Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

7 Lagu TikTok Populer di Tahun 2022! Kamu Sudah Coba?

25 December 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Sound atau lagu TikTok menjadi salah satu fitur terpenting yang dihadirkan TikTok untuk penggunanya. Penggunaan lagu TikTok di sebuah konten video memberikan banyak manfaat. Tak jarang juga pemilihan lagu yang tepat digadang-gadangkan bisa membantu konten seseorang masuk ke dalam jajaran FYP alias for your page

Yuk, simak informasi serba-serbi lagu TikTok selengkapnya!


Kenalan dengan Lagu TikTok

Sound TikTok adalah fitur unggulan dari TikTok yang berisi pilihan audio yang nantinya bisa kamu terapkan pada konten videomu. Biasanya lagu TikTok ini bisa berbentuk musik, voice over, klip dari acara TV, maupun efek suara. 

Kamu bisa mencari lagu TikTok ini di TikTok Sound Library maupun original sound dari kreator yang lain yang muncul ketika kamu menjelajahi halaman fyp.

Baca juga: Filter TikTok Bantu Kontenmu Jadi Terkenal. Ini Tipsnya!

Lagu TikTok Jadi Sarana Dikenalnya Lagi Lagu Lama?

Menariknya, lagu TikTok yang bermunculan menjadi viral tidak hanya datang dari lagu-lagu terkini yang baru rilis, mereka bahkan hadir dari beberapa lagu lama yang sudah tidak terdengar lagi. Ya, memang keviralan di lagu TikTok tidak mudah untuk ditebak. 

Misalnya saja lagu “You’re Gonna Live Forever in Me” milik John Mayer yang dirilis pada tahun 2017 silam kembali viral di pengguna TikTok Indonesia. Tak tanggung-tanggung, lagu miliknya telah dipakai lebih dari 150 ribu pengguna TikTok. Hal inilah yang membuat John Mayer secara khusus di Instagram memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada netizen Indonesia karena telah menghidupkan lagunya kembali.

Tak hanya itu, banyak lagu lama yang bahkan dulu tidak banyak dikenal orang kini menjadi lagu TikTok yang viral. Masih ingat “Begitu sulit lupakan Rehan” yang sempat viral beberapa waktu lalu? Yaps, dengan lagu asli milik The Junas yang berjudul “Cukup Dikenang Saja” ini padahal sudah hadir sejak lama dan tidak sepopuler lagu parodinya.  

Gimana Maksimalkan Lagu TikTok?

Lagu TikTok tak hanya menguntungkan bagi musisi untuk mempopulerkan kembali lagu mereka. Tentu, para kreator dan influencer yang berkecimpung di platform ini juga. Dengan menggunakan lagu TikTok mereka tak hanya sekedar menghadirkan konten video yang menarik. Lagu TikTok juga membantu menaikkan peluan konten mereka untuk masuk ke dalam jajaran for your page

Nah, sebagai influencer kamu perlu memperhatikan beberapa hal supaya lagu TikTok mu dapat works! Ini dia sedikit tipsnya:

1. Perhatikan jumlah penggunanya!

Salah satu faktor penting yang harus kamu kulik ketika memilih lagu adalah sebanyak apa pengguna lain yang telah menggunakan lagu tersebut juga. Karena jumlah pengguna yang banyak menandakan lagu tersebut tengah viral di pengguna lain. Dengan begitu ia akan membantu memberikan dampak kepada kontenmu.

2. Sisipkan hashtag

Tak hanya itu, kamu juga bisa menyisipkan hashtag yang relevan dengan lagu TikTok yang tengah dipakai. Apalagi jika lagu tersebut tengah menjadi challenge yang sedang berjalan, ini akan membantu pengguna lainnya terpapar dengan konten video milikmu. 

3. Tetap konsisten

Terakhir, tips ini memang lumayan sering dilupakan oleh banyak influencer. Kamu memang boleh bebas berkreasi menggunakan lagu TikTok yang tengah viral sesuka hatimu. Tapi, kamu tetap harus memperhatikan niche ataupun persona yang tengah bangun agar tetap konsisten. 

Lagu TikTok Paling Banyak Dipakai di 2022

Setelah panjang lebar membicarakan lagu TikTok, tentu tak akan lengkap kalau kita bahas lagu-lagu TikTok apa saja yang banyak dipakai sepanjang tahun 2022. Berikut kami hadirkan lagu yang berasal dari dalam maupun luar negeri!

1. As It Was – Harry Styles 

♬ As It Was – HSHQ

Lagu pertama yang berhasil dipakai oleh banyak pengguna TikTok adalah “As it was” milik Harry Styles yang telah dirilis awal Maret silam. Lagu yang bercerita tentang masa lalu seseorang ini berhasil dipakai oleh lebih 2,6 juta orang baik dari pengguna luar negeri, dan tentunya netizen Indonesia itu sendiri. 

Sesuai dengan makna yang ada pada lagu tersebut, lagu milik Harry ini kerap dipakai untuk konten-konten flashback. Di akhir tahun ini saja lagu ini menjadi salah satu lagu yang melengkapi konten 2022 recap banyak pengguna. 

2. Made You Look – Meghan Trainor 

♬ Made You Look – Meghan Trainor

Lagu TikTok viral kedua ada dari Meghan Trainor dengan judul Made You Look! Di awal viralnya, lagu ini muncul dengan #imadeyoulookchallenge dance. Orang-orang berlomba-lomba untuk menampilkan tarian yang sesuai dengan beat-nya.

Tak cuma itu! Lagu yang telah digunakan oleh 2,7 juta pengguna TikTok ini juga dipakai sebagai musik pengiring video tutorial make-up para beauty influencer. Dengan beat yang ada, mereka ikut menampilkan transisi-transisi kece nan cantik. 

3. Fallin love alone – Stacey Ryan 

♬ Fall In Love Alone – Sped Up Version – Stacey Ryan

Penggalan lirik “if we never try how will we know” milik Stacey Ryan rasanya menjadi tagline penyemangat di beberapa waktu belakangan ini. Yaps, lagu yang telah dirilis bulan Maret 2022 ini berhasil menarik perhatian banyak orang.

Telah lebih dari 1,6 juta pengguna TikTok di dunia menggunakan lagu ini sebagai pengiring konten motivasi.

4. Tiba-tiba – Queen Salman  

♬ Tiba-tiba (Speed Up) – Quinn Salman

Setelah 3 lagu di atas berasal dari penyanyi mancanegara. Kini kita masuk ke lagu milik penyanyi dalam negeri. Uniknya, salah satu lagu TikTok yang viral di tahun 2022 datang dari penyanyi cilik Queen Salman dengan judul Tiba-tiba.

Lagu dengan vibes riang dan ceria ini akhirnya banyak dipakai untuk konten-konten menggemaskan.Baik versi biasa dan versi speed up-nya telah digunakan oleh 1,8 juta pengguna. Oh iya, lagu ini pun juga ada #dancechallenge-nya, lho!

5. Sang Dewi – Lyodra & Andri Rianto 

♬ Sang Dewi – Lyodra Ginting

Nah, lagu TikTok viral Indonesia lainnya datang dari Sang Dewi yang dinyanyikan oleh Lyodra bersama aransemen dari Andri Rianto. Sebenarnya lagu Sang Dewi telah dinyanyikan terlebih dahulu oleh Titi DJ pada 2001 silam. Nah, versi baru yang dibawakan Lyodra ini ternyata turut menuai kepopulerannya. 

Dengan versi aransemen yang lebih megah dan memukau, lagu ini telah dipakai oleh 555,2 ribu pengguna TikTok. Biasanya pengguna TikTok menggunakan lagu ini pada konten-konten yang menyentuh hati. Misalnya konten yang ditujukan untuk orang yang mereka sayang. 

Lagu TikTok yang Viral di Penghujung 2022

1. Original sound – Lucia <3 (mengandung musik Last Christmas – Wham!) 

♬ original sound – lucia <3

Salah satu lagu di penghujung tahun yang mampu menarik perhatian dan dipakai oleh TikTokers seluruh dunia adalah lagu original sound milik @lucia <3 yang mengandung musik dari Wham! dengan judul Last Christmas

Berpapasan dengan momen natal, lagu ini menjadi salah satu lagu yang banyak digunakan oleh orang-orang ketika membagikan momen hangat keluarga mereka di bulan Desember ini. Tak cuma itu, lagu yang berhasil menggaet 3,5 juta pengguna TikTok ini juga dipakai untuk #dancechallenge juga, nih!

2. Suara asli – mia (mengandung musik Bejeweled – Taylor Swift)

♬ original sound – mia

Akhir tahun identik dengan konten recap yang menggambarkan momen paling berkesan selama satu tahun.. Yaps, di tahun 2022 ini sama juga. Lagu TikTok yang jadi andalan untuk melengkapi akhir tahun ini adalah milik Bejeweled milik Taylor Swift. 

Dengan lagu ini, pengguna menampilkan konten-konten recap. Salah satu trend yang menggunakan lagu ini adalah “Best Purchase in 2022”.


Pada akhirnya Lagu TikTok memang membantu banyak para kreator dan influencer untuk memaksimalkan konten mereka. Last but not least, sebagai influencer kamu pun harus peka tren apa yang sedang bergulir dan kreatif untuk menyesuaikannya dengan niche yang kamu miliki adalah kunci kesuksesanmu di platform TikTok. 


Kolaborasikan bersama Influence ID!

Sebagai seorang influencer, satu hal yang tak kalah penting dari pemilihan Lagu TikTok untuk mendukung kesuksesanmu di TikTok adalah dengan bergabung bersama TikTok Influencer Platform, Influence ID! Bersama Influence ID, raih kesempatanmu untuk berkolaborasi dengan bermacam-macam brand. Yuk, daftarkan dirimu sekarang sebagai influencer di Influence ID!