Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Wajib Coba, Fitur Baru Instagram Dual Camera Bisa Maksimalkan Kontenmu!

27 October 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Jika dilihat dalam beberapa tahun ke belakang, Instagram memanglah menjadi salah satu platform media sosial favorit banyak orang. Hampir dikatakan, semua orang bisa bebas membagikan foto, video, teks melalui caption, hingga story perihal kehidupan sehari-hari mereka. Demi membuat para penggunanya betah, Instagram terus memperbarui fitur-fitur mereka. Teranyar ada Instagram Dual Camera yang berikan experience berbeda bagi pengguna setia. 

Yuk, simak bagaimana cara memakai fitur tersebut!


Pembaruan Instagram di Tahun 2022

Seakan ingin mengulang kesuksesan platform media sosial sebelah TikTok, platform Instagram di tahun 2022 ini mengalami banyak pembaruan fitur. Tentu yang menjadi alasan utamanya adalah Instagram ingin mengembangkan fitur-fitur yang mendukung pembuatan video yang ciamik. Melihat tren konten video pendek lebih disukai saat ini. 

Beberapa pembaruan pernah Instagram lakukan untuk mendukung kreator menghasilkan konten video yang maksimal, baik dalam Reels, maupun Story. Beberapa di antaranya adalah:

1. 90 Second Reels

Adam Mosseri, Head of Instagram bulan Juni lalu mengumumkan fitur-fitur yang amat membantu para kreator. Jika tahun sebelumnya, kreator hanya bisa mengupload video di Reels dengan durasi 60 detik, kini mereka mengubahnya menjadi 90 detik. Tentu ini membantu kreator jika membuat konten yang berisi informasi yang heavy. Jadi video yang ada tidaklah terasa terburu-buru. 

2. Interactive Sticker in Reels

Masih dengan bersamaan pembaruan durasi Reels, Instagram juga mengeluarkan fitur yang bisa menghadirkan Interactive Stiker pada Reels sama halnya dengan yang ada di Story. Tentu salah satu tujuannya adalah untuk menghubungkan satu pengguna dengan pengguna lainnya melalui Polling Sticker, Quiz Sticker, dan Emoji.

3. Reels Templates

Terakhir, Instagram menghadirkan Templates pada Reels untuk memudahkan kreator yang ingin membuat video namun dengan cara yang mudah. Kreator tak perlu mengeditnya susah-susah dengan aplikasi di luar Instagram. Tinggal menuju ke bagian Reels, dan tap icon Camera dan Browse Templates untuk mencari template yang kamu mau. Bisa juga kamu tinggal tap icon “Use Template” pada video Reels milik orang lain lewat.

Kenalan dengan Instagram Dual Camera

Instagram Dual Camera merupakan fitur kamera ganda pada Instagram Story yang memungkinkan kamu untuk menangkap momen melalui kamera belakang dan memperlihatkan reaksi muka kamu melalui kamera depan di waktu yang bersamaan. Fitur ini sangat berguna untuk kamu ketika menangkap momen yang benar-benar spesial. 

Misalnya jika kamu seorang influencer yang sedang melakukan konten “unboxing time”, kamu bisa mereka secara detail dari packaging sekaligus memperlihatkan reaksi wajahmu ketika membukanya. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghadirkan momen antusias dan mendebarkan yang kamu lewati kepada pengikutmu. 

Cara Memakai Instagram Dual Camera

  1. Buka akun Instagram milikmu, lalu segera menuju ke Instagram Story
  2. Tap icon Camera yang bertuliskan “Dual”
  3. Nanti akan muncul tampilan kamera belakangmu dan ada kotak persegi panjang  yang menghadirkan preview kamera depanmu. 
  4. Terakhir, rekam dan ambil momennya!

Mudah, kan? Namun, satu yang perlu dicatat, fitur ini masihlah belum bisa digunakan pada semua handphone, ya! Pastikan smartphone milikmu sudah mendukung fitur ini sebelum mengeksekusi kontennya.


Kolaborasi Bareng Influence ID

Gimana? Fitur Instagram Dual Camera ini patut kamu coba sebagai influencer. Siapa tau membagikan konten dengan cara baru ini bisa meningkatkan engagement profilmu dengan pengikut setiamu. 

Oh iya, untuk meningkatkan kerja sama mu dengan pihak lainnya, jangan lupa bergabung dengan Influencer Platform dari Influence ID, ya! Yuk, daftar dan unduh aplikasi Influencer melalui Play Store maupun App Store!