Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Perbedaan Macro Influencer vs Micro Influencer, Mana yang Lebih Ideal?

29 March 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Di dunia influencer terdapat perbedaan antara makro influencer dan micro influencer. Keduanya terlihat sama, namun nyatanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho.

Dengan mengetahui perbedaan keduanya, akan sangat memengaruhi kesuksesan kamu dalam menjalankan marketing campaign sebuah bisnis.

Kamu bisa menentukan, mana yang ideal digunakan untuk mencapai tujuan bisnis.

Yuk, ketahui selengkapnya perbedaan macro influencer dan micro influencer!

Apa Itu Micro Influencer?

Perbedaan yang paling mencolok antara micro dan macro influencer adalah jumlah followers yang dimiliki.

Seseorang bisa dikatakan sebagai micro influencer ketika memiliki jumlah followers antara 10.000 hingga 100.000 orang di media sosial. Biasanya, micro influencer juga seorang yang mempunyai expertise tertentu di suatu bidang, misalnya bidang olahraga, kecantikan dan lainnya.

Kelebihan Micro Influencer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, micro influencer biasanya datang dari seorang yang paham betul akan suatu bidang. Maka, para audiens juga akan lebih mudah percaya karena micro influencer tersebut benar-benar mencoba dan menggunakan produk yang dipromosikan.

Mereka juga dianggap lebih autentik dalam merepresentasikan dirinya, sehingga tingkat kepercayaan yang dibangun lebih tinggi daripada macro influencer. Adanya faktor kepercayaan dan otentik ini sangat penting jika suatu bisnis ingin meningkatkan engagement, awareness, dan brand recall.

Harga yang ditawarkan biasanya jauh lebih murah dibandingkan macro influencer, yaitu sekitar 300-500 ribu rupiah.

Kekurangan Micro Influencer

Salah sau kekurangan dari micro influencer adalah followers yang dimiliki lebih sedikit sehingga pencapaian juga tergolong lebih kecil. Akan tetapi, bukan berarti promosi yang dilakukan tidak efektif.

Jika bisnis kamu ingin melakukan promosi untuk suatu niche atau golongan di bidang tertentu, menggunakan micro influencer adalah keputusan tepat.

___________________________________________________________________________________________________

Apa Itu Macro Influencer?

Macro Influencer adalah seseorang yang mempunyai jumlah followers lebih dari 500.000 hingga 1 juta orang di media sosial. Biasanya, mereka yang tergolong makro influencer berasal dari kalangan vlogger, youtuber, atau selebritis.

Mereka dikenal oleh banyak orang, maka dari itu memiliki jangkauan yang lebih luas.

Kelebihan Macro Influencer

Jika menggunakan macro influencer untuk melakukan promosi, keuntungan utamanya adalah dapat menjangkau audiens lebih luas karena mereka memiliki jumlah followers yang besar. Jadi, promosi bisnis yang dilakukan akan dilihat oleh lebih banyak orang, tentu akan sangat efektif untuk menciptakan awareness.

Biasanya mereka memiliki tim profesional yang mengatur kegiatan endorsement, sehingga risiko saat bekerja sama juga lebih rendah.

Macro influencer akan mempermudah sebuah bisnis dalam menjalankan marketing campaign dan membangun reputasi produk dengan kontrol yang baik.

Kekurangan Macro Influencer

Jika ingin bekerjasama dengan macro influencer, kamu harus menyiapkan biaya dengan jumlah cukup besar. Maka dari itu, jika kamu berasal dari kalangan usaha menengah dengan sumber daya terbatas, kemungkinan akan sulit menggunakan mereka untuk melakukan promosi.

Tak hanya itu, ternyata audiens juga cenderung meragukan keaslian dan kredibilitas dari makro influencer saat melakukan promosi. Hal itu dikarenakan, mereka biasa melakukan promosi untuk beragam jenis produk, jadi dianggap tidak otentik.

Bahkan, sebuah survei juga menunjukan kalau hanya ada 3% konsumen yang terpengaruh oleh promosi dari macro influencer.

___________________________________________________________________________________________________

Mana yang Lebih Ideal untuk Promosi Bisnis?

Macro influencer atau micro influencer akan sama-sama ideal jika digunakan sesuai dengan tujuan bisnis yang ada. Maka, hal yang paling penting adalah bagaimana memilih influencer yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Perihal ini, kamu bisa menggunakan Influence ID, sebuah Influencer Platform yang membantu kamu memilih influencer secara tepat dan juga kebutuhan influencer marketing lainnya.

Yuk, daftarkan bisnis kamu sekarang!

Kunjungi juga Instagram @influenceid.app untuk tahu informasi terbaru seputar influencer marketing, ya!