Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Jasa Buzzer dalam Buzz Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnismu

30 May 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Pernahkah kamu mendengar istilah buzz marketing? Ya, Buzz marketing bertujuan untuk menghasilkan percakapan, sensasi, dan obrolan tentang brand atau suatu produk dengan menggunakan jasa buzzer.

Selalu menyenangkan bukan jika orang membicarakan produk atau brand-mu? Ya, buzz marketing dapat memastikan hal itu terjadi!

Membuat buzz adalah cara yang ampuh untuk menyebarkan berita tentang brand-mu yang akan datang atau memastikan orang-orang mengetahui betapa menariknya produk yang ditawarkan.

Belum yakin untuk menggunakannya? Jika dilakukan dengan benar, kamu akan melihat orang-orang membicarakan brand-mu dalam percakapan online dan offline. Seperti yang kita tahu, fokus utama dari buzz marketing ini untuk memasarkan suatu brand dari mulut ke mulut sehingga ramai dibicarakan publik.

Nah, saat ini banyak sekali tentunya produsen suatu brand yang menggunakan berbagai macam strategi marketing ini. Dengan harapan orang-orang akan ngobrolin brand atau produk mereka di media sosial, internet, kantor, maupun lingkaran teman terdekat mereka sendiri.

Manfaat Buzz Marketing

Pada prinsipnya, keberhasilan campaign ditentukan oleh banyaknya pembicaraan di media sosial sehingga masuk ke dalam pembahasan yang trend atau popular.

Nah, untuk mendapatkan hal tersebut, kamu membutuhkan jasa buzzer agar campaign-mu lebih optimal masuk ke dalam trend pembicaraan di media sosial.

Jika dilakukan dengan benar, buzz marketing dengan menggunakan jasa buzzer dapat menjadi cara yang sangat positif untuk menyampaikan pesan marketing kamu, terutama untuk startup atau bisnis kecil.

Berikut adalah beberapa manfaat buzz marketing untuk bisnismu.

1. Hemat biaya

Jika kamu melakukannya dengan benar, buzz marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang paling hemat biaya.

Setelah strategi dengan menggunakan jasa buzzer mulai menghasilkan buzz, kamu tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang tentunya. Meskipun kamu perlu menginvestasikan waktu untuk merespon buzz nantinya seperti membalas komentar dan pertanyaan di media sosial.

Secara keseluruhan, ini jelas merupakan pilihan yang ramah anggaran untuk membuat orang bisa mengenal brand atau suatu produk.

2. Brand awareness yang kuat

Menampilkan produkmu di berbagai media bisa lebih mudah untuk menghasilkan buzz. Karena tentu akan banyak reviewer di industri yang kamu tekuni ingin membicarakan tentang brand-mu.

Sederhananya, ketika seseorang mendengar brand atau nama produk kamu dari teman atau kolega, mereka cenderung memperhatikan apa saja hal lain yang dibicarakan tentang produk tersebut. 

Faktanya, ketika calon pelanggan melihat posting-an media sosial tentang bisnis kamu yang dibagikan oleh seorang teman, mereka cenderung akan memperhatikan dan melihat lebih detail saat produk terbaru dari brand-mu diperkenalkan.

3. Hasil yang cepat

Sudah tidak diragukan lagi menggunakan jasa buzzer untuk marketing campaign memberikan hasil yang sangat cepat. Terutama ketika menggunakan internet dan media sosial untuk membuat buzz berjalan, kamu akan segera melihat produkmu dibagikan, brand-mu dibicarakan, dan orang-orang mem-posting dengan tagar terkait brand-mu.

Platform seperti TikTok dan Instagram telah membuat produk atau brand lebih cepat dikenal oleh masyarakat. Terlebih lagi jika didukung dengan konten yang menarik untuk dibicarakan, tentu bisa mendapatkan ribuan like hanya dalam hitungan jam.

4. Jangkauan yang luas

Seseorang yang kemudian berbicara dari mulut ke mulut dengan lingkungannya masing-masing,  tentunya akan menghasilkan obrolan yang semakin meluas, dan hal itu  membuat nama brand didengar oleh lebih banyak orang.

Hal tersebut sangat memungkinkan kamu untuk bisa terhubung dengan audiens yang belum mengikuti brand kamu di platform sosial, atau yang sulit dijangkau sekalipun. 

Misalnya, dengan menggunakan platform TikTok dapat membantumu menjangkau audiens yang jauh di luar wilayah atau negara tempat kamu tinggal saat ini.

5. Meningkatkan SEO

Faktanya, ketika menggunakan jasa buzzer selain akan menghasilkan buzz secara efektif juga dapat bermanfaat bagi pengoptimalan search engine (SEO). 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika topik tetang brand kamu semakin meluas dan menjadi viral, maka secara tidak langsung audiens yang mulai tertarik dengan brandmu akan mulai mencari tahu melalui berbagai platform digital, salah satunya yaitu mesin pencarian seperti Google. 

Namun, tentunya hal ini hanya berlaku jika produk bisnis kamu memiliki situs website ya! Memang, tujuan utama Buzz Marketing seharusnya bukan SEO, tetapi itu bisa menjadi efek samping positif dari menghasilkan buzz positif di sekitar produk kamu.

Mengenal jasa buzzer

Seperti yang sudah dibahas diatas, buzzer adalah orang yang memiliki tugas khusus untuk membuat suatu isu menjadi trending, dibicarakan banyak orang, atau bahkan viral. 

Buzzer sering digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari organisasi, politisi, pemerintah, termasuk kalangan bisnis.

Penggunaan jasa buzzer menjadi salah satu strategi digital marketing saat ini karena dianggap lebih natural dan memiliki tingkat engagement yang tinggi. Banyak audiens tidak sadar bahwa mereka sedang membaca konten iklan.

Dalam memilih buzzer sebaiknya jangan asal-asalan. Ada beberapa pertimbangan penting yang harus kamu perhatikan lho!.

Memiliki engagement yang tinggi

Buzzer dinilai efektif tidak hanya dari segi jumlah followers, tetapi juga kemampuannya dalam menghasilkan engagement yang tinggi. Platform media sosial biasanya menyediakan alat analitik untuk mengetahui jumlah engagement dari sebuah akun.

Konten yang sesuai

Selain engagement, kamu juga perlu memperhatikan isi akun buzzer yang akan dipilih. Konten yang tidak sesuai dengan produk tentu tidak akan berpengaruh signifikan. 

Jadi, temukan akun buzzer yang memiliki konten dan karakter yang sesuai dengan produkmu agar hasilnya lebih optimal.

Menguasai soft selling

Soft selling merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang buzzer. Teknik hard selling, seperti yang kita ketahui hanya akan membuat calon pelanggan menghindar karena terkesan frontal dan memaksa. 

Soft selling dikenal sebagai metode yang lebih natural dan tidak dibuat-buat sehingga calon pelanggan akan lebih mudah untuk terlibat dalam percakapan.

Berinteraksi dengan Rajin

Fungsi buzzer tidak hanya sekedar menyebarkan konten dan menjadikannya trending. Buzzer juga harus rajin merespon reaksi audiens setelah membagikan konten tertentu, agar akun buzzer tidak terlihat seperti akun robot.

Percakapan, diskusi, atau debat yang muncul akan meningkatkan jangkauan konten menjadi lebih luas lagi.

Memahami waktu utama

Primetime adalah waktu terbaik untuk mempublikasikan konten. Buzzer profesional harus memahami ini dengan baik. 

Waktu primetime di Indonesia biasanya berkisar pada pukul 05.30-09.30 pagi, 11.30-13.30 siang, dan 16.30-19.30 malam. Namun, prime time untuk setiap akun buzzer mungkin memiliki sedikit perbedaan tergantung pada aktivitas masing-masing pengikut.

Nah, memilih menggunakan jasa buzzer yang sesuai dengan bisnis kamu tidaklah mudah. kamu perlu melakukan observasi satu per satu, menghubungi buzzer untuk tawaran kerjasama, mengarahkan konten yang diinginkan, menentukan waktu publikasi konten, dan melakukan evaluasi kinerja buzzer.

Untuk mempermudahnya, kamu bisa mengandalkan biro buzzer atau penyedia jasa pemasaran media sosial, dan Influence ID adalah salah satunya. 

Promosikan Bisnismu dengan Influence ID

Setelah mengetahui berbagai keuntungan di atas, kini saatnya promosikan bisnismu #LewatInfluenceID.

Influence ID membantu mempromosikan brand-mu lewat influencer yang profesional, sehingga dapat meningkatkan brand awareness bisnismu.

Dengan Influence ID, kamu bisa melakukan strategi marketing yang tepat untuk bisnismu dengan memanfaatkan banyak influencer agar produkmu bisa dibicarakan banyak orang dengan positif.

Jika kamu ingin bekerjasama dengan influencer dalam bisnismu, kamu bisa langsung daftar di web Influence ID, gratis! 

Melalui platform influencer kami, kamu bisa menjalankan influencer marketing dengan mudah dan terpantau. 

Semuanya sudah dikelola dalam satu platform, mulai dari pemilihan influencer yang relevan untuk bisnismu, hingga berbagai proses dalam influencer marketing yang dikemas untuk mempermudah menggunakan teknologi terkini. 

Tidak hanya itu, tentunya kamu bisa sesuaikan dengan budget yang sudah dipersiapkan.

Baca juga: 5 Deretan Beauty Influencer Jakarta yang Hits untuk Brand-mu!