Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Ternyata Segini Harga Endorse Selebgram TikTok! Mau Coba?

30 November 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Siapa yang sudah gak asing dengan endorse selebgram di media sosial? Nampaknya kita semua sudah mengetahui salah satu strategi marketing yang satu ini, ya. Apalagi bagi pengguna TikTok, media sosial yang tengah digandrungi oleh banyak pengguna. Tapi, berapa sih harga endorse selebgram TikTok tersebut?

Buat kamu yang mau memakai jasa selebgram satu ini, wajib banget, nih, baca artikel ini!


Makna Selebgram

Walaupun selebgram berasal dari akronim selebritis dan Instagram, nampaknya kini semua orang sudah memiliki pandangan yang sama. Selebgram bisa diartikan sebagai orang yang memiliki pengikut yang banyak di media sosial. 

Setelah panggilan ini lumrah disebut pada kejayaan Instagram beberapa tahun yang lalu, istilah ini nampaknya masih bisa dipakai dengan mereka yang memiliki banyak pengikut di TikTok. 

Patutkah Mencoba TikTok?

TikTok adalah salah satu media sosial yang populer sekarang ini. Walaupun masih terbilang muda dibandingkan yang lainnya, TikTok dalam beberapa tahun ini mampu memperlihatkan kemasifan dirinya dalam segi pertumbuhan penggunanya. 

Dilansir dari TensorTower, rata-rata  pengguna TikTok di dunia setidaknya menghabiskan lebih dari 1,5 jam per harinya pada kuartal II 2022. Angka ini lebih besar ketimbang YouTube dan Instagram yang hanya menyentuh di angka 74 menit dan 51 menit per harinya. 

Konten promosi brand-mu memiliki peluang untuk dilihat lebih besar dibandingkan dengan media sosial lainnya. Ditambah dengan TikTok saat ini yang mulai melebarkan sayapnya dengan menghadirkan social commerce, TikTok Shop tentunya bisa kamu manfaatkan dalam berpromosi sekaligus berjualan di platform media sosial satu ini. 

3 Faktor yang Penentu Harga Endorse Selebgram TikTok

Gak bisa dipungkiri, pertanyaan pertama yang terlintas sebelum kamu mau memakai cara endorse di TikTok adalah “berapa sih biayanya?”. Yaps, pertanyaan tersebut wajar banget, kok! Tapi, beberapa hal perlu kamu tahu nih, jika harga yang harus dikeluarkan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ini dia di antaranya:

1. Jumlah followers

First of all, tentu jumlah pengikut yang dimiliki oleh sang selebgram pasti mempengaruhi harga mereka. Berikut gambaran tier influencer berdasarkan data Influencer Pricing Benchmark dari Mediatics Digital Indonesia:

  1. Tier 1: 5M+ Followers
  2. Tier  2: 1M – 5M Followers
  3. Tier 3: 500K – 1M Followers
  4. Tier 4: 100K – 500K Followers
  5. Tier 5: 50K – 100K Followers
  6. Tier 6: 10K – 50K Followers

2. Bentuk kerja samanya

Selanjutnya, faktor penentu besaran biaya yang harus dikeluarkan adalah bentuk kerja sama antara selebgram dengan pihak brand atau pengiklan. Setidaknya ada dua bentuk kerja sama yang lazim digunakan saat ini:

a. Paid promote

Jenis kerja sama ini biasanya dilakukan dengan cara selebgram akan memposting konten promosi yang ada dirinya dan produk yang diiklankan pada akun sosial media pribadi milik mereka. Adapun besaran biaya yang akan ditetapkan tergantung dengan berapa lama jangka waktu kegiatan promosi tersebut.

b. Sponsorship

Sedangkan sponsorship merupakan jenis endorse yang lebih besar dan dapat ditukar dengan jasa atau bentuk kerja sama yang lain.  Biasanya dilakukan kepada selebgram dengan jumlah pengikut yang besar seperti selebritis.

Nah, biasanya Sponshorship lebih mematok harga endorse selebgram yang lebih tinggi dibandingkan paid promote.

3. Output hasilnya

Last but not least, output hasil konten tentu menjadi faktor penentu biaya yang harus kamu keluarkan. Ini semua karena proses yang dijalani tiap konten akan berbeda. Apalagi dengan TikTok yang basisnya sendiri video bisa dibedakan dengan durasi video, maupun tipenya. 

Misalnya, konten dengan tipe Unboxing bisa saja lebih murah dibandingkan ketika selebgram harus membuat tipe konten Store Visit. Ini dikarenakan effort konten Store Visit lebih sulit karena harus ada proses pengunjungan di Hari H dan kemudian dilanjut dengan proses pengeditannya konten. 

Baca juga: Ini 3 Tanda Kapan Brandmu Harus Berkolaborasi dengan KOL Platform

Sedikit Gambaran Harga Endorse Selebgram TikTok 

Nah, ini dia beberapa gambaran harga endorse selebgram TikTok. Namun, yang kami bahas kali ini berdasarkan jumlah pengikutnya saja, ya. Karena apabila menelisiknya dari bentuk kerja sama dan output hasilnya tentu akan ada penyesuaian antara influencer dan brand. 

Berikut adalah Average Price Per Post untuk kategori Video Post di TikTok berdasarkan data Influencer Pricing Benchmark dari Mediatics Digital Indonesia:

  1. Tier 1 dengan 5M+ Followers adalah Rp 34,500,000
  2. Tier  2 dengan 1M – 5M Followers adalah Rp 20,750,000
  3. Tier 3 dengan 500K – 1M Followers adalah Rp 11,750,000
  4. Tier 4 dengan 100K – 500K Followers adalah Rp 7,000,000
  5. Tier 5 dengan 50K – 100K Followers adalah Rp 3,750,000
  6. Tier 6 dengan 10K – 50K Followers adalah Rp 2,500,000

Pilih Selebgram Terbaik di Influence ID!

Gimana? Makin tertarik setelah tahu penjelasan harga endorse selebgram TikTok di atas? Jangan lupa memilih selebgram-nya hanya di Influence ID, ya! Sebagai salah satu Influencer Platform terlengkap di Indonesia, kamu bisa memilihnya sesuai dengan jenis kelamin, tier, hingga niche kontennya

Yuk, daftarkan dirimu sekarang sebagai pengiklan dan temukan selebgram sesuai kebutuhanmu!