Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Yuk, Intip 3 Ide IG Story yang Bikin Engage dengan Audiensmu!

28 November 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Di antara banyaknya kehadiran influencer di media sosial saat ini, menghadirkan konten yang “niat” bagi seorang influencer harus dilakukan. Pasalnya, gak hanya konten di Instagram Feed yang harus kamu perhatikan. Fitur Instagram Story pun juga mampu menarik perhatian followers maupun audiens baru mu, lho! Berikut kami hadirkan 3 ide IG Story yang bisa bikin kamu tetap engage dengan audiensmu. 

Yuk, langsung cek aja!


Kenapa Harus Instagram Story?

Berikut beberapa alasan kenapa kamu sebagai influencer harus memanfaatkan Instagram Story dengan maksimal. 

1. Instagram Story lebih besar peluangnya untuk dilihat orang

Pertama, perubahan algoritma Instagram merubah kebiasaan pengguna Instagram. Pasalnya, jika dulu Home dipenuhi dengan orang-orang yang dikenal saja, kini orang lain yang memiliki relationship dan interest yang sama menurut Instagram bisa muncul di Home-mu. 

Hal ini lah yang membuat gak sedikit orang lebih menyukai berselancar di Instagram Story saja ketimbang melihat orang yang gak dikenal pada Home-nya. 

2. Instagram Story tempat berinteraksi 

Instagram Story merupakan tempat yang cocok untuk berinteraksi dengan pengikutmu. Pasalnya, untuk memaksimalkan agar Instagram Story-mu bisa tetap muncul di daftar teratas pengikutmu, kamu harus membuat konten yang benar-benar menarik mereka untuk keep in touch dengan akunmu.

Baca juga: Bingung Cara Membuat Story IG Aesthetic? Intip Tipsnya

3 Ide Instagram Story yang Engage dengan Audiensmu

Menghadirkan konten yang engage memang susah-susah-gampang. Gak cuma sekedar harus estetik saja, konten yang menarik antusias orang agar mau berpartisipasi haruslah kamu hadirkan. Berikut kami hadirkan 3 bocoran idenya:

1. Tebak-tebak berhadiah!

Ide IG Story pertama yang bisa membuat kamu tetap berhubungan dengan audiensmu adalah konten tebak-tebakan berhadiah! Konten ini bisa dimulai dengan menggunakan stiker Quiz dan hadirkan pertanyaan yang ingin ditanyakan. Untuk menarik antusias pengikut, berikan iming-iming hadiah di awal Quiz-nya. 

Nah, konten ini bisa banget kamu manfaatkan apabila kamu tengah mengadakan campaign bersama brand. Biasanya brand pun akan memberikan hadiah kepada pengikutmu. Tapi jangan lupa untuk dikomunikasikan dengan brief maupun SOW (Scope of Work) dengan brand yang tengah bekerja sama dengan mu, ya!

2. Followers yang pilihin 

Masih sama dengan ide konten pertama yang tetap memanfaatkan fitur di Instagram Story itu sendiri, kalau konten yang satu ini memakai fitur Polling. Nah, cara mainnya begini:

  1. Tuliskan kegiatan apa yang mau kamu lakukan. Misalnya, kamu sedang ingin mengunjungi event fashion offline. 
  2. Hadirkan pilihan “Pakai baju warna apa, ya”

A. Hitam 

B. Kuning

C. Pink

  1. Setelah kamu mendapatkan hasil Polling terbanyak, jangan lupa sertakan bukti kalau kamu memang benar-benar memakai pilihan yang sesuai dengan hasil suara terbanyak dari audiens. 

Trik ini bisa menghadirkan kesan kalau kamu sebagai sosok yang diidolakan mereka benar-benar mendengarkan pendapat mereka, lho. Dengan begini, mereka gak akan bosan menanggapi IG Story mu yang lainnya nanti. 

3. Behind the scene

Gak sedikit para pengikut yang kepo dengan keseharian influencer favorit mereka. Apabila kamu tengah mengalami hari yang hectic dan tidak sempat membuat Instagram Story, kamu bisa mengunggah behind the scene keseharianmu setelah beraktivitas penuh.

Nah, agar tetap engage dengan followersmu, jangan lupa sisipkan gimmick “setelah ngilang seharian, pada nyariin aku gak yaa?”. Dan jangan lupa pula sisipkan fitur-fitur interaktif seperti Polling, Quiz, atau Ask Me. 

Jadi sempatkan dirimu untuk tetap merekam aktivitas di tengah-tengah kepadatan aktivitas sehari-hari, ya!


Kolaborasikan dengan Influence ID!

Sampailah kita di akhir artikel yang membahas ide IG story yang tetap engage. Oh iya, gak cuma hubunganmu dengan pengikut saja yang harus dijaga, kolaborasi mu dengan pihak brand pun juga harus, ya!

Salah satu cara yang membuka kesempatanmu agar dapat berkolaborasi dengan brand adalah dengan bergabung bersama Influencer Platform, Influence ID! Dengan telah dipercaya 5000 brand, baik UMKM hingga brand besar, kesempatanmu bekerja sama dengan brand tentu lebih besar.

Daftarkan dirimu sekarang dan jadi bagian #TeamInfluenceID sekarang juga!