Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Yuk, Pengaruhi Audiensmu dengan Influencer Marketing Service!

31 May 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Saat ini, influencer marketing menjadi salah satu opsi terbaik untuk membangun brand secara online dan menciptakan awareness yang baik pula kepada banyak pelanggan. Menurut Forbes, influencer marketing service meningkat pesat seiring dengan naiknya permintaan untuk iklan digital lho!

Nah, metode marketing ini pada kenyataannya memiliki salah satu keuntungan tertinggi dalam suatu bisnis. Hal ini tentu membuat situasi yang sangat menyenangkan untuk bisnis bukan? Apalagi sebagai brand, tentunya akan cenderung ingin memberikan yang terbaik agar mendapatkan suatu keberhasilan yang mengagumkan.

Apa itu Influencer Marketing

Media sosial sudah menjadi suatu sistem di mana hampir seluruh orang membuat akun dan menjadi pengguna aktifnya. Sehingga dapat dikatakan, media sosial dan influencer mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam peningkatan suatu bisnis.

Sebelum mengenal apa itu influencer marketing, mari kita mengenal influencer terlebih dahulu ya? 

Influencer adalah seseorang yang memiliki followers dengan jumlah besar dan mempunyai dampak yang kuat pada pengikutnya.

Sedangkan Influencer marketing itu sendiri adalah sebuah marketing campaign berbasis konten yang menggunakan sosial media, dengan bantuan influencer layaknya selebgrampublic figureyoutuber, dan lainnya. 

Jika kamu masih bingung bagaimana cara menggunakan strategi influencer marketing untuk brand-mu, sudah banyak bantuan platform influencer marketing service yang bisa memberikan layanan dan memudahkan kamu membuat campaign tentang brand atau produkmu dengan bantuan influencer terbaik lho!

Bagaimana Influencer Marketing dapat menguntungkan brand-mu?

Kedengarannya terlalu keren untuk menjadi kenyataan, bukan? Namun, influencer marketing adalah cara yang fantastis untuk mendorong brand awareness dan meningkatkan penjualan. Keunggulan yang dimiliki antara lain:

1. Membangun kepercayaan dengan cepat

Influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan audiens mereka, sehinga para audiens sangat mengikuti konten dan rekomendasi dari idolanya.

Dengan membagikan konten melalui influencer, kamu akan segera mendapatkan engagement dari audiens, dan mereka akan mulai membagikan konten kamu, serta menampilkan produk kamu di depan audiens yang terlibat secara aktif.

2. Meningkatkan brand awareness

Seperti yang telah disebutkan di atas, influencer marketing dapat memperluas jangkauan dan posisi kamu secara online. Pengguna media sosial akan mulai mengetahui lebih banyak tentang brand kamu, dan produk yang kamu tawarkan.

Nah, maka dari itu, kunci untuk memaksimalkan strategi influencer adalah memastikan bahwa influencer menyediakan konten yang menarik untuk brand kamu ya!

3. Memperkaya strategi konten

Setiap konten dari influencer dapat membantu mengisi kekosongan jadwal konten kamu sendiri lho!

Ini bisa berfungsi dengan baik dalam situasi di mana kamu kehabisan ide konten, atau hanya membutuhkan beberapa konten berkualitas untuk dipublikasikan pada media sosial kamu nantinya.

4. Mencapai target dengan efektif

Ini adalah salah satu keunggulan yang paling menarik. Melalui influencer yang relevan, konten kamu akan dibagikan ke pengguna media sosial yang jumlahnya sangat banyak, dan bisa tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. 

Kamu tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk menemukan audiens, karena influencer telah mengembangkan audiens ini di media sosial sehingga strategi ini membuat biaya marketing yang cenderung jauh lebih terjangkau.

5. Membangun Kemitraan 

Terhubung dengan influencer dapat menjadi awal dari hubungan yang kuat. Ketika kamu berada di dalamnya untuk jangka panjang, kamu tidak pernah tahu di mana koneksi ini bisa berakhir.

Kamu akan menemukan beberapa kemungkinan baru seperti mengerjakan usaha bersama, event, dan peluang lain yang mungkin dapat dikerjakan.

Baca juga: Kembangkan Bisnis dengan Influencer Platform Terbaik di Indonesia

Bagaimana cara menjalankan Influencer Marketing Campaign?

Singkatnya, influencer marketing campaign adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan brand awareness, penjualan, atau mencapai tujuan pemasaran lain dengan memanfaatkan influencer.

Mereka dapat menggunakan banyak strategi untuk campaign, mulai dari pembuatan dan posting konten sederhana, konten review produk, maupun give away

Biasanya, campaign ini mencakup beberapa langkah, yang sebagian besar dapat dilakukan oleh platform influencer marketing service sehingga bisa mempermudah campaign-mu.

Tetapkan strategi marketing

Untuk semua penggunaan influencer marketing dalam bisnis, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan strategi. Bisa dimulai dengan cara menentukan bagaimana kamu ingin memanfaatkan influencer di media sosial untuk mencapai tujuan bisnismu. 

Nah, hal ini akan fokus pada produk dan layanan brand-mu, serta mempertimbangkan target audiens. Dari informasi tersebut, kamu dapat memberi tahu platform influencer marketing service yang kamu pilih mengenai jenis influencer yang kamu butuhkan untuk campaign brand-mu.

Nantinya pilihan platform akan sangat bergantung pada jenis konten yang dibuat karena harus disesuaikan dengan demografi konsumen dari suatu brand

Identifikasi influencer yang relevan

Setelah memiliki strategi, saatnya untuk menemukan influencer yang relevan untuk memperkenalkan brand dan produkmu. Banyak tools dari platform influencer marketing yang bisa membantu identifikasi, tetapi media sosial juga berperan. 

Singkatnya, identifikasi influencer lebih kepada bagaimana menemukan orang-orang yang memiliki banyak kesamaan dengan brand dan dapat menjangkau pelanggan yang ditargetkan. Platform influencer marketing service juga dapat membantu di sini.

Jangkau para influencer 

Mungkin kamu merasa ini adalah bagian termudah dari campaign, karena hanya melibatkan hubungan kamu dengan influencer. Akan tetapi tidak semudah itu, ini juga membutuhkan waktu.

Karena penjangkauan yang tepat juga berarti berinteraksi dengan konten influencer. Sama dengan upaya penjualan, menjangkau juga mempelajari apa yang disukai influencer untuk membantu pemilihan influencer yang tepat lho!

Pilih Influencer terbaik 

Setelah menjangkau influencer, saatnya untuk bekerja sama. Platform Influencer marketing service sangat membantu dalam hal ini, karena mereka dapat membantu meyakinkan seorang influencer untuk membantu kamu. 

Nah, pada bagian ini platform dapat bertanya kepada influencer apakah mereka ingin melakukan kolaborasi dan memberi tahu kompensasi yang diusulkan. Jika kamu telah melakukan penjangkauan dengan benar, kamu memiliki peluang sukses yang sangat bagus.

Lakukan manajemen influencer

Manajemen influencer hanyalah proses kerja sama dengan influencer dan menjalankan campaign terkait. Seperti tanda tangan kontrak, kompensasi dibayarkan, dan kinerja diverifikasi. 

Langkah ini agak mirip dengan hubungan vendor lainnya, tetapi selalu bersifat pribadi karena layanan yang diberikan bersifat pribadi. 

Pada saat yang sama, manajemen influencer bisa sangat memakan waktu. Memiliki bantuan dari platform influencer marketing service pada saat ini seringkali bisa sangat bermanfaat.

Perhatikan hasil campaign

Pada akhirnya, semua campaign influencer marketing memerlukan pemantauan dan laporan hasil campaign. Pemantauan dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda.

Misalnya, kamu dapat melihat like dan share yang diterima untuk suatu konten, atau melihat berapa banyak penjualan yang dilakukan melalui tautan atau kode khusus yang dibagikan oleh influencer di media sosialnya.

Bagaimanapun juga, ini dapat membantu proses pembayaran dan pelaporan nantinya. Namun, mungkin bagian tersulitnya adalah memutuskan seberapa besar nilai peningkatan brand awareness. Akan tetapi platform influencer marketing service biasanya bisa mempermudah kamu untuk menentukan berapa biaya yang cocok dari peningkatan brand awareness yang terjadi, sehingga sangat membantu dalam hal ini.

Influence ID, Influencer marketing Platform untuk Bisnismu!

Itulah ulasan mengenai apa itu influencer marketing, keunggulan, dan juga hal-hal yang harus dilakukan untuk dapat memulai mempengaruhi audiens dengan bantuan platform influencer marketing service. Agar mendapatkan influencer yang sesuai, jangan lupa untuk menerapkan strategi yang sudah disebutkan diatas ya!

Jika ini merupakan kesempatan pertamamu untuk bekerjasama dengan influencer dalam bisnismu, kamu bisa menggunakan salah satu platform influencer marketing service terbaik Influence ID untuk mempermudahnya. 

Melalui Influence ID ini kamu bisa menjalankan influencer marketing dengan mudah dan terpantau. Tidak hanya itu, kamu tentu bisa sesuaikan dengan budget yang sesuai dengan yang telah kamu siapkan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, daftarkan bisnismu di Influence ID!