Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

3 Alasan Kenapa Influencer Harus Ngikutin Trend TikTok!

29 October 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

TikTok sebagai salah satu media sosial yang berkembang dengan masif saat ini secara gak langsung mempengaruhi perilaku kita sebagai penggunanya. Hayo ngaku! Siapa sih sekarang yang gak ngomongin trend TikTok yang berseliweran sekarang ini? Walaupun tiap pengguna punya algoritma FYP (for you page)-nya tersendiri, pasti seenggaknya ada aja satu trend yang muncul berbarengan.

Ternyata ngikutin atau malah masuk ke dalam pusaran trend tersebut ada gunanya juga, lho! Khususnya buat kamu seorang  influencer maupun kreator. 

Yuk, check it out!


Apa sih Trend TikTok itu?

Mudahnya, tren tiktok bisa diartikan sebagai kumpulan video pendek viral yang memakai fitur-fitur populer, seperti: efek, sound, challenge, maupun  hashtag. Trend ini bisa berubah dalam rentang waktu tertentu. Bahkan tiap harinya, kita sebagai pengguna bisa terpapar lebih dari satu trend. Nah, variasi inilah yang membuat para penggunanya betah. Apalagi ketika mereka mencari hiburan. 

Fenomena Trend Tiktok Dalgona Coffee yang Memorable

TikTok sebagai platform media sosial memang muncul sudah lama, tepatnya pada September 2016. Tapi gak bisa dipungkiri awal mula masifnya penggunaan TikTok ialah saat Pandemi COVID-19 muncul pada akhir tahun 2019 secara global dan pada awal tahun 2020 di Indonesia.  Masih ingat dalam ingatan kita, saat itu semua kegiatan manusia terbatas. Dan hanya media sosial-lah yang menemani waktu luang sehari-hari. 

Salah satu Trend TikTok yang memorable hingga seluruh dunia adalah Dalgona Coffee! Racikan kopi yang dikocok dan dituangkan ke dalam campuran susu dengan es batu ini bermula dari acara TV korea pada bulan Januari. Nah, sejak saat itulah resep dan tutorial kopi tersebar mulai dari YouTube hingga ke TikTok. Pada TikTok sendiri hastag #dalgonacoffee hingga kini mampu menyentuh angka 703.0 juta tayangan, lho! Gak pernah terbayangkan bermula dari video singkat dari beberapa orang bisa tersebar hingga ke seluruh belahan dunia. 

Kenapa Influencer Harus Melek dengan Trend Tiktok?

Semakin banyaknya pengguna TikTok yang ada hingga kini turut menghadirkan profesi baru, yakni TikTok Influencer. Seorang TikTok Influencer, gak bisa dipungkiri harus masuk maupun mengikuti perkembangan trend TikTok yang berlangsung. Ini dia beberapa alasannya:

1. Kasih ide buat ngonten

Pertama, dengan adanya trend TikTok yang berseliweran setiap hari di linimasa tentu bisa menghadirkan ide-ide yang segar di tiap harinya. Nah, buat kamu TikTok Influencer, bisa banget nih membuat konten dan meramaikan trend yang ada.

Tapi, satu yang juga penting kamu tetap harus memilah mana tren-tren yang sesuai dengan value dan persona-mu ya! Jangan lupa juga sisipkan personamu di tiap konten yang kamu buat. Jadi walaupun ide yang ada berasal dari trend, kamu tetap bisa menonjolkan uniqueness dirimu! So, semua pilihan untuk mengikuti trend yang mana tetap ada di tanganmu. 

2. Bisa ngasih engagement yang tinggi

Dengan masuknya dirimu ke dalam ramainya trend yang sedang berlangsung tentu membuat besarnya kesempatan akunmu untuk dilihat, diberi like, komentar, hingga share oleh banyak orang. Nah, tentu engagement rate dari akunmu akan meningkat.

3. Peluang kontenmu dilirik oleh brand jadi tinggi

Engagement rate yang tinggi seperti yang disebutkan di atas bukan hanya meningkatkan nilaimu secara angka, tapi secara harga pun juga. Semakin besarnya engagement rate yang ada makin banyak brand yang akan mengajak bekerja sama. Karena ini bisa membuktikan kalau konten-konten milikmu memiliki interaksi yang tinggi. 

Gak cuma itu, dengan mengikuti trend yang ada tentu membuat kontenmu bisa tersebar sangat luas. Dan yang pasti, pemilik brand maupun tim mereka bisa saja menemukanmu di linimasa dan akhirnya mereka bisa approach profilmu untuk bekerja sama. 

Baca juga: Brand dan Influencer Wajib Tahu! Inilah Keuntungan TikTok Influencer Marketplace!

Kolaborasi yang Lebih Luas Bersama Influence ID

Mengikuti trend TikTok yang ada hanyalah segelintir langkah yang harus kamu tempuh untuk membuka kerja sama dengan pemilik brand sebagai TikTok Influencer. Kamu bisa bergabung dengan Influence ID, TikTok Influencer Marketplace untuk hasil yang lebih maksimal. Yuk, gabung dan unduh aplikasinya sekarang!