Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Apa Itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Brand Kamu

20 April 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Sebelum kita membahas tentang apa itu influencer marketing, mari kita lihat latar belakangnya.

Awal Kehadiran Influencer Marketing

Saat ini perkembangan dunia digital semakin pesat. Begitu pula dengan bisnis, semakin banyak usaha baru yang bermunculan dan menghiasi dunia digital.

Tentu saja hal ini dilakukan untuk tetap mengikuti tren pasar saat ini yang sebagian besar telah menggunakan platform digital. Namun, agar tetap bisa mempertahankan eksistensinya, para pemilik bisnis pun menggunakan berbagai strategi. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa influencer untuk membantu melakukan promosinya secara digital.

Keberadaan influencer sendiri pasti sudah sangat familiar bagi masyarakat. Terlebih dari banyaknya pengguna media sosial, tentu saja tidak bisa lepas dari wajah-wajah yang kerap kali muncul setiap harinya di layar kaca.

Ya, tren influencer ini sudah menjamur di jagat media sosial selama beberapa tahun belakangan. Hingga kini pun keberadaannya semakin diperhitungkan untuk perkembangan bisnis.

Influencer memang mengambil peran yang cukup penting dalam berkembangnya bisnis saat ini. Bahkan, menggunakan jasanya dinilai merupakan salah satu strategi tepat dalam pemasaran. Strategi pemasaran ini biasanya disebut dengan influencer marketing.

Lalu, apa yang bisa brand dapatkan dari bekerjasama dengan influencer?
Sebagai salah satu aplikasi influencer Indonesia yang terbaik, Influence ID akan membahasnya khusus untukmu.

Yuk, kenali apa itu influencer marketing beserta manfaatnya bagi brand kamu!

Apa Itu Influencer Marketing?

Sebagai pelaku bisnis, tentu saja brand memiliki misi untuk melakukan promosi dengan baik. Beragam strategi pun digunakan untuk meningkatkan penjualan. 

Di sinilah peran influencer marketing dapat digunakan sebagai salah satu solusi alternatif yang baik untuk bisnis. Influencer yang merupakan sosok dengan persona berpengaruh di media sosial dan ahli dalam bidang tertentu memiliki pengikut setia yang tingkat loyalitasnya bisa diadu. 

Melalui kemampuannya dalam berkomunikasi dalam mengajak para audiens dengan gayanya masing-masing, influencer dan brand dapat berkolaborasi untuk mencapai target tertentu dalam mempromosikan produk dan jasanya melalui influencer marketing. Biasanya target yang akan dicapai adalah meningkatkan followersengagementreach, atau impressions.

Kegiatan yang bisa dilakukan oleh influencer untuk mempromosikan brand juga ada berbagai macam. 

Mulai dari melakukan review produk melalui media sosial yang biasanya diawali dengan video unboxing, memberikan giveaway, melakukan kolaborasi membuat produk dengan brand, hingga kegiatan pemasaran lainnya. 

Masing-masing memiliki manfaat yang baik dan tentu saja dapat memantik antusiasme audiens. Hal ini merupakan sebuah keuntungan bagi brand untuk menjalankan promosinya melalui influencer marketing.

Baca juga: Lebih Mudah, Ini Aplikasi Influencer untuk Kerjasama dengan Brand

Manfaat Influencer Marketing untuk Brand-mu

Setelah memahami apa itu influencer marketing dan juga apa saja yang dijalankannya, sekarang saatnya kamu untuk mengetahui apa manfaatnya untuk brand kamu. Berikut beberapa ulasannya: 

1. Meningkatkan Awareness Brand-mu

Jika kamu baru saja memulai sebuah brand dan masih belum memiliki banyak pengikut di media sosial, influencer marketing dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan awareness pada brand-mu. 

Salah satunya adalah dengan persona mereka yang impactful dan juga memiliki pengikut yang banyak di media sosial masing-masing. 

Melalui kerjasama dengan influencer tersebut brand kamu pun juga bisa ikut dikenal. Dimulai dengan para followers yang perlahan mencari tahu tentang produkmu selepas di-review oleh influencer tersebut melalui media sosial yang nantinya akan menjadi calon konsumenmu. 

Hal itu bisa ditandai dengan bertambahnya followers atau engagement pada halaman media sosial brand kamu.

2. Meningkatkan Penjualan Melalui Word of Mouth

Word of mouth dipercaya menjadi salah salah satu cara paling efektif dalam melakukan pemasaran untuk sebuah brand. 

Bahkan, menurut Global Trust Advertising Nielsen, 83% dari konsumen mempercayai rekomendasi produk dari orang yang mereka kenal. Begitu juga dengan influencer yang memiliki persona dan sangat dikenal dekat oleh para followers-nya. 

Melalui rekomendasi dan informasi tentang pengalaman menggunakan suatu produk, secara langsung akan menjadi validasi bagi para followers tersebut untuk segera ikut mencobanya. 

Hal tersebut tentu saja akan menguntukan bagi brand kamu karena potensi konsumen yang akan membeli produkmu akan semakin besar lagi.

3. Dapat Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Influencer sudah pasti memiliki audiensnya sendiri. Audiensnya pun datang dari berbagai penjuru, bahkan tidak jarang yang diluar ekspektasi target audiensmu sebelumnya.

Itu sebabnya menggunakan strategi influencer marketing dapat membantu brand kamu untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Terutama jika brand-mu memang tergolong baru, tentu saja kamu perlu menjangkau banyak masyarakat untuk akhirnya lebih stabil dari sebelumnya.

Dengan kemampuan berkomunikasinya, di sini influencer akan membantu brand-mu untuk menyampaikan pesan hingga ke seluruh penjuru media sosial dan menjangkau pasar yang tidak pernah tersentuh olehmu sebelumnya.

4. Menentukan Target Audiens yang Lebih Spesifik

Menggunakan strategi influencer marketing juga dapat membantu brand-mu untuk tetap ada pada koridornya, terutama dalam berfokus pada target audiens. Dalam memilih influencer pasti kamu akan menyesuaikannya dulu dengan produk yang dimiliki oleh brand-mu.

Misalnya saja, apakah influencer tersebut bergerak di bidang yang sama dengan brand-mu? 

Setelah kamu melakukan riset mengenai apakah influencer tersebut sesuai personanya dengan produkmu, kamu pun akan melihat kembali audiensnya. 

Sebagai contoh, jika kamu menjual produk kecantikan maka kamu bisa menyesuaikannya dan bekerjasama dengan influencer yang memang berpengalaman di bidang tersebut. 

Misalnya, kamu bisa bekerjasama dengan nama-nama beauty influencer di Indonesia. Hal ini juga dapat membantumu untuk mendapatkan audiens dengan potensi ketertarikan pada produkmu yang lebih besar lagi.

5. Hubungan Konsumen yang Lebih Loyal

Kesuksesan dari sebuah brand tidak terlepas dari peran konsumen yang setia. 

Untuk memiliki pelanggan setia, tentu saja kamu perlu membangun hubungan yang baik. Salah satu caranya bisa dilakukan melalui influencer marketing. 

Biasanya, influencer yang memang ahli pada bidangnya akan memperagakan pengalaman saat menggunakan produk dari brand yang sedang dipromosikan. 

Misalnya jika kamu memiliki brand kecantikan dan bekerjasama dengan beauty influencer. Sering kali produk tersebut digunakan secara berkelanjutan hingga memperlihatkan hasil akhirnya. 

Melalui pengalaman yang nyata ini audiens akan merasakan ada bukti efektif dari produkmu sehingga loyalitas pun akan ikut terbangun.

Influence ID, Influencer Marketing Platform untuk Bisnismu

Itulah ulasan mengenai apa itu influencer marketing dan juga manfaatnya untuk bisnismu. Agar mendapatkan influencer yang sesuai, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu dan mengenali target audiensmu sebelumnya.  

Jika ini merupakan kesempatan pertamamu untuk bekerjasama dengan influencer dalam bisnismu, kamu bisa menggunakan aplikasi Influence ID untuk mempermudahnya. 

Melalui aplikasi influencer ini kamu bisa menjalankan influencer marketing dengan mudah dan terpantau. 

Semuanya sudah dikelola dalam satu platform, mulai dari pemilihan influencer yang relevan untuk bisnismu, hingga berbagai proses dalam influencer marketing yang dikemas untuk mempermudah menggunakan teknologi terkini. 

Tidak hanya itu, kamu tentu bisa sesuaikan dengan budget yang sudah dipersiapkan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, daftarkan bisnismu di Influence ID!