Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

7 Kategori Influencer Paling Populer, Mana yang Jadi Pilihanmu?

30 October 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Kategori influencer gak cuma bisa dibedakan berdasarkan jumlah pengikutnya, mereka juga bisa dibedakan berdasarkan niche konten yang mereka buat. Ini menjadikan mereka selalu membahas topik tersebut secara berulang-ulang. 

Apa saja sih yang jadi kategorinya? Temukan jawabannya di sini!


Kenapa Harus Tau Kategori Influencer?

Kamu brand owner yang hendak bekerja sama dengan influencer? Ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu, ya! Riset dasar yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu influencer mana yang akan kamu pakai, berapa jumlah followers-nya, maupun apa yang jadi spesialisasi dari sang influencer.

Jika kategori influencer berdasarkan jumlah followers-nya bisa membantumu untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat, pada kategori influencer berdasarkan niche konten dapat membantumu dalam menyesuaikan target audiens yang ingin kamu sasar dan pengikut dari influencer tersebut. 

7 Kategori Influencer

1. Beauty 

Produk kecantikan yang terdiri dari make-up, skincare, body care, maupun hair care tentulah dibutuhkan oleh hampir semua orang. Promosi yang dijalankan bersama beauty influencer dianggap sangat membantu brand dalam membangun awareness maupun kesadaran merek pada calon pembeli maupun pelanggan yang ada. 

Ditambah dengan adanya pengaruh e-wom (electronic word of mouth) yang kuat antar beauty enthusiast. Mereka lebih percaya atas rekomendasi orang lain yang memiliki kesamaan dengan dirinya.

Adapun pengertian beauty influencer adalah mereka yang kerap membagikan informasi seputar dunia kecantikan di media sosial. Biasanya mereka membahas banyak hal, mulai dari tips, tutorial make-up, maupun review produk. 

Gak cuma sebatas itu saja, kini sudah banyak beauty influencer yang juga membagikan informasi mengenai bagaimana memakai skincare yang bagus dan juga gimana caranya membuat diri sendiri percaya diri. Yaps, sudah banyak lho influencer yang mengkampanyekan jika cantik bukan melulu harus putih dan kurus! Dan ini dipercaya lebih relate oleh banyak wanita Indonesia. 

Nah, salah satu beauty influencer Indonesia yang menarik untuk diajak bekerja sama adalah Clarissa Putri. Perempuan cantik yang jago make-up ini gak cuma melulu membagikan konten bermake-up ria saja. Ia juga membagikan journey-nya untuk hidup lebih sehat dengan membagikan tips diet dan pola makan yang lebih sehat untuk membuat dirinya lebih cantik dan percaya diri.

2. Fashion

Fashion Influencer adalah mereka yang fokus pada pakaian, aksesoris, perhiasan, jam tangan, sepatu hingga aksesoris lainnya. Yaps, mereka adalah orang yang memperhatikan penampilan. Adapun jasa yang biasa mereka bagikan adalah product review, shopping haul, rekomendasi ide outfit, hingga store visit

Kini, kamu bisa sangat mudah menemui mereka.

Butuh influencer dengan style yang monokrom hingga nyentrik? Semuanya ada dan mereka punya target audience-nya tersendiri.  Apalagi sudah banyak fashion influencer yang datangnya dari mereka para laki-laki! 

Fashion influencer laki-laki yang bisa kamu ajak berkolaborasi salah satunya adalah @alegeor_. Influencer yang akrab dipanggil Ale ini punya signature tersendiri, nih. Dia sering banget ngebahas “Barang Gemas” mulai dari baju, aksesoris, tas, hingga sepatu unik nan fashionable sering banget dibagikan. 

Baca juga: 3 Ide Konten untuk Brand Fashion yang Pakai Influencer Service

3. Gadget

Banyak pertimbangan yang dilakukan oleh seseorang ketika membeli gadget. Sebagian dari mereka perlu waktu yang lama untuk mengulik produk yang akan dibeli. Gak cuma itu, mereka pun mencari tahu berdasarkan review dari sang ahlinya.

Nah, di sinilah gadget atau tech influencer berperan besar. Mereka adalah orang yang menginformasikan seputar teknologi apa saja yang baru rilis. Biasanya mereka membahas produk teknologi terbaru produk beserta kelebihannya. Intinya mereka ini yang gak pernah ketinggalan update gadget, deh!

Mouldie Satria Eka Putra atau sosok dibalik Sobat Hape bisa jadi salah satunya. Om Mouldie yang memiliki persona blak-blakan ketika ngereview ini membuat kontennya jadi unik, lho! Ulasannya yang lengkap dengan bahasa yang mudah dimengerti, ngebuat Om Mouldie jadi kesukaan orang-orang pas lagi cari pertimbangan gadget, nih!

4. Food

Makanan jadi kebutuhan utama buat diri kita. Makanya gak heran, apapun yang berbau kuliner pastilah selalu dicari sama banyak orang. Walaupun begitu, buat kamu pemilik usaha kuliner tetap harus mencoba cara yang fresh ketika berpromosi. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan influencer kuliner.

Food influencer terdiri dari mereka penggiat kuliner. Mereka membantumu dengan memberikan ulasan jujur dari tiap masakan atau produk makanan yang kamu buat. Salah satu, influencer kuliner yang punya banyak pengikut di TikTok adalah @nyamwithinop

Dalam akunnya, Kak Inop banyak membagikan rekomendasi makanan. Mulai dari dessert, snack, minuman, hingga main course dari berbagai negara sudah pernah dicoba. Oh iya, Kak Inop juga sering banget ngerekomendasiin cafe atau restoran yang ada di sekitar Jabodetabek. Jadi, gak cuma pemilik produk makanan aja, buat kamu yang punya usaha kuliner juga bisa banget ajak dia berkolaborasi!

5. Sports and Health

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, khususnya di bidang kesehatan membuat banyak pula orang yang akhirnya aware dengan kesehatan. Beberapa orang yang expert di bidang ini pun akhirnya memutuskan diri mereka untuk menjadi influencer.

Influencer di bidang olahraga dan kesehatan gencar memberikan motivasi yang kuat untuk pengikutnya agar memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Mereka biasanya sering di-endorse oleh brand olahraga, makanan dan minuman sehat, hingga suplemen pendukung lainnya. 

Salah satu influencer di bidang ini yang bisa banget buat kamu ajak berkolaborasi adalah Akina Fathia. Perempuan yang sudah memiliki 200 ribu lebih pengikut di Instagram  ini kerap membagikan video workout miliknya. Gak cuma itu, dia juga sering membagikan afirmasi positif di tiap postingannya, lho!

6. Otomotif

Pecinta otomotif di Indonesia kini dapat dengan mudah menemukan informasi terkait industri otomotif. Jika dulu orang dengan hobi  di bidang  ini memiliki kesulitan dalam menggali informasinya, kini semua dapat dengan mudah seiring banyaknya influencer otomotif yang ada. 

Influencer otomotif membantu mereka yang butuh informasi terkait produk otomotif. Apalagi kini media sosial menjadi salah satu tempat orang menemukan informasi sebagai salah satu pendorong keputusan pembelian mereka.

Di Indonesia, salah satu influencer otomotif yang memiliki banyak penggemar adalah Ridwan Hanif. Tercatat sebanyak 2,84 juta orang sudah mengikuti akun YouTubenya. Terbaru, ia membagikan pengalamannya ketika membeli mobil listrik.

Baca juga: 4 Rekomendasi Influencer Otomotif Populer untuk Partner Brand-mu

7. Parenting

Gak cuma makin banyak orang yang peduli dengan kesehatan, cara mendidik anak atau parenting pun juga sudah mulai dipelajari banyak orang. Bahkan mereka datang gak cuma dari yang sudah memiliki anak saja, lho. Mereka yang masih berusia belasan hingga dua puluh-an awal pun sudah banyak yang aware dengan isu tersebut dan mengikuti parenting influencer. 

Parenting influencer biasanya membagikan tips dan trik seputar cara mengasuh anak untuk orang tua baru, produk apa saja yang mereka pakai untuk anak mereka hingga membagikan cerita mereka sendiri ketika menjadi orang tua. 

Salah satu parenting influencer di Indonesia yang bisa diajak berkolaborasi adalah dr. Meta Hanindita. Semua tips maupun informasi yang ia bagikan jadi kredibel karena latar belakang pendidikannya. Di laman media sosialnya, dr Meta ini kerap menggaungkan informasi MPASI dan stunting. 


Temukan Berbagai Kategori Influencer di Influence ID

Itulah 7 kategori influencer yang tengah populer di Indonesia saat ini. 

Sebagai pemilik brand kamu bisa melakukan kerja sama dengan mereka. Namun, jangan lupa temukan influencer yang sesuai dengan value dan kebutuhanmu, ya! Yuk, lakukan dengan mudah melalui aplikasi influencer terbaik, Influence ID

Daftarkan dirimu sekarang sebagai pengiklan dan mulai beriklan #LewatInfluenceID!