Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Kenalan dengan YouTube Shorts, Fitur Video Pendek yang Bisa Datangkan Cuan

15 November 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Tren kemunculan video dengan durasi singkat dalam beberapa tahun belakang bisa dibilang masif. Hampir semua orang menyukainya. Menelisik kesuksesan TikTok, social media platform lainnya turut menghadirkan fitur video dengan durasi pendek yang sama. Nah, gak ketinggalan juga YouTube dengan YouTube Shorts. 

Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu dengan salah satu fitur video pendek yang dimiliki YouTube ini. 

Kamu seorang influencer yang memang tergiur untuk cari cuan di YouTube Shorts? 

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai satu fitur dari YouTube ini!


Kenalan dengan YouTube Shorts

YouTube Shorts adalah konten video vertikal dengan durasi pendek yang dapat dibuat dengan smartphone dan diunggah ke YouTube. Fitur baru ini berdurasi dari 15 detik hingga 60 detik. Penonton bisa membagikan, mengomentari, menyukai, tidak menyukai, hingga subscribe ketika mereka menonton video milikmu.

Sebagai creators kamu bisa mengeditnya secara langsung melalui berbagai tools bawaan yang ada di YouTube itu sendiri. Mulai dari merekam, mengedit, menambahkan sound, memasukkan teks, dan lainnya bisa dilakukan dengan mudah di sana.

Penonto bisa mencari video ini di tab khusus “YouTube Shorts” yang ada di sebelah kiri situs website YouTube maupun di bagian bawah layar pada aplikasi seluler. 

Selain itu, penonton juga bisa menemukan video milikmu ketika mereka sedang ngescroll beranda YouTube di aplikasi. Ditambah penonton juga bisa menonton YouTube Shorts ketika mereka sedang menonton video YouTube biasa. Nantinya video akan berhenti sementara ketika mereka mengklik YouTube Shorts, dan video kembali dilanjutkan secara otomatis ketika YouTube Shorts tertutup.

Kenapa Harus YouTube Shorts?

Sebagai influencer yang berkecimpung di YouTube maupun kamu yang baru mulai coba, YouTube Shorts bisa mendatangkan manfaat untuk channel-mu, lho

Ini dia penjelasannya:

1. Mendatangkan viewer dan subscriber 

Konten YouTube Shorts yang diupload secara konsisten  bisa mendatangkan view atau bahkan subscriber yang banyak. Ini dikarenakan sistem search engine yang ada pada YouTube itu sendiri. 

Sedikit tips agar ini bisa bekerja di konten video mu, jangan lupa tuliskan keyword yang relevan dan evergreen, ya!

2. Menjangkau audiens yang lebih luas

Di aplikasi YouTube sendiri video Shorts mu akan muncul di home secara random. Jadi ketika penonton sedang menonton video yang serupa dan YouTube Shorts-mu muncul, kemungkinan besar penonton akan mengklik videomu. 

Nah, setelah dia menonton video mu yang pertama dan langsung tertarik, tentu mereka akan mengulik profilmu lewat video mu satu per satu. Bahkan, mereka bisa jadi penonton setia video-videomu dengan men-subscribers channel mu kan? 

3. Punya fitur unggulan

Alasan ketiga ini lebih mengarah pada fitur-fitur yang menjadikan YouTube Shorts unik. 

Pertama, fitur Content Library yang diciptakan developer YouTube & dapat berguna memunculkan kembali videomu walaupun sudah lama di-upload. 

Selanjutnya, YouTube Short banyak bekerja sama dengan pelaku pekerja musik, seperti label musik Sony atau Universal. Lagu-lagu yang ada di sana cukup lengkap. Dengan begitu, kamu gak akan kesusahan ketika mencari audio yang pas untuk dipakai nantinya pada videomu. 

YouTube Shorts Bisa Dimonetisasi di Tahun 2023! 

Walaupun YouTube Shorts bisa dibilang berumur lebih muda ketimbang platform media sosial penyedia konten video lainnya seperti TikTok maupun Instagram Reels, namun fitur video singkat dari YouTube ini bisa dipilih untuk mendapatkan cuan juga, lho!

Di awal kehadirannya, memang video yang ada di YouTube ini masih belum bisa dimonetisasi, tapi kamu gak perlu khawatir! Pasalnya, kabar baik datang untuk para pelaku kreatif yang berkecimpung di YouTube Shorts di awal bulan November ini. Tahun 2023 kreator maupun influencer akan bisa menghasilkan uang dari platform ini. 

Dirangkum dari berbagai pemberitaan, kamu bisa mendapatkan cuan dari langkah ini apabila kamu memenuhi suara untuk menjadi “Partner Program”. Ini artinya hasil untung yang kamu dapatkan berasal dari pendapatan iklan dari YouTube. 

Untuk bergabung menjadi “Partner Program”, kamu perlu memiliki setidaknya 10 juta penayangan selama 90 hari sebelumnya. Nah, jika sudah tergabung, kamu as a creator akan memperoleh 45% pendapatan iklan dari video milikmu.

Wah menggiurkan, kan?

Gimana sih cara buat YouTube Shorts?

Nah, sekarang kita ke bagian terpenting, yuk! Di bagian ini kami akan memberitahu kamu gimana caranya membuat YouTube Shorts. Ikuti step by step, ya!

  1. First of all, pastikan kamu memiliki akun YouTube dan aplikasi YouTube di smartphone-mu, ya!
  2. Selanjutnya tekan ikon plus (+), lalu pilih “Buat video Short”
  3. Adapun pilihan durasi ketika merekamnya, kamu bisa memilih 15 second untuk video berdurasi 15 detik maupun 60 second untuk video berdurasi 60 detik. Kemudian tekan tombol merahnya dan tahan sampai durasi yang kamu mau. Lepas untuk menghentikan perekaman. 
  4. Gak perlu khawatir dengan hasil yang belum maksimal! Kamu bisa klik “Urungkan” untuk menghapus klip yang direkam sebelumnya, atau klik “Ulangi” untuk menambahkannya kembali.
  5. Setelah video selesai direkam kamu bisa mencari fitur-fitur untuk mempercantik video milikmu dengan musik, teks, ataupun filter.
  6. Jika semua sudah oke, klik “Selesai” untuk melihat preview video YouTube Shortsmu. 
  7. Kamu bisa menekan “Kembali” untuk melakukan perekaman ulang atau menyimpan videonya sebagai draf.
  8. Nah, kalau pengeditan video sudah selesai, klik “Berikutnya” untuk menambahkan detail pada video milikmu. Kamu bisa memasukkan judul dengan maksimal 100 karakter, ya! Sedikit mengingatkan kembali jangan lupa masukkan keyword yang relevan dengan konten yang tengah kamu buat untuk menggaet banyak penonton. Oh iya, di bagian ini kamu bisa pula menyetel video ke publik, pribadi, dan tidak publik.
  9. Terakhir, klik “Upload video shorts” dan YouTube Shorts mu sudah terpublikasikan!

Pada akhirnya konsistensi tetap dibutuhkan ketika berkecimpung di dunia kreator, khususnya untuk kamu yang memilih sebagai influencer. Walaupun semuanya memang terlihat mudah, bukan berarti kamu cepat puas dan bosan. 

Tentu semua ada proses terus menerus yang panjang hingga video yang “baik” bisa kamu dapatkan. 

So, jangan pernah capek untuk mencoba, ya!


Perluas Kesempatan Jadi Influencer dengan Influence ID

Oh iya, penjelasan YouTube Shorts di atas memang penting, tapi ada yang gak kalah penting untuk mendukung kesempatan mencari peluang kolaborasi mu dengan brand sebagai influencer, lho! Kamu bisa bergabung dengan Influence ID, aplikasi influencer terpercaya di Indonesia!

Baca juga: Lebih Mudah, Ini Aplikasi Influencer untuk Kerjasama dengan Brand

Dengan lebih 2000 pemilik usaha baik UMKM hingga brand besar yang telah bekerja sama dengan Influence ID, tentu kesempatan profilmu untuk diajak berkolaborasi akan lebih besar.

Tunggu apa lagi? Daftarkan dirimu sekarang dan dapatkan kesempatan dapatkan cuan yang lebih banyak #LewatInfluenceID aja!