Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Buat yang Kepo, Ini Lho 7 Cara Menjadi Influencer untuk Pemula!

22 November 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Profesi influencer kian nampak menguntungkan. Dengan rate yang tinggi untuk tiap satu project-nya, membuat semua orang ingin menekuni satu profesi ini. Sayangnya, tidak semua tahu bagaimana cara yang benar dan bijak untuk menjadi influencer.

Kamu jadi salah satu bagian yang kepo dengan profesi ini? Yuk, baca terus artikel ini!


Influencer, Profesi yang Dianggap Mudah Dijalani? 

Kayaknya sudah sering terdengar deh jika anggapan profesi ini tidak perlu kemampuan khusus. Banyak orang yang menganggap “Kan tinggal ngonten doang!”. Padahal tidak semudah itu, lho!

Untuk menjadi seorang influencer, setidaknya kamu harus memiliki pengetahuan tentang social media itu sendiri. Di lain sisi, kamu juga setidaknya harus kreatif. Baik ketika sedang membuat konsep konten, atau malah ketika mengeksekusinya. Karena gak jarang, lho, seorang influencer pemula harus mengerjakan itu semua sendiri. 

Baca juga: Kerjasama dengan Content Creator Agency hanya di Influence ID

7 Cara Menjadi Influencer untuk Pemula

Walaupun di atas sudah di-spill kalau seorang influencer itu gak gampang, bukan berarti kamu gak bisa mendalaminya. Nih, kami berikan beberapa tips untuk kamu yang sedang berjuang untuk menjadi seorang influencer!

1. Find your interest

Perlu diketahui influencer berarti seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada orang lain. Nah, untuk menjadi influencer yang sukses setidaknya langkah pertama ini wajib diketahui oleh seorang influencer pemula. 

Apa yang kamu sukai? Fokus apa yang menjadi keahlianmu? 

Adapun beberapa minat yang familiar & bisa kamu jadikan sebagai referensi antara lain: fashion, beauty and make-up, otomotif, kuliner, atau bahkan gaya hidup.

2. Tetapkan niche

Setelah tau apa yang kamu sukai, usahakan ini menjadi niche atau topik konten yang selalu kamu bahas di tiap kontenmu! Dengan begitu, kontenmu akan lebih fokus dan menyasar pada target audiens tertentu. 

3. Pilih platform

Yang gak kalah pentingnya, kamu juga harus tau dari awal platform media sosial mana yang akan kamu pilih untuk menyebarluaskan kontenmu. Pasalnya, tiap media sosial memiliki behaviour pengguna yang berbeda. Sehingga kamu harus menyesuaikan penyampaian dan outputnya. 

4. Percaya dengan “content is king!”

Kenapa konten adalah raja? Untuk menjadi seseorang influencer yang baik dan bijak kamu harus bertanggung jawab untuk konten yang kamu hasilkan. Konten yang dibuat dengan hati akan lebih kena ke audiens!

Setidaknya kamu perlu belajar copywriting atau storytelling yang benar untuk menghadirkan konten yang maksimal. Jangan lupa juga, untuk memperhatikan kualitas foto atau video yang kamu buat. Karena jika hasil kontenmu bagus, maka mereka gak akan segan-segan untuk ngefollow kamu!

5. Tetap engage dengan audiensmu

Nah, jika sudah memiliki pengikut, jangan lupa untuk menjalin hubungan dengan pengikut atau audiensmu. Kamu bisa berinteraksi dengan mereka. Misalnya, jika kamu memanfaatkan platform Instagram jangan segan-segan untuk kerap membagikan Instagram Story yang memakai fitur seperti “questions” atau “quiz” untuk sekedar bertukar sapa dengan mereka. 

6. Konsisten!

Yaps, satu cara ini memang bisa dibilang satu hal yang lumayan sulit dilakukan. Tapi, untuk menjadi seorang influencer ini adalah hal yang mutlak harus dilakukan, ya! 

Kamu perlu untuk tetap meng-upload  kontenmu, karena jika tidak mereka bisa saja meng-unfollow akunmu!

7. Perluas networking

Last but not least, untuk tetap mendukung kehadiranmu sebagai seorang influencer, kamu tentu harus memperluas networkingmu. Baik dengan influencer yang lainnya, maupun dengan pihak-pihak lainnya yang membantu mensukseskan karirmu. Misalnya, kamu bisa lho melakukan collab dengan influencer-influencer lainnya!


Perluas Kolaborasi dengan Influence ID!

Gak cuma 7 cara di atas aja yang penting untuk menjadi influencer. Kamu juga bisa bergabung dengan Influence ID , aplikasi influencer yang ada di Indonesia. Cukup dengan pengikut 1000 followers, memiliki minimal 15 postingan, dan akunmu terdaftar sebagai akun bisnis, kamu sudah bisa jadi #TeamInfluencerID!

Yuk, unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu as an influencer dan buka kolaborasi yang lebih luas dengan pemilik brand hanya di Influence ID!