Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Influencer Wajib Tahu! Ini 4 Cara Bangun Personal Branding yang Positif!

21 December 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Bukan jadi rahasia lagi di era digital saat ini setiap orang sangat membutuhkan personal branding. Terlebih bagi mereka yang menggeluti profesi di media sosial. Semua profesi seperti vlogger, influencer, hingga key opinion leader (KOL) harus membangun personal branding ketika mereka bekerja di ranah ini. 

Yaps, artikel ini cocok banget buat kamu yang mau menapaki karir sebagai seorang influencer. Simak selengkapnya!


Kenalan dengan Personal Branding

Dilansir dari jurnal yang ditulis oleh Yusanda, teori yang ditulis oleh McNally & Speak mengartikan personal branding sebagai sebuah pandangan yang dimiliki seseorang pada diri orang tersebut yang mengartikan secara keseluruhan pengalaman dalam hubungan antar personal tersebut.

Mudahnya, personal branding bisa disimpulkan menjadi kesan apa yang ingin kamu tempelkan pada dirimu yang berkaitan dengan keahlian hingga perilaku yang dibangun secara sengaja maupun tidak dengan tujuan untuk menonjolkan citra dirimu. 

Kenapa Personal Branding yang Positif Menjadi Penting?

Di era digital ini, personal branding penting bagi tiap individu. Namun, semua pilihan ada di tangan kamu! Apakah kamu mau dikenal dengan orang yang memiliki personal branding positif atau tidak. 

Bagi seseorang yang menjadikan sosial medianya sebagai profesi, personal branding yang positif tentulah harus dibangun. Ibaratnya, media sosial itulah yang jadi cerminan dirimu sehari-hari. 

Dengan menampilkan personal branding yang positif ini akan membuka kesempatan dan kepercayaan bagi pihak yang ingin berkolaborasi denganmu. Karena gak bisa dipungkiri,  di Indonesia sendiri orang masih menjunjung tinggi kesopanan. Ini yang membuat netizen di sini lebih mengamini perilaku-perilaku yang baik. 

4 Cara Membangun Personal Branding yang Positif

Di tengah godaan mudahnya membuat sesuatu yang viral melalui persona yang tidak baik, tentu membuatmu bingung dengan bagaimana cara membangun personal branding yang positif. 

Tenang, berikut kami hadirkan 4 tipsnya!

1. Tentukan segmentasi 

Langkah awal yang harus kamu jalani adalah kenali mana yang jadi target audiensmu. Siapa yang akan menjadi tujuan sasaran promosi dirimu? Karena mereka yang menyukai kecantikan pada umur belia dan dewasa saja berbeda, kan

Di tahap yang sama, kamu juga harus menentukan mana yang akan menjadi wadah penyaluran promosi dirimu. Kita semua tau tiap media sosial yang ada memiliki perilaku tersendiri dari penggunanya. 

Misalnya saja pengguna Instagram yang gemar dengan konten yang lebih “indah” sudah tentu memiliki behaviour yang berbeda dari pengguna TikTok yang menyukai konten video yang ringan. 

Itu semua akan membantumu dalam menghadirkan konten apa yang akan dibuat dan disebarluaskan nantinya. 

2. Bangun value diri sesuai etika

Setelah hal dasar sudah dipenuhi, kini saatnya eksekusi! Pastikan kamu tidak lupa memegang teguh nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Inilah yang menjadi kunci bagaimana personal branding yang positif tercipta. 

3. Bangun portofolio kamu 

Walaupun dirimu belum bekerja sama dengan pihak lain, kamu bisa mulai membangun portofolio-mu melalui cuma-cuma. Kamu bisa membuat konten honest review produk orang lain untuk membangunnya. 

Tetap hadirkan konten yang sesuai dengan niche di awal karirmu. Jangan lupa pelajari pula skill dasar yang harus dimiliki seorang influencer, seperti memotret foto yang baik, merekam video yang stabil, hingga menulis caption di tiap kontenmu. Di awal semua memang terasa berat jika harus dilakukan sendiri, tapi nanti kamu akan terbiasa, kok!

Baca juga: Bingung Cara Membuat Story IG Aesthetic? Ini Tipsnya!

4. Konsisten!

Gak bisa dipungkiri tiap orang bersaing untuk membangun personal brandingnya. Langkah penting yang harus kamu lakukan adalah konsisten dengan ciri khasmu. Dengan konsisten, orang-orang akan memberikan perhatian kepadamu, dan mengingatmu. 


Bangun Networks Bersama Influence ID!

Last but not least, cara membangun personal branding yang harus kamu tempuh adalah menjalin hubungan baik dengan semua pihak. Kini sudah saatnya kolaborasi, bukan kompetisi!

Kamu harus mendaftarkan dirimu di Influencer Platform seperti Influence ID! Dengan menjadi bagian #TeamInfluenceID, kamu bisa meraih kolaborasi dengan brand favoritmu lebih mudah. Yuk, unduh aplikasinya di Google Play  ataupun App Store dan daftarkan dirimu sekarang juga!