Influence ID – Influencer Performance Platform Pertama di Indonesia

Tertarik Manfaatkan Buzzer Marketing? Intip Cara Ampuhnya

13 June 2022

Hey, like this? Why not share it with a buddy?

Strategi marketing tentunya memiliki sifat yang dinamis sehingga bisa berubah-ubah sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhannya. Salah satu yang kerap digunakan saat ini adalah buzzer marketing.

Anda pemilik brand yang tertarik menggunakan strategi ini? Cari tau caranya dulu, yuk!


Kenalan dengan Buzzer Marketing

Buzzer marketing berasal dari kata Inggris buzz yang berarti dengung, rumor atau desas-desus, dan marketing berarti proses memasarkan produk maupun jasa. Sedangkan buzzer berarti seseorang yang tugasnya mempengaruhi orang lain melalui opini atau pendapatnya untuk mencapai target tertentu. Singkatnya, buzzer marketing bisa diartikan sebagai proses memasarkan produk menggunakan jasa buzzer agar produk/jasa tersebut bisa dikenal orang. 

Cara Kerja Buzzer Marketing

Terus gimana sih cara kerjanya buzzer marketing?

Sederhananya dimulai dari brand mengirimkan brief kepada buzzer, kemudian buzzer bekerja dengan membagikan informasi ataupun mempromosikan produk tersebut kepada khalayak ramai hingga akhirnya produk itu berhasil dibicarakan di mana-mana, setelahnya brand bisa mengukur keberhasilan promosi tersebut melalui report yang dikirimkan oleh buzzer. Nah, biasanya kita dapat dengan mudah menemukan buzzer ini di media sosial.

Kenapa Brand Harus Menggunakan Buzzer Marketing?

Alasan utama kenapa brand harus menggunakan buzzer marketing adalah Buzzer bisa bergerak cepat dan jauh. Maksudnya di sini adalah buzzer marketing yang dilakukan di media sosial tentu akan lebih bisa cepat tersampaikan kepada target audiens jika dibandingkan dengan cara world of mouth konvensional. 

Ditambah lagi dengan kita sendiri bisa men-setting jangkauan target yang diinginkan. Mulai dari umur, jenis kelamin, tempat tinggal, atau profesi tertentu. Dengan sekali sharing, semua yang diinginkan bisa dijangkau dalam satu waktu saja. 

Baca juga: Jasa Buzzer dalam Buzz Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnismu

Tips Melakukan Buzzer Marketing

Sayangnya, buzzer punya stigma negatif di beberapa orang. Makanya, menggunakan strategi ini menjadi lebih tricky dibandingkan yang lain. Walau memang strategi ini bisa lebih cepat dan luas ditangkap oleh target audiens kita. 

Nah, berikut kami hadirkan bagaimana cara melakukan buzzer marketing:

1. Bikin campaign semenarik mungkin

Yang namanya geliat media sosial yang terjadi saat ini, selalu saja ada banyak campaign bermunculan di tiap harinya. Campaign yang out of the box akan lebih mudah dilirik para audiens. 

2. Buat konten yang memang sesuai dengan value brand

Walaupun campaign yang out of the box memang dapat cepat menarik audiens, ada satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melempar brief kepada pihak buzzer sebelum dieksekusi. Konten yang kamu buat harus tetap berpegang teguh dengan value yang sudah diyakini oleh brand sejak awal.

Karena memang menarik orang dengan cepat memang mudah, namun untuk tetap mempertahankan citra baik yang sudah dibangun sejak awal adalah salah satu kesulitannya. Jangan sampai karena membuat campaign yang nyeleneh untuk menargetkan audiens baru dan di luar value, jadinya pelanggan setia malah meninggalkan produkmu. 

3. Gunakan di multi platform media sosial

Untuk jangkauan yang lebih luas, sebaiknya brand kamu bisa melakukan campaign di lebih dari satu platform media sosial. Misalnya, kamu bisa memanfaatkannya di Facebook, Instagram, Twitter atau TikTok. Tapi, ingat satu hal, kamu tetap harus menyesuaikan kontennya sesuai dengan platform yang ada ada, ya!

4. Ukur keberhasilan campaign

Setelah campaign terlaksana, tentu akhirnya harus diukur. Apakah ia berhasil? Apakah target sudah terpenuhi? atau Kenapa ia tidak berhasil?. Kamu bisa meminta report yang sudah dibuat oleh para buzzer. Nantinya baru pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa terjawab dan bisa dievaluasi agar campaign selanjutnya bisa terlaksana lebih baik. 

5. Promosikan brandmu bareng Influence ID

Buat campaign secara profesional menggunakan Influence ID. Yap, dengan bersama Influence ID, brand mu tentu bisa memilih dan melakukannya sesuai dengan value brand yang diyakini. 

Selain itu, platform influencer kami, semua bisa dijalankan dengan mudah dan terpantau. Ditambah, semua campaign bisa dilakukan sesuai dengan  budget kamu. Mudah dan menarik kan?


Jika kamu ingin bekerja sama, yuk daftar di website Influence ID sekarang juga. Oh iya, pendaftaran ini tidak memerlukan biaya alias gratis, lho! Segera beriklan #LewatInfluenceID!