Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Ini 3 Tanda Kapan Brandmu Harus Berkolaborasi dengan KOL Platform!

30 September 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Pernahkah kamu mendengar KOL platform? Sejatinya persaingan antar bisnis yang semakin ketat, baik dari sisi memenangkan hati calon pembeli hingga banyaknya usaha yang sejenis adalah dua dari banyaknya contoh konkrit yang ada. Tentu bisnismu pun dituntut harus adaptif mengikuti perkembangan zaman, mungkin salah satunya dengan menggunakan KOL  atau orang yang mampu mempengaruhi audiensmu. 

Tapi, kenapa harus pakai KOL, ya? Dan kapan waktu yang tepat untuk bisnis ketika hendak bekerja sama dengan KOL platform? 

Baca selengkapnya hanya di sini!


Kenapa Harus KOL?

KOL atau (Key Opinion Leader) merupakan sebutan bagi orang yang memiliki keahlian dalam niche tertentu. KOL ini bisa datang dari berbagai profesi, ada musisi, politikus, psikolog, atau mungkin seorang fashion enthusiast

Dengan pengetahuan yang dimilikinya, seorang KOL pendapatnya akan lebih didengar dan dipercaya. Misalnya, seorang chef dapat lebih dipercaya audiens ketika mengeluarkan pendapatnya tentang seputar kuliner dibandingkan dengan orang yang tidak. 

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengulik peran-peran KOL dalam digital marketing di sini, ya!

KOL Platform Hadirkan Kemudahan Kolaborasi

Nah, di antara banyaknya KOL yang berseliweran saat ini, sosok mana sih yang harus saya ajak bekerja sama? Kalau kamu bingung dan punya pertanyaan tersebut, itu tandanya bisnismu harus berkolaborasi dengan KOL platform! 

KOL platform sendiri merupakan tempat di mana kamu bisa menemukan kemudahan dalam bekerja sama dengan KOL. Bisa dibilang KOL platform ini sebagai jembatan di antara bisnismu dengan KOL.

3 Tanda Kapan Bisnismu Harus Berkolaborasi dengan KOL Platform

1. Kurang orang yang ahli dalam bidangnya

Tanda pertama ini dapat  umum terjadi apabila brand milikmu belum besar maupun kamu baru pertama kali menggunakan jasa KOL untuk bekerja sama. Dengan KOL platform kamu tak perlu bingung harus memulainya dari mana. Kamu dapat mudah mendaftar dengan KOL platform tersebut. 

Tak sampai situ, kamu tak perlu khawatir mengurus bagaimana cara mengurus kerjasamanya! Di sinilah peran KOL platform. Kamu tak perlu repot-repot menghubungi mereka satu per satu lewat Direct Message maupun contact person

Biasanya mereka telah terintegrasi kepada satu sistem dan dashboard yang menampilkan banyaknya KOL yang ada di seluruh Indonesia beserta informasi terkait profil dari sang KOL. 

Lebih lengkapnya lagi, beberapa KOL platform pun menyediakan orang-orang yang menghandle produksi konten iklanmu. Misalnya, kamu memiliki pesan yang ingin disampaikan dalam promosi oleh KOL, KOL platform bisa memberikan brief lengkapnya kepada KOL. 

2. Perkembangan brand stagnant

Bisnismu sudah beberapa tahun hadir, namun masihlah belum menghasilkan penjualan yang signifikan. Ternyata setelah ditelaah lebih lanjut, kamu masih menggunakan cara promosi yang lama. Ini saatnya kamu berubah!

Penggunaan KOL di zaman sekarang yang serba online  bisa dikatakan menjadi salah satu strategi yang menguntungkan. Walaupun pada awalnya bisnismu belum memiliki lonjakan penjualan, setidaknya brand mu bisa dikenal orang lebih luas. Ingat, perkembangan bukan melulu tentang penjualan, yaa!

3. Ingin melebarkan segmen pasar

Tentu, tanda terakhir yang harus kamu jadikan pertimbangan ketika ingin bekerjasama dengan influencer maupun KOL bersama KOL platform adalah saat bisnismu ingin menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan melakukan promosi bersama KOL, tentu secara gak langsung kamu telah menjangkau audiens baru dari sang KOL. Belum lagi loyalitas yang dimiliki oleh pengikutnya membuat strategi promosi ini mendatangkan banyak brand awareness bagi bisnismu. 

Baca juga: Agency Influencer Marketing, Solusi Untuk Promosi Bisnismu


Kolaborasi bersama KOL PLatform, Influence ID!

Influence ID merupakan influencer juga KOL platform yang terpercaya di Indonesia. Influence ID telah bekerja sama dengan lebih 120 ribuan influencer maupun KOL dan lebih dari 2000 bisnis telah percaya kepada kamu. Mulai campaign KOL marketing-mu bersama Influence ID sekarang juga!