videonya di for your page. Nah, pada bagian ini, yuk, kita lihat sama-sama daftar influencer yang memiliki pengikut lebih dari 2 juta pengikut!

1. Kuliner 1 Menit (2,8 juta pengikut)

@kuliner1.menit

Daftar influencer kuliner di TikTok yang paling hits ditempati oleh akun @kuliner1.menit! Pengikutnya di TikTok saat ini berhasil terkumpul sebanyak 2,8 juta orang. Dengan durasi 1 menit di setiap konten videonya, akun ini berhasil menghadirkan informasi review makanan yang lengkap namun tetap berhasil membuat kita semua ngiler!

Kalau kamu melihat akun @kuliner1.menit ini pasti gak bakal bingung deh dengan makanan apa yang mau dimakan. Karena memang jenis makanan yang dibahas pun beragam. Mulai dari dessert, makanan lokal, hingga yang western pun dibahas oleh akun ini. Kamu siap-siap ngiler, ya!

2. Yudha Pangestu (2,4 juta pengikut)

@yudhapangestu24

Yudha Pangestu dengan akun TikToknya @yudhapangestu24 ini bisa dibilang sebagai influencer kuliner di TikTok yang paling banyak pengikut. Saat ini ia telah berhasil mendapatkan 2,4 juta orang untuk mengikuti akunnya. Gaya makannya yang khas dan menggiurkan lah yang membuat bisa menarik orang untuk menonton videonya. 

Di awal kemunculannya, Yudha sendiri bisa dikatakan sebagai influencer yang spesial membahas konten jajanan. Mulai dari kota sekitaran Jakarta sudah pernah dilahap olehnya! 

3. Gina Angelia (2,4 juta pengikut)

@gina_angelia

Gina Angelia adalah influencer TikTok terakhir kita yang punya banyak pengikut. Dengan pengikutnya yang mencapai 2,4 juta orang, Gina telah berhasil mengumpulkan total likes sebanyak 56 juta. Wow banget ya!

Nah, influencer sebelumnya membahas makanan secara umum, Gina memiliki 2 konten kuliner yang spesifik, yaitu: Jajanan kota dan Jajanan Jadul. Menariknya lagi, Gina juga gak lupa menyisipkan informasi seperti cara membuat jajanannya di tiap konten kulinernya. 

3 Daftar Influencer TikTok Kategori Mid-Tier Influencer 

Nah, kalau daftar sebelumnya kita berbicara berdasarkan jumlah pengikutnya yang lebih dari 1 juta orang. Kini, kami akan membahas influencer influencer TikTok yang hits dan sering banget muncul di for your page orang-orang. Ini dia 3 listnya: 

4. Kamus Makanan Online (352 ribu pengikut)

@nyamwithinop

Kalau influencer TikTok sebelumnya khusus bahas jajanan, @nyamwithinop sering banget review cafe atau coffee shop yang estetik dan comfy yang ada di  Jakarta maupun kota sekitarnya. 

Dengan pengambilan video yang close up namun tetap estetik membuat penontonnya tertarik untuk mencoba makanan yang sedang dicoba. Yang jadi keunikannya lagi, perempuan yang punya sapaan akrab Kak Inop ini selalu menghadirkan story telling yang ciamik di tiap konten kulinernya, lho!

5. Odokun (396,9 ribu pengikut)

@bellakukutanesia

Nah, influencer TikTok terakhir ada Bella Tanesia merupakan food vlogger yang sudah lama melintang buana di konten YouTube sejak lama. Nah, perempuan yang suka makanan pedas ini pun akhirnya turut meramaikan dunia TikTok, lho! 

Di awal kemunculannya, Bella menghadirkan konten makanan yang dibalut dengan komedi untuk menggaet user TikTok yang senang dengan komedi. Misalnya, ia pernah membuat konten “Beli Mie tanpa Mie” yang akhirnya viral beberapa waktu lalu. 

Dengan personanya yang unik namun tetap cantik, Bella tetap bisa menghadirkan konten makan yang menggugah selera walaupun dengan gaya makan yang tetap apa adanya. Kini, akun TikToknya sendiri sudah berhasil mengumpulkan 10,1 juta likes, lho!

6. Jakarta Yummy Detective (258,5 ribu pengikut)

@jakartayummydetective

Terakhir ada akun @jakartayummydetective yang turut meramaikan influencer kuliner TikTok. Dengan tagline “Makan, lur” miliknya, pria yang awal kemunculan membagikan konten berupa informasi bagaimana makan di restoran-restoran terkenal ini banyak diikuti khalayak TikTok. 

Gak segan-segan dan tanpa rasa malu, pria yang bernama Ado ini selalu menanyakan kepada pramusaji restoran tersebut untuk memberitahu bagaimana cara memesannya. Nah, karena inilah konten miliknya pun banyak dipuji orang. Pengikutnya menganggap dengan videonya mereka jadi tahu bagaimananya memesan restoran terkenal. Gimana, unik kan penyajian kontennya?


Temukan Daftar Influencer Kuliner Lainnya di Influence ID!

Ingin menemukan daftar influencer kuliner TikTok lainnya dengan berbagai tier? Gak usah bingung! Temukan influencer lainnya di Influence ID. Influence ID sebagai TikTok influencer platform siap membantumu dalam menemukan influencer yang tepat.

Jangan lupa daftarkan dirimu terlebih dahulu agar bisa mendapatkan berbagai fitur dan kemudahan lainnya, ya. Yuk, daftar sekarang!