Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Influence ID, Influencer Marketing Platform yang Mudahkan Kolaborasi Influencer dan Brand-mu

16 June 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Pengaruh influencer saat ini sangatlah kuat. Nggak sedikit brand yang menggunakan jasa mereka untuk promosi. Sayangnya, di tengah menjamurnya kehadiran influencer saat ini, ternyata masih ditemukan kesulitan ketika hendak melakukan kolaborasi antara brand dengan influencer secara profesional. Tapi tenang. Untuk menjawab kesulitan tersebut, Influence ID hadir!


Tren Munculnya Social Media Influencer 

Kehadiran media sosial di zaman sekarang punya pengaruh kuat. Orang-orang rasanya tak bisa lepas dari penggunaan media sosial sehari-hari. Memang banyak sekali yang bisa kita lakukan di kanal tersebut. Tak hanya sebatas membagikan momen, kita acapkali menjadikan media sosial sebagai salah satu pusat informasi. Mulai mencari barang yang dibutuhkan, referensi gaya hidup, rekomendasi tempat wisata yang ingin dikunjungi, atau sesederhana apakah barang yang sedang kita cari bagus atau tidak.

Seiring berjalannya hal tersebut, muncul pula sosok seseorang yang kita yakini pendapatnya di media sosial. Ini disebut social media influencer. Mereka adalah para instagrammer, youtuber, blogger, vlogger, atau bahkan para selebritis. 

Seseorang bisa dikatakan sebagai social media influencer apabila ia memiliki jumlah pengikut minimal 1000 followers, ia masuk ke dalam kategori influencer nano. Influencer sendiri dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jumlah followersnya. Berdasarkan dari jumlah followers terkecil, jenisnya mulai dari influencer nano, influencer mikro, influencer makro, influencer mid-tier, dan terakhir influencer mega. 

Baca juga: Kenalan dengan 5 Tier Influencer dari Jumlah Followers

Social media influencer dianggap menjadi profesi menjanjikan. Karena memang kehadirannya dibutuhkan oleh para pemilik bisnis sebagai cara baru dalam mempromosikan brand mereka. Nominal uang yang mampu dihasilkan dari kerja sama tersebut pun tak sedikit. Tak heran, hal ini akhirnya banyak membuat orang ingin menjadi social media influencer

Tapi, Apakah Menjadi Influencer dan Bekerja Sama dengan Influencer Semudah itu?

Namun, menjadi seorang influencer profesional tentu bukan hal yang mudah. Tak hanya memikirkan konten apa yang hendak dibuat, proses dibalik layar pun bukanlah sesederhana itu. Mencari klien yang mau bekerja sama, menentukan harga, hingga ke proses pitching kerja sama yang berlangsung adalah segelintir kenyataan yang lumayan sulit bagi influencer baru. 

Di sisi pemilik bisnis pun sama tricky-nya. Mencari influencer tentu tidak bisa sembarang. Persamaan value di kedua nya harus diperhatikan supaya influencer mampu merepresentasikan brand sesuai dengan yang diinginkan brand. Belum lagi profesionalitas kerja teruji jika brand memakai influencer yang berjalan mandiri.

Beberapa hal yang sudah disebutkan sebelumnya hanyalah segelintir permasalahan yang dihadapi oleh influencer dan brand. Tapi kini keduanya tak perlu khawatir. Influence ID hadir sebagai teman bagi keduanya. 

Influence ID, Influencer Marketing Platform Hadir untuk Kolaborasi yang Mudah

Influence ID adalah aplikasi influencer yang menghubungkan influencer dengan brand atau bisnis. Nah, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di App Store dan juga Play Store. Pada website-nya, Influence ID memiliki 2 layanan yang terdiri dari Influence ID untuk influencer dan Influence ID untuk bisnis. 

Bagi yang ingin menjadi influencer, kamu bisa lebih mudah melakukan kerja sama dengan brand atau bisnis dengan lebih dari 500 brand dari seluruh Indonesia. Wah, menarik bukan? Adapun brand yang sudah bekerja sama sangat beragam, lho! Mulai produk makanan, jasa, hingga pakaian pun ada. Beberapanya yang terkenal adalah Traveloka, Bebek Kaleyo, hingga Cimory. 

Sedangkan bagi pemilik bisnis, mereka bisa dengan mudah menemukan mana influencer yang cocok bagi brand mereka. 

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jelaskan secara satu per satu dari layanannya!

Influence ID untuk Influence 

Pertanyaan pertama yang akan terlintas mungkin adalah “Bagaimana menjadi influencer di Influence ID?”

Bukan hal yang sulit. Jika kamu sudah punya setidaknya 1000 followers, 15 posting di akun Instagram, dan akun telah terdaftar sebagai Instagram bisnis, kamu bisa menjadi #TeamInfluenceID. 

Baca juga: Lebih Mudah, Ini Aplikasi Influencer untuk Kerjasama dengan Brand

Terus fitur apa saja yang jadi kelebihannya?

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, Influence ID telah memiliki 500 brand yang tergabung dan telah bekerja sama, sehingga kamu sebagai influencer punya chance melakukan kolaborasi  yang lebih mudah dengan brand lokal dan multinasional. 

Selain itu, kamu akan mendapatkan penghasilan dari penentuan harga otomatis yang fair. Karena memang di websitenya sendiri kamu bisa mengetahuinya melalui Kalkulator Penghasilan Influencer. Oh ya, penarikan penghasilannya pun dapat dengan mudah dan cepat dilakukan. Ini bisa dilakukan dengan banyak opsi, seperti via transfer bank, penarikan OVO, dan GoPay. 

Terakhir, kamu juga bisa melakukan komunikasi yang mudah dengan brand melalui fitur chat. Jadi gak ada lagi deh yang namanya misscom!

Influence ID untuk Bisnis 

Sesuai namanya, layanan ini diperuntukan oleh bisnis atau brand. Lebih dari 2000 bisnis kecil maupun besar sudah bergabung, lho, bersama kami! 

Adapun 2 layanan yang kami tawarkan antara lain:

  • Influencer Marketing Platform

Influence ID membantu mempromosikan bisnismu dengan memilih influencer yang tepat. Kamu dapat dengan mudah mencari influencer mana yang relevan dengan kebutuhan bisnismu melalui fitur Influence ID Card. Di sana kamu bisa melihat jumlah followers, engagement rate, hingga review influencer yang diberikan dari pengiklan lain yang telah bekerja sama.  

Tak cuman sampai situ, keuntungan lainnya buat bisnis mu ketika melakukan kerja sama dengan influencer melalui Influence ID adalah kamu tak perlu repot-repot meminta penawaran harga, meminta report konten dari influencer, mengurus kontrak berkas kerja sama, atau mengurus pembayaran kepada influencer. Melalui kami, semua tugas tersebut akan kami handle sehingga kerja sama yang dilakukan antara brandmu dan influencer akan menjadi efisien. 

  • Managed Campaign

Bisnis kamu memerlukan jasa yang mengatur campaign agar lebih terstruktur dan jelas hasilnya? Nah, layanan Influence ID untuk bisnis ini adalah jawabannya. Kamu bisa bebas memilih platform mana yang akan dipakai ketika melakukan campaignnya. Mau TikTok? Bisa! Reels? Juga bisa dong!

Adapun scope of work yang kami tawarkan dimulai dari research and strategy. Kamu tak perlu khawatir strategi apa yang harus dilakukan atau bagaimana menentukan strategi yang tepat. Kami akan mempelajari seperti apa brand dan audiens yang bisnismu miliki. Setelahnya, tentu kami akan mengemas strategi yang kreatif dan sesuai dengan persona yang dimiliki. 

Setelah itu, delivery and monitoring konten akan kami tangani dengan menggunakan influencer marketing platform dan teknologi influencer marketing lainnya. Jadi, campaign bisnismu bisa bekerja secara efektif dan efisien.

Terakhir, untuk menilai apakah campaign dapat berjalan efektif atau tidak, kami akan mengumpulkan insight dari konten influencer untuk kemudian dianalisis agar dapat diketahui strategi manakah yang terbaik untuk campaign bisnismu. Sehingga ketika melakukan campaign selanjutnya, kamu sudah tahu apa yang bisa ditingkatkan lagi. 


Hadirnya Influence ID sebagai Influencer Marketing Platform memudahkan kamu as an influencer atau as a business. Gak ada lagi deh keki karena susahnya mencari brand yang mau bekerja sama denganmu atau influencer mana yang cocok bagi bisnismu. Yuk, daftar dan mulai beriklan di Influence ID sekarang juga! Eits dapatkan informasi terkini tentang Influence ID di Instagram @influenceid.app juga, ya!