Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Ketahui Bedanya Influencer dan Buzzer Twitter Sebelum Berkolaborasi

28 September 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Siapa sih yang gak asing sama Twitter buzzer dan influencer Twitter? Ya iya lah, gimana gak? Kedua profesi ini memang terkenal banget bisa mendapatkan cuan dari media sosial. Walaupun keduanya sama-sama berkecimpung di Twitter, ternyata mereka punya perbedaan yang mendasar, lho

Let’s check this out!


Twitter Masih Jadi Pilihan untuk Campaign Marketing?

Twitter hingga kini masih menjadi platform media sosial yang ampuh untuk melakukan campaign marketing. Melihat penggunanya yang masih banyak hingga sekarang dan cenderung meningkat tiap tahunnya. Melansir dari We Are Social, kini jumlah pengguna Twitter yang ada di Indonesia mencapai 18,45 juta! Padahal satu tahun sebelumnya, pengguna yang ada berjumlah 14 jutaan. Belum lagi range usia dengan kegemaran penggunanya yang luas juga membuat Twitter masih jadi pilihan. 

4 Perbedaan Influencer Twitter dan Buzzer Twitter

Berikut kami bahas satu per satu yang menjadi perbedaan antara influencer dan buzzer twitter:

Pertama-tama, mari kita bahas dari pengertiannya. Influencer berasal dari kata influence yang punya arti pengaruh. Sedangkan buzzer berasal dari kata buzz memiliki arti dengung

1. Pengertian

Nah, dari pengertian tersebut secara sederhana influencer memiliki peranan yang lebih mempengaruhi orang untuk mengikuti maupun setuju dengan pendapat atau aksi yang mereka lakukan. Sedangkan buzzer sendiri lebih membuat khalayak Twitter ramai dengan topik tertentu.   

Baca juga: 3 Tugas Buzzer Twitter untuk Marketing Campaign

2. Kepopuleran

Selanjutnya, influencer Twitter sendiri bisa disamakan dengan istilah “selebtwit”. Mereka biasanya orang-orang yang memiliki banyak followers. Setidaknya mereka harus memiliki 1000 pengikut agar bisa dikatakan sebagai influencer. Tak jarang juga, influencer Twitter ini datang dari beberapa profesi yang terkenal sesuai dengan bidangnya masing-masing, seperti artis, pemusik, penulis buku, maupun content creator

Sedangkan pada buzzer, mereka tak harus memiliki banyak pengikut seperti influencer. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang mengatasnamakan anonim. 

3. Topik bahasan

Walaupun kedua profesi ini biasanya memiliki niche-nya masing-masing. Namun buzzer tidaklah seleluasa influencer dalam membahas topik pembicaraan. Ini dikarenakan influencer Twitter biasanya datang dari profesi content creator, maka mereka memiliki kebebasan ketika mengangkat topik bahasan tertentu. Mereka juga bisa lebih leluasa mengangkat angle cerita ketika sedang menjalankan campaign.

Berbeda dengan influencer, buzzer Twitter memiliki pembahasan yang lebih khusus. Biasanya satu akun twitter buzzer lebih spesifik membahas satu topik yang itu-itu saja. 

4. Power 

Terakhir, power yang dimaksud di sini adalah kemampuan dari sosok profil di belakang layar influencer maupun buzzer. Influencer bisa dibilang lebih independen dibanding buzzer. Alasan yang pertama, seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, influencer lebih bebas membahas topik yang memang mereka mau. Makanya kesempatan kerja sama influencer pun lebih luas dibandingkan buzzer. 

Alasan selanjutnya influencer lebih bebas mengemas konten yang diperintahkan. Nah, inilah yang membuat influencer bisa lebih kreatif dalam mengiklankan atau mempromosikan campaign yang sedang berjalan sesuai dengan persona yang mereka punya. 

Berbeda dengan influencer, buzzer lebih stick it to the rules dengan angle yang akan mereka bawakan dalam tiap cuitannya sesuai dengan keinginan klien. Selain itu, buzzer juga mengembangkan dari isu-isu yang sudah ada, mereka tidak membuat isu sendiri. Jadi mereka terkadang sudah punya template bahasan yang sudah ditentukan di awal. 


Kolaborasi dengan Influencer Twitter dan Buzzer Twitter Bareng Influence ID!

Pada akhirnya, influencer twitter dan buzzer twitter sama-sama memiliki peran untuk menyukseskan campaign marketing-mu. Namun, semuanya dikembalikan sesuai dengan strategi dan tujuan dari masing-masing brand. 

Kamu mau bekerjasama dengan kedua pihak tersebut? Gak usah bingung harus memulai dari mana, kolaborasi aja bareng Influence ID! Kami memiliki banyak rekomendasi influencer maupun buzzer yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Hubungi kami untuk pengembangan bisnis yang efektif dan efisien!