Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

KOL Marketing Platform Mudahkan Kolaborasi antara KOL dengan Brand-mu!

27 July 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Strategi pemasaran menggunakan KOL hampir digunakan oleh semua brand. Seiring dengan tingginya kerja sama tersebut, muncul KOL marketing platform yang hadir untuk memudahkan kolaborasi antara brand dengan KOL. 

Apa kamu jadi bagian yang tertarik untuk bekerja sama dengan KOL lewat KOL marketing platform? Cari tahu seluk beluknya di sini dulu, yuk!


Kenalan dengan KOL Marketing

Kita mungkin sudah gak asing sama istilah KOL (key opinion leader), yakni orang dengan keahlian khusus di bidang tertentu yang berseliweran di social media seperti YouTube, Twitter, dan Instagram. 

Sebut saja Ko David Gadgetin yang terkenal punya pengetahuan yang mumpuni dalam bidang teknologi, khususnya di gadget smartphone dan laptop. Karena ketenaran dan keahlian yang dimilikinya, konten rekomendasi atau ulasan dari Ko David sering dijadikan parameter seseorang ketika mereka membeli gadget baru. 

Kini Ko David gak cuma nge-review barang yang ia beli sendiri dan miliki dari pribadi saja. Sudah banyak brand elektronik yang melakukan kerja sama dengannya untuk mengulas keunggulan produk secara jujur dan gamblang dari ahlinya. Nah, kegiatan ini mudahnya dikatakan KOL marketing.

Untuk lebih jelasnya, KOL marketing adalah suatu kegiatan dalam strategi pemasaran yang memakai seorang figur penting dengan keahlian khusus untuk bekerjasama agar brand/produk memiliki kepercayaan dari sisi konsumen.

Fungsi KOL Marketing

Setelah menyebutkannya secara sepintas di atas, mari kita bahas satu per satu fungsi dari KOL marketing:

1. Bantu promosi

Yaps, fungsi yang pertama memang bukan lain untuk mempromosikan produk atau jasa dari sebuah brand. Penggunaan KOL marketing sangat membantu brand baru ketika akan memperkenalkan produk atau jasa mereka ke khalayak ramai. 

Ketika kamu memakai KOL marketing melalui seseorang, tentu secara gak langsung pengikut dari figur tersebut akan terpapar iklan milikmu. Nah, mereka yang secara langsung maupun gak langsung tertarik dengan iklan tersebut akan mencari tahu lebih lanjut produkmu. 

2. Bangun kepercayaan brand

Penggunaan KOL marketing gak cuma sekedar promosi saja. Khususnya bagi brand yang sudah lama melalui cara ini dapat membantu kepercayaan konsumen pada produk milik mereka. Ini dikarenakan, penggunaan KOL yang memiliki ahli dalam bidang tertentu membuat orang-orang akan lebih percaya atas promosi yang dilakukan.

Misalnya bagi brand makanan yang mempercayakan promosi mereka dilakukan oleh para chef, dengan begini meningkatkan kepercayaan kalau brand tersebut memang berkualitas dan benar-benar enak. Ini akan berbeda jika para brand makanan tersebut menggunakan influencer yang gak punya keahlian atau pengetahuan mengenai olahan makanan. Orang bakal lebih percaya jika pendapat tersebut dikeluarkan langsung dari ahlinya.

3. Segmented target

KOL punya niche tersendiri. Pengikutnya berasal dari mereka yang memang suka dan mengikuti perkembangan dari topik tertentu. Dengan begini, promosi yang kamu sampaikan akan tepat pada target yang kamu tuju. So, pesan promosi mu gak bakalan salah sasaran. 

4. Tingkatkan penjualan

Tentu pada output akhir yang diinginkan dengan menggunakan KOL marketing ialah meningkatkan penjualan. Karena balik lagi, KOL punya tugas untuk mempengaruhi orang. Ketika KOL sudah memperkenalkan produkmu kepada pengikutnya, kemudian pengikutnya tahu akan keberadaan brandmu, tentu hal ini membuat banyak konsumen baru mengetahui produkmu. Setelah kepercayaan konsumen pada brand terbangun dan orang itu membeli, tentu ini akan diikuti oleh meningkatnya penjualan produkmu.

Baca juga: Ketahui 4 Peran KOL dalam Digital Marketing di Sini!

KOL Marketing Platform Mudahkan Kolaborasi antara Brand dengan KOL

Mencari KOL yang tepat untuk bekerjasama dengan brandmu bukanlah hal yang sulit. Kehadiran KOL marketing platform bisa membantumu. Mudahnya, KOL marketing platform dapat diartikan sebagainya tempat bertemunya brand (pihak mencari jasa KOL) dengan KOL (pihak yang menawarkan jasanya) melalui satu tempat.

Pada KOL marketing platform, nantinya akan hadir dua dashboard sesuai peruntukannya. Untuk brand yang mau bekerjasama dengan KOL, di sana mereka bisa melihat deretan KOL beserta profil pribadi sang KOL, mulai dari kategorinya, engagement rate-nya, hingga penawaran harga dari sang KOL. Pokoknya brand bisa bebas memilih KOL sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Sedangkan untuk KOL, nantinya mereka akan tau brand mana yang sedang mencari KOL, mereka bisa melakukan penawaran kerjasama. 

Kenalan dengan Influence ID, KOL Marketing Platform Terpercaya

Influence ID, adalah salah satu KOL marketing platform yang sudah terpercaya di Indonesia. Ini bisa dilihat dari banyaknya brand dan influencer yang telah bekerjasama dengannya. Setidaknya sudah ada lebih dari 2000 brand, dan kurang lebih 120rb influencer telah bergabung bersama Influence ID. 

Influence ID memiliki 2 layanan yang terdiri dari Influence ID untuk influencer/KOL dan Influence ID untuk brand. Oh ya, untuk memudahkan aksesnya, Influence ID bisa diakses oleh KOL melalui aplikasi. Kamu bisa mengunduhnya di App Store dan juga Play Store. Sedangkan untuk brand, kamu bisa mengaksesnya di website resmi Influence ID. 

Keunggulan Influence ID untuk Brand yang Mau Pakai KOL

Sejatinya, Influence ID sendiri memiliki 2 layanan tersendiri bagi brand yang mau memakai jasa KOL yang disesuaikan dengan tujuannya. Nah, mari kita bahas satu per satu.

1. Self-Service

Yaps, ini merupakan layanan yang harus kamu pilih jika kamu mau mencari KOL yang tepat untuk bekerjasama. Kamu bisa mencari KOL mana yang sesuai dengan kebutuhan brand-mu lewat fitur Influence ID Card. 

Nantinya di bagian ini kamu bisa melihat jumlah followers, engagement rate, hingga ulasan-ulasan dari brand yang pernah bekerjasama dengan influencer tersebut. Ini akan memudahkan kamu mencari KOL mana yang tepat sesuai dengan track record mereka. 

Melalui layanan ini, brand-mu secara gak langsung memangkas proses penawaran yang panjang ketika akan bekerjasama dengan KOL. Misalnya, kamu gak perlu memulai proses awal seperti meminta rate card kepada KOL, atau hingga proses akhir yang berurusan dengan pembayaran. Karena semua tugas tersebut akan di-handle oleh kami, sehingga kerja sama yang kamu lakukan dengan brand akan menjadi efisien. So, no no ribet deh!

2. Managed Campaign

Brand kamu punya campaign marketing khusus guna mencapai tujuan tertentu? Tenang! KOL marketing platform kami juga bisa membantu. Mulai dari riset dan strategi campaign apa yang akan dilakukan, pengemasan konten hingga delivery dan monitoring pun juga bagian dari kami. 

Tentu, gak bakalan cuma sampai situ aja. Untuk menilai apakah campaign yang telah kita lakukan berjalan sukses atau tidak, kami akan mengumpulkan insight dari konten yang telah KOL jalankan untuk kemudian kami analisis. Sehingga ke depannya, kamu bisa tahu strategi seperti apa yang bisa dijalankan kembali. 


Sudah saatnya lakukan kolaborasikan brand dengan KOL-mu secara profesional melalui Influence ID, KOL marketing platform terpercaya di Indonesia. Daftarkan brand mu di Influence ID dan rasakan perkembangan bisnismu sekarang juga!