Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

10 Ide Kolaborasi Konten dengan Para KOL (Key Opinion Leader)

30 April 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Berkolaborasi dengan KOL (Key Opinion Leader) merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan saat melakukan influencer marketing. Salah satu alasannya karena cara ini dinilai efektif untuk menjalankan campaign brand dan melakukan promosi.

Namun, ternyata untuk membuat promosi menjadi menarik dibutuhkan juga cara yang tepat agar kolaborasi dengan KOL dapat berjalan dengan baik. Kira-kira apa bagaimana caranya?

Berikut ini kami akan memberikan ide konten yang efektif digunakan untuk berkolaborasi dengan para KOL. Simak pembahasannya di bawah ini, ya!

1. Platform Takeover

Jika objektifmu ingin meningkatkan brand awareness, platform takeover dapat digunakan sebagai salah satu ide kolaborasi dengan KOL.

Platform takeover ini biasanya umum dilakukan dengan KOL mengambil alih social media dari brand tersebut selama satu hari. Misalnya, melalui Instagram Story maupun platform media sosial lainnya.

Agar lebih efektif, kamu juga bisa bekerjasama dengan lebih dari satu KOL supaya dapat menjangkau lebih banyak audiens lagi. Hal ini tidak lepas dari para pengikut KOL tersebut yang pada akhirnya tertarik untuk ikut menyimak platform milik brand-mu.

2. Creative Challenge

kol (key opinion leader)

Ide lainnya yang bisa kamu gunakan untuk berkolaborasi dengan KOL atau Key Opinion Leader adalah dengan melakukan creative challenge.

Di sini kamu bisa bekerjasama dengan KOL untuk mempublikasikan creative challenge yang juga bisa diikuti oleh para followers-nya. Dengan begitu, audiens akan merasa memiliki kesempatan untuk turut andil dan brand-mu akan dikenal lebih jauh lagi, bahkan oleh audiens baru.

Pastikan kamu memilih KOL dengan persona baik agar dapat mengajak followers-nya untuk ikut berpartisipasi. Jangan lupa untuk memberikan challenge yang masuk akal dan dapat diikuti oleh banyak kalangan, ya!

3. Emotional Storytelling

kol (key opinion leader)

Sudah bukan rahasia lagi jika cerita emosional dapat menarik hati banyak orang. Khususnya dengan target audiens yang memang terbukti menyukai konten inspirasional. Untuk itu, brand-mu harus mencobanya dengan influencer yang sedang bekerjasama.

Pastikan untuk tidak menyediakan konten yang terlalu gimmicky supaya tetap berbobot. Sebagai contoh, kamu memiliki brand yang mempunyai produk pinjaman untuk para pengusaha kecil menengah. 

Di sini kamu bisa bekerjasama dengan influencer yang merupakan pengusaha start-up dan mengangkat cerita dibalik proses struggling mereka hingga akhirnya berdiri seperti sekarang. Dengan begitu kamu bisa menyentuh banyak hati audiens untuk ikut terinspirasi.

4. How To

Konten how to atau tips juga merupakan salah satu ide kolaborasi dengan KOL yang menarik namun cukup mudah dilakukan. Mengapa demikian?

Biasanya audiens menyukai konten yang dapat membantu mereka dalam melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dengan how to, di sini kamu bisa memberikan tips sederhana untuk kegiatan sehari-hari yang relevan dengan brand-mu melalui komunikasi KOL.

Selain itu, konten how to juga dapat lebih mudah untuk ditemukan audiens saat mencarinya lewat mesin pencari atau search engine dengan menyertakan kata kunci tertentu. Sehingga keberadaan brand-mu juga akan semakin mudah untuk muncul sebagai solusi.

5. Guides & Review dari KOL (Key Opinion Leader)

Sudah bukan rahasia lagi jika panduan dan juga ulasan merupakan konten yang tidak kalah menarik untuk dilakukan. Salah satu alasannya pun karena konten ini juga dapat membantu audiens dalam membuat sebuah keputusan.

Misalnya ketika ingin membeli produk, jika ada ulasan atau panduan penggunaan yang dilakukan oleh KOL pastinya akan lebih meyakinkan bagi audiensmu. Itu sebabnya hal ini dinilai lebih efektif jika ingin meningkatkan brand building pada bisnismu.

6. Cross Promotion

kol (key opinion leader)

Cross promotion juga merupakan salah satu ide kolaborasi konten dengan KOL yang efektif digunakan. Di sini kamu sebagai brand akan mendapatkan peluang lebih besar lagi untuk menjangkau audiens baru, karena promosi yang dilakukan pada platform media sosial dari masing-masing pihak.

Supaya menarik lebih banyak audiens, kamu bisa membuat konsep yang menarik bersama KOL-mu untuk saling melakukan promosi. Dengan kerjasama yang baik, bukan tidak mungkin jika audiens akan menyukai konten cross promotion-mu.

7. Guest Posting

Jika kamu bekerjasama dengan KOL yang merupakan blogger, kamu bisa memanfaatkan guest posting sebagai salah satu ide kolaborasi kontennya. Terlebih jika KOL-mu memang berkemampuan menulis, merupakan ide cemerlang untuk berkolaborasi lewat cara ini.

Untuk melakukannya, kamu bisa memposting konten di website-mu. Jika KOL-mu juga memiliki blog, kamu juga bisa melakukan posting konten di blog mereka. Cara ini dinilai efektif jika kamu ingin meningkatkan brand awareness dengan kerjasama melalui guest posting dengan KOL-mu.

8. Podcast

kol (key opinion leader)

Akhir-akhir ini podcast menjadi salah satu jenis konten yang banyak digandrungi masyarakat di dunia digital. Munculnya tren ini tidak lepas dari hadirnya beberapa platform untuk mendengarkan audio seperti Spotify atau Noice. Disamping itu, banyak juga brand yang mulai membuatnya agar lebih dekat lagi dengan audiens.

Melihat kesempatan ini, kamu dan brand-mu juga bisa berkolaborasi dalam sebuah podcast. Hal ini dinilai efektif jika kamu ingin membangun kepercayaan lebih atau loyalitas dengan audiens.

Perlu diingat, untuk memulainya tidak perlu dari platform khusus podcast, tetapi bisa juga dilakukan melalui media sosal, salah satunya YouTube.

Pastikan kamu dan juga KOL dapat membuat komunikasi yang berkesinambungan dan enak didengar supaya lebih mudah lagi untuk terhubung dengan audiens.

9. Product Placement

Product placement  merupakan salah satu ide kolaborasi yang telah banyak dilakukan oleh brand dengan KOL. Strategi ini cocok digunakan jika kamu ingin menjangkau audiens yang lebih luas, bahkan meningkatkan penjualan.

Untuk melakukan strategi ini, kamu bisa bekerjasama dengan KOL yang memang memiliki banyak pengikut dan dikenal aktif pada akun media sosialnya, misalnya YouTube.

Pada suatu episode kamu bisa menyertakan produkmu untuk mereka pakai saat melakukan kegiatan sehari-hari. Jika persona KOL memang menarik, maka akan banyak audiens dari KOL tersebut yang ikut terdorong untuk memakainya.

10. Branded Content

Salah satu ide kolaborasi yang tidak kalah berpeluang adalah dengan konten berbayar. Melihat kesempatan ini, kamu bisa berkolaborasi dengan KOL untuk membuat branded content.

Branded content yang dimaksud di sini adalah konten tulisan, bisa berupa artikel atau press release. Perlu diingat, walaupun kamu bisa membicarakan topik yang sedang hangat, inisghtful, namun tetap menghibur dan menyegarkan.

Untuk itu, utamakan mencari topik yang dapat membuka wawasan supaya tidak membangun opini audiens, baik kepada brand-mu maupun KOL itu sendiri.

_______________________________________________________________________________

Mulai Kolaborasi dengan Influence ID

Itulah beberapa ide kolaborasi dengan KOL (Key Opinion Leader) yang bisa kamu coba. 

Masih belum menemukan influencer yang tepat? Kamu bisa mengandalkan Influence ID sebagai solusinya. Melalui platform influencer Indonesia ini kamu dapat menemukan influencer yang sesuai kebutuhan dengan mudah.

Cukup kunjungu platform Influence ID dan ikuti alur registrasinya, kamu akan merasakan kemudahan dalam bekerjasma dengan influencer. Yuk, daftarkan bisnismu dan mulai promosi #LewatInfluenceID!

Baca juga: 5 Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Brand-mu